Menanti Buka Puasa Makin Gak Berasa, Ini Tempat Ngabuburit Seru di Jakarta

mBlok

Tradisi ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa, biasanya diisi dengan berburu takjil, berkumpul bersama teman dan sahabat, atau hanya sekadar jalan-jalan mengisi waktu. Biar gak merasa bosan, sekarang banyak tempat yang menawarkan keseruan. Bahkan kadang membuat kita lupa akan rasa lapar dan haus. Buat Sahabat Goodlife yang berada di Jakarta dan ingin ngabuburit, bisa mengunjungi beberapa tempat yang menarik berikut ini.

Pantai Pasir Putih PIK 2, Pantai Indah Kapuk

Nama Pantai Pasir Putih PIK 2 sedang naik daun di kalangan traveller dan juga pecinta sepeda. Di pantai buatan sepanjang 4 km ini, kamu bisa menikmati suasana pantai dengan pasir putih yang halus sambil melihat matahari terbenam dan menanti waktu berbuka.

Selain pantai, di sini juga disediakan area pedestrian yang luas serta jalur sepeda. Pantai yang dibuka dari pukul 15.00 – 19.00 ini memang gratis alias tidak dipungut biaya masuk sama sekali. Di sini juga tersedia foodcourt yang menjual berbagai macam makanan mulai minuman, makanan ringan hingga berat. Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp 20 ribuan. 

  • HTM: Gratis
  • Alamat: Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Kamal Muara, Jakarta Utara

Taman Fatahillah, Kota Tua

Taman Fatahillah di Kota Tua sudah terkenal sebagai spot yang keren untuk berfoto, apalagi di waktu sore hari. Banyak pecinta fotografi menghabiskan waktu di sore hari untuk hunting foto.

Namun di masa pandemi, kondisi kawasan Kota Tua memang dibatasi untuk kunjungan wisata. Beberapa tempat seperti Museum Sejarah Jakarta dan Museum Wayang membatasi kunjungan hingga 50% dari total kunjungan normalnya. Pengunjung juga harus mengisi data dan melakukan pengecekan suhu tubuh dulu sebelum memasuki museum.  

Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa ngabuburit di sini sambil hunting foto atau sekadar menikmati suasana senja di Kota Tua. Kawasan Kota Tua saat ini juga sudah menerapkan protokol kesehatan cukup baik dengan tersedianya tempat mencuci tangan di beberapa titik.

  • HTM: Gratis
  • Alamat: Jl. Taman fatahillah, Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat
Taman Fatahillah
Museum Sejarah Jakarta di Taman Fatahillah. (Foto: Ikeda Hanako/Goodlife)

Taman Menteng

Taman Menteng menjadi salah satu ruang terbuka hijau di tengah Jakarta yang cukup terkenal. Sahabat Goodlife juga bisa ngabuburit di Taman Menteng yang memiliki koleksi 30 spesies tanaman yang berbeda di sini.

Sambil menikmati suasana taman di sore hari, kamu juga bisa berfoto dengan latar bangunan kaca, yang menjadi spot favorit anak muda sebagai latar foto. Bangunan kaca ini kerap dipakai sebagai tempat pameran atau pertunjukan seni.

  • HTM: Gratis
  • Alamat: Jl. HOS Cokroaminoto RT03/05, Menteng, Jakarta Pusat
menanti buka puasa
Taman Menteng. (Foto: Yuda Minasiani/Goodlife)

Taman Wisata Mangrove

Kawasan konservasi alam mangrove yang terletak di Kamal Muara, Jakarta Utara ini sudah lama dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam. Ngabuburit di sini, kamu bisa menyusuri jembatan kayu atau menyewa perahu untuk menjelajahi hutan bakau.

Banyak spot yang instagrammable di sini apalagi dengan latar suasana sore hari, saat sinar matahari mulai meredup. Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Taman Wisata Mangrove tetap buka dengan pembatasan jumlah pengunjung. 

Kamu bisa menghubungi nomor telepon atau Whatsapp 0811-1787-890 untuk mengetahui status jumlah pengunjung sebelum kamu menuju ke sana.

  • HTM: Rp 30 ribu (weekday), Rp 35 ribu (weekend)
  • Alamat: Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, Kamal Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
Taman Wisata Mangrove. (Foto: IG @twa_mangrove)

M Bloc Space

Deretan bangunan tua di dekat kawasan Blok M ini pernah menjadi bagian dari Perum Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia) dan kini disulap menjadi kawasan kreatif yang tak pernah sepi dari kunjungan generasi muda.

M Bloc Space kini terdiri dari kafe dan restoran bergaya vintage namun didekor dengan sentuhan kekinian. Selain nyaman untuk santap santai saat buka puasa, M Bloc Space juga menawarkan pentas kreasi yang seru.

M Bloc Space juga menyediakan ruang terbuka yang cukup luas untuk bersosialisasi, jadi terbilang relatif aman untuk dikunjungi di masa pandemi.

  • HTM: Gratis
  • Alamat: Jl. Panglima Polim No. 37. Melawai, Kebayoran Baru
M Bloc
Live di M Bloc. (Foto: Ikeda Hanako/Goodlife)

Bulan Ramadan kali ini, Pemerintah Daerah DKI Jakarta memang sudah memperbolehkan tempat umum, wisata, dan ibadah untuk dibuka. Meski demikian, sejumlah peraturan ketat protokol kesehatan harus ditaati oleh pengunjung. Misalnya menggunakan masker, menjaga jarak dengan pengunjung lain, selalu bergerak dan tidak berkerumun selama berada di public area, hingga mengikuti arah tempuh yang telah ditentukan.

Sahabat Goodlife mau ngabuburit di mana nih?

Visited 39 times, 1 visit(s) today