Sederet Manfaat Wisata Rafting Buat Kesehatan, Wajib Coba Selama Liburan

Selain dikenal sebagai aktivitas olahraga, rafting juga populer sebagai atraksi wisata. Itu sebabnya banyak tempat-tempat di Indonesia yang menawarkan wisata rafting, baik untuk tingkat pemula maupun buat yang sudah profesional.

Rafting juga dikenal dengan sebutan arung jeram, yaitu sebuah aktivitas mengarungi sungai dengan sebuah perahu karet yang berisi 2 orang atau lebih dan mengandalkan kekuatan mendayung.

Rafting sendiri umumnya dilakukan di sungai-sungai yang berarus rendah, menengah hingga deras. Dalam wisata atau olahraga rafting juga dikenal beberapa tingkatan kesulitan pada jalur yang dilalui. 

Wisata rafting sendiri umumnya menggunakan jalur dengan tingkat kesulitan rendah untuk pemula hingga menengah untuk merasakan sensasi yang lebih menantang. Sebetulnya tidak diperlukan keterampilan berenang untuk bisa melakukan wisata rafting. Ini karena peserta harus mengenakan berbagai perlengkapan keamanan, seperti helm dan pelampung serta mendapat arahan dasar-dasar keselamatan dari petugas sebelum mengarungi sungai.

Selain itu melakukan wisata rafting juga ternyata memiliki banyak manfaat buat kesehatan baik secara fisik maupun mental, seperti:

Melatih kekuatan otot

Rafting sangat mengandalkan kekuatan mendayung, apalagi kadang kamu harus mendayung melawan arus kalau perahu karetmu berputar ke arah berlawanan karena terbawa arus atau saat harus melewati jeram yang deras. Otot yang paling banyak bekerja saat kamu melakukan rafting adalah otot lengan, punggung, bahu dan dada.

Selain itu, bagian kaki dan paha kamu juga akan dilatih kekuatan ototnya. Mengingat kamu harus memposisikan kaki sesuai petunjuk petugas agar tidak mudah terjatuh ke dalam air saat perahu karet melewati gelombang dan arus yang deras.

Gerakan pada rafting melatih kekuatan otot (Foto: Pexels)

Memicu hormon adrenalin

Umumnya, wisata rafting memang sepintas terlihat menakutkan karena harus melewati arus yang deras dan khawatir akan tenggelam jika terjatuh. Itu sebabnya para peserta rafting biasanya akan merasa lebih waspada saat sudah berada diatas perahu dan mengarungi sungai.

Ini karena perasaan khawatir atau takut yang bercampur dengan penasaran dan senang akan memicu tubuh memproduksi hormon adrenalin yang berfungsi untuk mempercepat detak jantung dan aliran darah. Ini akan melancarkan aliran oksigen ke otak dan membuat kamu lebih terjaga.

Menjaga kesehatan kardiovaskuler

Gerakan yang dilakukan selama rafting bisa dikatakan memiliki dampak yang hampir sama dengan gerakan olahraga kardiovaskuler. Pasalnya, saat rafting kamu akan dipacu untuk terus bergerak dan tanpa disadari kamu juga melatih organ jantung dan pernapasan.

Dengan begitu, sambil bersenang-senang saat mengarungi sungai, kamu juga sudah ikut menjaga kesehatan jantung.

Meredakan stress

Saat melakukan rafting kamu akan berhadapan dan melihat banyak hal. Mulai dari pengalaman yang mendebarkan hingga pemandangan alam di sepanjang sungai. Kamu juga akan melakukan banyak hal menarik bersama teman-teman dalam satu perahu.

Semua aktivitas ini akan membuat kamu berkonsentrasi pada bersenang-senang dan melupakan semua beban pikiran kamu. Tanpa disadari, rafting akan membuat kamu terbebas dari beban pikiran yang membuat stress.

Rafting yang seru dan melepas stress (Foto: Pexels)

Jadi lebih percaya diri

Tanpa disadari, yang awalnya mungkin kamu takut dan ragu, setelah menyelesaikan rafting kamu akan sadar kalau ternyata kamu bisa mengatasi rasa takut. Itu sebabnya rafting juga baik untuk kesehatan mental, dimana kamu akan terpacu untuk jadi lebih percaya diri.

Wisata rafting memang menyenangkan untuk dilakukan apalagi bersama rekan atau keluarga. Pastikan juga kamu sudah mempersiapkan beberapa hal sebelum rafting agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pastikan tubuh kamu dalam kondisi sehat, kenakan pakaian yang nyaman (tipis dan menyerap air), pilih jalur sungai yang sesuai dengan kemampuan, dan pastikan kamu memilih operator resmi yang punya pemandu profesional.

Mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk memulai aktivitas wisata rafting.

Visited 10 times, 1 visit(s) today