Terinspirasi Budaya Jepang, Produk Rumah Tangga IDEALIFE Tak Cuma Simple Tapi Juga Fungsional

Punya peralatan rumah tangga, khususnya untuk memasak saat ini memang harus jadi perhatian, terutama di masa pandemi yang kadang membatasi aktivitas di luar. Buat kamu yang mulai suka masak-masak, menggunakan produk perlengkapan dapur dari IDEALIFE bisa jadi pilihan. Selain mudah digunakan, inovasinya juga beragam untuk memenuhi kebutuhan di dapur. 

Memulai operasionalnya pada 2004, IDEALIFE yang digagas oleh Ronald Ekaputra mengawali kiprahnya dengan menjual peralatan rumah tangga, seperti kipas angin dan vacuum cleaner. “IDEALIFE awalnya bisnis home innovation dan baru 4 tahun terakhir kami fokus ke perlengkapan kitchen,” terang Ronald saat berbincang dengan Goodlife.

Ronald Ekaputra, Direktur IDEALIFE (Foto: Dok. pribadi Ronald Ekaputra)

Menurut Ronald, ada peningkatan untuk kebutuhan perlengkapan dapur dan produk yang tersedia sebetulnya masih bisa ditingkatkan performanya dari segi fungsi dan kualitas. Kondisi inilah yang kemudian membuka peluang bagi IDEALIFE untuk menawarkan lebih banyak peralatan dapur.

Ronald sendiri sebelum mendirikan IDEALIFE awalnya mencoba untuk menawarkan produk rumah tangga, yaitu kipas angin dengan rangka besi yang saat itu masih jarang ditemukan di pasaran. Dari pengalamannya tersebut Ronald kemudian bertekad untuk membangun usaha yang lebih besar di bidang perlengkapan rumah tangga hingga kemudian mendirikan IDEALIFE.

Sponsored Links

Model yang Fungsional

IDEALIFE sendiri mengambil inspirasi dari produk Jepang yang menurut Ronald adalah simple, fungsional dan berkualitas tinggi. “Banyak orang respect dengan produk dari Jepang itu karena simple dan berkualitas,” jelas Ronald. “Itu sebabnya Idealife itu juga menegaskan konsep yang sama, produk kita desainnya simple, useful untuk digunakan dan berkualitas  tinggi,” tambahnya.

Menurut Ronald, pada dasarnya IDEALIFE memang tidak menciptakan alat baru, tapi lebih kepada inovasi dari produk yang sudah ada. “Kalau kita bisa bikin lebih baik, kenapa tidak?” kata Ronald.

Perlengkapan dapur yang lebih simple dan fungsional (Foto: Instagram @idealifeonline_)

Ronald mencontohkan beberapa tahun lalu sebelum jus belum jadi minuman yang tren di Indonesia. “Saat itu juicer yang ada itu ukurannya besar dan banyak orang mengeluh susah membersihkannya,” terang Ronald. 

Melihat peluang bahwa mesin juicer yang besar itu menyebabkan orang malas mencucinya dan akhirnya malas bikin jus, IDEALIFE kemudian berinisiatif untuk menjual juicer yang lebih sederhana dan mudah dibersihkan, yaitu dengan menjual citrus juicer, alat pembuat minuman jus yang bisa digunakan untuk membuat jus jeruk dan lemon. 

“Pertimbangannya adalah jus jeruk adalah jenis minuman yang gampang dibuat dan paling banyak diminati. Selain itu, alat ini juga easy cleaning,” terang Ronald.

Beberapa inovasi IDEALIFE saat ini adalah tempat pisau yang menggunakan magnet, dimana pisau yang biasanya diletakkan pada lubang kayu, ini hanya ditempelkan saja pada papan kayu yang isinya magnet. “Ini papannya juga bisa dijadikan chopping board,” jelas Ronald.

“Selama ini banyak yang menjual pisaunya saja, IDEALIFE menjual tempatnya dan fungsional juga karena bisa jadi chopping board untuk memotong bahan makanan,” tambahnya.

Produk granite cookware (berbahan granit) seperti panci dan pan juga merupakan produk yang kini jadi favorit di IDEALIFE. Granite cookware memungkinkan memasak tanpa menggunakan minyak dan membersihkannya cukup mudah, hanya dengan air panas dan diusap dengan sponge.

Membantu Pedagang Kuliner

Di masa pandemi, banyak orang mencoba bisnis kuliner dari rumah. Kondisi ini membuat beberapa produk IDEALIFE saat itu banyak diminati, seperti oven set. “Oven kami bisa beroperasi dengan 2 temperatur masak. Jadi temperatur di rak atas beda dengan di rak bawah,” terang Ronald. Ini memungkinkan para pengusaha kuliner untuk bisa memanggang beberapa makanan sekaligus karena kapasitasnya yang juga mencapai 35 liter.

Selain itu, di awal pandemi juga bersamaan dengan peluncuran produk baru IDEALIFE, yaitu stand mixer dengan bahan metal. Terobosan ini cukup menarik perhatian mengingat lebih tahan lama dibanding produk-produk sebelumnya yang menggunakan bahan plastik.

Produk lain yang banyak diminati di masa pandemi adalah vacuum sealer yang digunakan untuk membungkus makanan. “Biasanya selama ini orang hanya membungkus saja, namun tidak dengan vacuum. Dengan vacuum sealer makanan jadi lebih bersih dan terjaga,” terang Ronald.

Menurut Ronald, saat sekarang ini pasar terbesarnya adalah para pengusaha kuliner yang jumlahnya juga terus bertumbuh. Itu sebabnya beberapa produk yang berkaitan dengan memasak banyak yang diminati. 

Perlengkapan dapur sedang diminati saat ini di IDEALIFE (Foto: Instagram @idealifeonline_)

Namun, bukan berarti perlengkapan rumah tangga sedikit peminat. Ronald menjelaskan bahwa hampir setiap bulan IDEALIFE merilis jenis produk baru dan tahun ini juga rencananya akan merilis produk air purifier yang juga diperkirakan akan banyak diminati karena kondisi pandemi.

Para pelanggan IDEALIFE saat ini masih didominasi dari Jakarta, meskipun penjualannya sendiri sudah mencakup beberapa kota besar di seluruh Indonesia, seperti Surabaya, Medan, Denpasar, Samarinda, Makassar, Yogyakarta, Solo, Purwokerto, Bali, Pontianak, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Bandung, Semarang, Malang, Palembang, Lombok, Banyuwangi hingga Batam.

Buat kamu yang di masa pandemi mulai mencoba untuk berbisnis dari rumah, terutama yang bisnis kuliner, IDEALIFE bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi produk favorit kamu. Kamu juga bisa melihatnya di akun Instagram @idealifeonline_ atau website resminya di Idealife-online.com. Atau kamu juga bisa melihatnya di official store IDEALIFEOUTLET yang ada di Tokopedia dan Shopee.

Visited 27 times, 1 visit(s) today