Sederet Manfaat Senam Kegel untuk Pria dan Wanita, Wajib Kamu Coba

olahraga

Senam kegel sepintas memang identik dilakukan kebanyakan oleh wanita karena manfaatnya yang berkaitan dengan kesehatan kewanitaan. Tapi, sebetulnya senam ini juga bermanfaat buat kesehatan pria.

Secara sederhana, senam kegel adalah latihan mengepalkan dan melepaskan otot-otot dasar panggul agar lebih kuat.

Tujuan latihan atau senam kegel ini adalah untuk memperkuat otot-otot dan jaringan di dasar panggul sehingga kuat menopang organ yang terdapat di sana, diantaranya organ reproduksi, kandung kemih, dan usus besar.

Jika otot-otot panggul yang lemah, dapat menimbulkan beberapa masalah seperti ketidakmampuan untuk mengontrol usus atau kandung kemih sehingga bisa mengeluarkan kemih, gas, atau feses secara tidak sengaja.

Selama ini senam kegel identik dengan kaum wanita saja, padahal senam ini bermanfaat untuk pria dan wanita.

Senam kegel identik dengan senam untuk wanita (Foto: Pexels)
Sponsored Links

Cara Melakukan Senam Kegel

Senam kegel sebetulnya bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pasalnya gerakan senam ini terbilang cukup sederhana. Kamu bahkan bisa melakukannya sambil melakukan hal sederhana, seperti menggosok gigi, duduk santai di sofa, atau sambil berjalan menuju kantin.

Untuk memulai senam kegel, yang pertama adalah mengidentifikasi otot-otot dasar panggul kamu. Caranya, buat gerakan seperti untuk menghentikan aliran air kemih atau kencangkan otot-otot untuk mencegah kamu mengeluarkan gas. Otot-otot yang mengencang itulah otot dasar panggul kamu.

Untuk melatih senam kegel, kencangkan otot dasar panggul, tahan selama 3 detik lalu rileks selama 3 detik. Saat otot panggul ditahan atau kontraksi, hindari untuk menahan napas, mengencangkan otot perut, paha, atau bokong.

Ulangi gerakan tadi secara berturut-turut selama 10 kali (1 set) dan lakukan pengulangan sebanyak 3 set dalam 3 hari.

Namun perlu diingat, jangan gunakan gerakan dasar senam kegel ini saat kamu berkemih atau buang air kecil karena dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.

Senam kegel bisa dilakukan sambil duduk (Foto: Pexels)

Manfaat Senam Kegel Bagi Pria

Selama ini senam kegel memang diasosiasikan sebagai senam untuk bagian organ intim perempuan. Padahal, pria juga sebaiknya juga melakukan gerakan ini.

Beberapa faktor bisa membuat otot-otot dasar panggul pria melemah, seperti bertambahnya usia, kegemukan, dan terutama jika pria tersebut telah menjalani operasi prostat.

Berikut ini manfaat senam kegel bagi pria.

1.       Buang air kecil lebih terkontrol

Pada sebagian pria, aktivitas sepele seperti bersin, batuk, atau tertawa keras bisa membuat air urin keluar dengan sendirinya. Hal itu tentu saja sangat mengganggu terutama saat berada di tempat umum.

Rutin melakukan senam kegel bisa memperkuat otot panggul sehingga buang air kecil lebih terkontrol.

2.       Membantu pemulihan setelah operasi prostat

Senam kegel menjadi salah satu rekomendasi dari dokter bagi pasien pasca operasi prostat. Pasalnya, gerakan menahan (kontraksi) dan merilekskan otot-otot panggul secara teratur bisa membantu prostat dan kandung kemih pulih dengan lebih cepat.

3.       Mencegah ejakulasi dini

Memperkuat otot-otot dasar panggul yang mengelilingi dan menopang area genital pada pria dapat membantu organ vital mempertahankan ereksi lebih lama.

4.       Mengatasi disfungsi ereksi

Dilansir dari Halodoc senam kegel terbukti dapat mengatasi disfungsi ereksi. Dalam sebuah penelitian, sekelompok pria melatih otot panggul mereka dengan melakukan senam kegel secara rutin selama 6 bulan. Hasilnya, sebanyak 40 persen dari mereka memiliki fungsi ereksi yang normal kembali. Hal ini karena senam kegel membantu melancarkan aliran darah serta oksigenasi yang baik, sehingga dapat membantu proses ereksi.

5.       Meningkatkan performa seksual

Dengan rutin melakukan senam kegel, secara tidak langsung juga melatih kekuatan alat vital saat ereksi. Hal tersebut tentu akan berpengaruh pada performa seksual pria terhadap pasangannya.

Senam kegel bisa bantu performa seksual (Foto: Pexels)

Manfaat Senam Kegel Bagi Wanita

Sama seperti pria, otot-otot dasar panggul wanita juga bisa melemah seiring bertambahnya usia, pasca kehamilan, persalinan, dan penambahan berat badan.

Dengan rutin melakukan senam kegel, beberapa manfaat berikut ini bisa dirasakan oleh wanita.

1.       Mengencangkan vagina

Otot panggul yang kuat akan membuat vagina terasa lebih kencang sehingga bisa membantu meningkatkan intensitas orgasme. Wanita yang kesulitan mencapai orgasme mungkin mengalami otot panggul yang lemah.

Selain itu, rutin melakukan senam kegel juga bisa meningkatkan aliran darah di area panggul sehingga berpengaruh untuk meningkatkan gairah seksual pada wanita.

2.       Mengatasi keluhan ibu hamil

Selama kehamilan, beberapa keluhan kerap dialami ibu hamil seperti nyeri punggung bagian bawah, sulit buang air besar, beser atau terlalu sering berkemih, atau timbul rasa sakit saat berhubungan seksual.

Dengan latihan senam kegel yang teratur, otot-otot panggul akan lebih kuat sehingga bisa mengatasi keluhan-keluhan tadi.

3.       Membantu pemulihan pasca melahirkan lebih cepat

Otot panggul yang terlatih untuk kontraksi dan rileks, akan memperlancar proses persalinan. Selain itu, senam kegel juga akan membantu pemulihan pasca melahirkan, baik persalinan normal maupun operasi cesar, dengan lebih cepat.

Otot dasar panggul yang lemah pasca melahirkan, bisa lebih cepat kencang Kembali jika rutin melakukan senam kegel.

4.       Menjaga kesehatan panggul saat menopause

Selama menopause, kadar estrogen dalam tubuh wanita meningkat sehingga menyebabkan berkurangnya aliran darah ke otot dasar panggul. Senam kegel dapat membantu meningkatkan aliran darah ke daerah panggul, sekaligus memperkuat otot-otot dasar panggul.

5.       Mengurangi risiko prolaps organ panggul

Prolaps organ panggul adalah suatu kondisi di mana satu atau lebih organ panggul menekan dinding vagina. Kondisi ini biasanya dialami wanita pasca hamil dan melahirkan, sering mengangkat beban berat, olahraga berat, atau mengalami sembelit kronis sehingga harus mengejan saat buang air besar.

Latihan kegel bisa mengurangi risiko prolaps organ panggul karena bisa menopang organ yang ada di daerah panggul dan menahannya untuk tetap berada di posisinya masing-masing.

Selama ini, kita sering melakukan olahraga untuk melatih otot-otot tubuh namun sering melewatkan otot panggul. Padahal otot panggul juga memiliki peran yang penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari baik wanita maupun pria.

Itu sebabnya sudah saatnya kamu mulai rutin melakukan senam kegel. Apalagi gerakan senam kegel sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Visited 14 times, 1 visit(s) today