Rayakan Hari Batik Nasional 2020, Ini Acara Seru yang Bisa Diikuti

Jerome Polin mengenakan batik

Indonesia merayakan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober. Hari Batik Nasional ini untuk merayakan ditetapkannya batik sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Warisan Kebudayaan Manusia kategori Nonbenda oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) di Abu Dhabi, 2 Oktober 2009 silam.

Sebagai wujud ikut mencintai dan melestarikan warisan kebudayaan bangsa, setiap Hari Batik Nasional, kita disarankan untuk mengenakan batik. Tapi sebenarnya, bukan hanya di Hari Batik Nasional aja kita bisa mengenakan batik. Di hari-hari biasa pun, batik bisa jadi pilihan untuk item fashion kita.

Apalagi saat ini, batik menjadi tren fashion yang kekinian dengan desain, motif, dan warna yang menarik. Para selebriti hingga influencer pun banyak yang memamerkan kecintaannya mengenakan batik seperti Dian Sastro, Jerome Polin, hingga artis K-Pop Kai EXO, Siwon Super Junior, dan Suga BTS.

Dian Sastro mengenakan batik
Dian Sastro mengenakan batik (Foto: Instagram@therealdisastr)

Di tengah pandemi seperti ini, kamu juga bisa ikut serta merayakan Hari Batik Nasional dengan mengikuti acara-acara berikut ini secara daring. 

Sponsored Links

Pameran dan Penjualan Batik Online Yayasan Batik Indonesia

Memperingati Hari Batik Nasional sekaligus membantu pengrajin batik serta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menghadapi pandemic, Yayasan Batik Indonesia (YBI) yang dipimpin oleh Yanti Airlangga rutin menghelat pameran dan penjualan batik melalui online.

Lewat akun resmi Yayasan Batik Indonesia, @ybi.official mereka menggelar pameran dan penjualan batik lewat Instagram Live setiap pukul 14.00 – 16.00 WIB. Setiap sesi penjualan, YBI mengkategorikan batik nusantara berdasarkan wilayahnya, seperti batik Jawa Tengah, Batik Jawa Barat, atau Batik Aceh, MIinang, dan Papua.

Yayasan Batik Indonesia
Foto: Julia/Goodlife

YBI mengambil batik-batik itu langsung dari pengrajin dan UMKM dan dijual dengan kisaran harga Rp. 200 ribuan hingga Rp. 2,5 jutaan. Sambil memamerkan satu per satu kain batik, admin yang beberapa kali langsung dipegang oleh Yanti Airlangga akan menceritakan soal makna dari motif batik tersebut.

YBI juga menggandeng pecinta baik lainnya sebagai moderator seperti Loemongga, Annisa Yudhoyono, serta Gista Wishnutama.

Untuk kamu yang tertarik membeli, bisa langsung screenshoot batik yang diinginkan saat Instagram Live kemudian mengirimkan ke nomor WhatsApp +62 812-1342-1351. Admin akan mengirimkan kamu form yang harus diisi dan nomor rekening untuk pembayaran. Batik akan dikirim satu hari kemudian.

Yayasan Batik Indonesia
Foto: Julia/Goodlife

Selain pameran dan penjualan batik secara online, YBI bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo me-launching Komunitas Seniman Muda Batik (KENDUREN), 2 Oktober pukul 09.00 WIB secara online.

Hadir sebagai pembicara Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Yanti Airlangga (Ketua Umum YBI), dan Rosmaya Hadi (Deputi Gubernur Bank Indonesia). 

Kamu bisa mengikuti acara ini lewat Instagram Live @bank_indonesia_solo atau streaming di channel Youtube @Bank Indonesia Kpw Solo.

Batik Fest ILUNI FEB UI

Batik Fest
Foto: Instagram@ilunifebui

Ikatan Alumni Universitas (ILUNI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEBUI) menggelar acara pameran batik secara virtual di wesbite resmi mereka https://ilunifebui.org/batikfest/.

Di sana dipamerkan berbagai batik dari perajin yang bisa kamu pilih dan beli, mulai dari batik Trusmi Cirebon, batik Solo, batik Banyumas, batik Lasem, dll.

Hasil penjualan akan didonasikan bagi Yayasan Bhakti ILUNI FEBUI untuk mendukung berbagai kegiatan sosial. Yuk, Sahabat Goodlife, borong batiknya, bantu pengrajin batik untuk bertahan saat pandemi!

Virtual Amazing Batik 2020

Amazing Batik 2020
Foto: Instagram@koransolopos

Untuk memperingati Hari Batik Nasional 2020, Solopos menggelar Virtual Amazing Batik, 2 Oktober. Beragam acara akan digelar selama satu hari penuh, seperti talkshow dengan berbagai narasumber yang melibatkan akademisi, griya batik, hingga desainer.

Amazing Batik 2020 Solopos ini akan ditayangkan secara live melalui berbagai platform seperti Instagram @koransolopos, streaming channel YouTube Solopos TV, dan Facebook @solopos.com. Untuk kamu yang mengajukan pertanyaan atau memberi komentar akan mendapat hadiah berupa paket data dari Indosat masing-masing 65 GB untuk 5 orang dan produk kecantikan. Seru, kan?

Nah, meski #dirumahaja, kamu masih bisa tetap merayakan Hari Batik Nasional nih. Selain pengetahuan dan ilmu baru, kamu juga malah bisa mendapat hadiah dari mengikuti acara-acara tadi.

Visited 14 times, 1 visit(s) today