Mandi Air Hangat, Ternyata ini Manfaatnya Untuk Tubuh dan Pikiran

berendam air hangat

Setelah menjalani aktivitas seharian penuh, berendam di bak yang berisi air hangat mungkin adalah sesuatu yang kamu butuhkan. Berendam atau mandi air hangat memang sudah lama terbukti bisa meredakan rasa lelah dan membuat tubuh lebih rileks.

Berendam dalam air hangat juga diketahui memiliki efek meredakan pegal pada tubuh karena berfungsi sebagai kompres pada bagian tubuh yang sakit. Memang kadang tak bisa hilang sepenuhnya, namun setidaknya bisa mengurangi rasa pegal dan ngilu yang dialami.

Tapi, sebelum berendam di air hangat, kamu juga perlu ketahui beberapa hal berikut supaya bisa berendam dengan aman dan nyaman:

  • Pastikan air tidak terlalu panas, karena berendam di air yang terlalu panas bisa berbahaya untuk kesehatan kulit, khususnya berakibat kulit kering dan bahkan luka bakar. Tentukan batas temperatur maksimal sekitar 40 derajat celcius saja.
  • Jangan berendam terlalu lama, atau sekitar 10 hingga 15 menit saja. Bila nafas mulai terasa sesak dan kulit mulai berwarna kemerahan, segeralah beranjak dari bak mandi.
  • Bila berendam di bathtub, pastikan untuk membersihkannya dulu.
  • Keringkan badan dengan handuk yang halus setelah berendam. Jangan lupa untuk segera gunakan pelembab agar kelembaban kulit bisa terjaga.
  • Bila punya riwayat sakit jantung, sebaiknya berendam lebih cepat, yaitu sekitar 5 hingga 10 menit saja.
  • Tetap terhidrasi. Saat berendam air hangat, tubuh akan lebih rentan dehidrasi. Oleh karena itu, minumlah banyak air putih dan hindari alkohol sebelum atau selama berendam.
Perhatikan temperatur air saat berendam. Pastikan tidak lebih dari 40 derajat celcius. (Foto: Pexels)

Mandi air hangat, baik itu berendam maupun dengan shower, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti berikut ini:

Membuat tidur lebih nyenyak

Ketika tubuh yang lelah dan tegang terkena air hangat, suhu tubuh akan ikut meningkat dan itu akan melemaskan otot-otot serta memberikan perasaan yang menenangkan. Tubuh akan lebih mudah tertidur dan membuat tidur juga lebih nyenyak.

Memperlancar sirkulasi darah

Mandi air hangat membantu melepaskan ketegangan otot, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan elastisitas jaringan ikat. Pada akhirnya, hal itu akan mendorong sirkulasi darah lebih lancar dan memberi otot lebih banyak nutrisi dan oksigen.

Memperbaiki mood dan mengurangi tingkat kecemasan

Kulit akan melepaskan endorfin (hormon yang diproduksi tubuh untuk menghilangkan stress dan rasa sakit) sebagai respon terhadap air hangat yang menenangkan. Hal itu akan menenangkan sistem saraf, memperbaiki mood serta mengurangi tingkat kecemasan dan stress dalam tubuh.

Membantu meredakan gejala pilek dan flu

Mandi air hangat juga berfungsi sebagai dekongestan (obat-obatan untuk hilangkan hidung tersumbat) alami untuk meredakan gejala pilek atau flu. Uap panasnya bisa melembabkan saluran hidung dan membuat pembuluh darah melebar sehingga melonggarkan sumbatan pada hidung.

Mandi air hangat juga bisa membantu perbaikan mood menjadi lebih baik. (Foto: Pexels)

Mengurangi sakit kepala

Sebagian besar jenis sakit kepala disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di kepala. Mandi air hangat bisa mengurangi tekanan pada pembuluh darah tersebut dan mengurangi rasa sakit kepala.

Membuat kulit lebih bersih

Mandi air hangat dapat membuka pori-pori pada kulit. Saat pori-pori terbuka, kita bisa membersihkan kotoran dan racun pada kulit dengan lebih maksimal. Hasilnya kulit akan lebih bersih dan segar. Namun sebaiknya setiap sehabis mandi air hangat, oleskan pelembab agar kulit tidak mengalami kekeringan.

Membantu pembakaran kalori

Dalam studi pada kelompok kecil yang dilakukan pada 2016 oleh peneliti di Loughborough University, Inggris, diketahui berendam dalam air panas selama 1 jam bisa membakar kalori dengan jumlah yang sama dengan berjalan kaki selama 30 menit atau sekitar 140 kalori.

Mandi air hangat memang nyaman dilakukan saat tubuh terasa lelah, terlebih untuk mengusir cuaca dingin di pagi hari. Dengan melakukannya secara teratur, kamu bisa menikmati manfaat mandi air hangat dengan optimal.

Visited 1 times, 1 visit(s) today