Seru Juga! Ternyata ini Manfaat Main Golf Buat Kesehatan

manfaat main golf

Selama ini olahraga golf identik dengan kalangan tertentu, seperti pebisnis, politisi dan selebriti. Golf juga kadang dianggap sebagai olahraga yang tak terlalu banyak gerak seperti olahraga lain pada umumnya. Anggapan ini keliru! Golf justru punya segudang manfaat buat kesehatan.

Bermain golf juga mengalami perubahan. Kalau dulu dianggap lebih menarik untuk kalangan usia tua, kini golf mulai dilirik oleh usia muda. Di kalangan warga yang hidup di kota besar, bermain golf kini juga mulai sering dilakukan, terlebih sejak adanya pandemi Covid-19.

Olahraga golf dinilai memiliki risiko Covid-19 yang rendah berkat lokasi permainannya yang berada di lapangan terbuka yang luas. Kondisi ini juga memudahkan orang untuk menjaga jarak aman dan tak perlu sering berdekatan.

Selain itu, golf ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental, seperti: 

Mengurangi stress

Kalau sehari-hari kamu berada di ruang kerja yang tertutup dinding dan kaca, bermain golf akan membuat kamu menikmati alam bebas secara langsung. Suasana hijau dan pepohonan di sekitar lapangan golf akan membuat kamu merasa lebih rileks.

Meningkatkan vitamin D

Salah satu cara efektif mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Ini adalah hal yang bagus, karena dengan bermain golf, kamu akan berada di lapangan terbuka yang langsung terpapar matahari. Namun begitu, ada baiknya kamu juga melindungi diri dari sengatan matahari seperti menggunakan topi dan skin care untuk melindungi kulit. Lakukan olahraga golf di pagi hari untuk hindari sinar matahari yang terlalu terik.

Membakar kalori

Beranjak dari satu titik ke titik lain di lapangan golf memang harus menempuh jarak cukup jauh. Beberapa lapangan golf menyediakan mobil khusus untuk mengantar kamu berpindah tempat. Namun bila jarak tak terlalu jauh, kamu bisa memilih untuk berjalan kaki. Apalagi dengan membawa perangkat golf yang cukup berat, aktivitas ini bisa membakar kalori cukup banyak.

Minim risiko cedera

Dibanding olahraga lain yang dimainkan dalam tempo yang lebih cepat, golf tergolong memiliki risiko lebih rendah dan dimainkan dalam suasana yang lebih rileks. 

Meningkatkan kesehatan otak

Golf memberi lawan berbagai tantangan seperti pukulan jarak jauh dan jarak dekat. Selain itu ada kontur tanah yang tidak rata yang bisa membuat arah bola berbelok meskipun jaraknya dekat dengan lubang. Ini membutuhkan konsentrasi dan strategi yang tepat.

Bermain golf juga membuat jantung kamu lebih terpacu akibat harus sering bergerak di lapangan luas. Ini berarti aliran darah ke otak juga akan lebih lancar dan mencegah terjadinya gangguan saraf otak.

Main golf memiliki banyak manfaat buat kesehatan. (Foto: Pexels)
Sponsored Links

Siap Main Golf? Perhatikan Dulu Hal ini

Meskipun terlihat santai dan menyenangkan, permainan golf bisa saja menjadi berbahaya dan tidak nyaman kalau kamu tidak memperhatikan hal-hal penting seperti berikut ini:

Perhatikan keadaan sekitar

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan di depan kamu tidak ada orang. Bola yang kamu pukul bisa saja mengenai orang lain bila kamu tidak memperhatikan sekitar.

Jaga jarak aman

Pada saat akan memukul bola, perhatikan keadaan di sekitar, apakah cukup aman untuk mengayunkan stik golf? Ini berlaku juga saat teman kamu mendapat giliran untuk memukul bola. Pastikan kamu berada di jarak aman.

Gunakan pakaian yang sesuai

Dalam bermain golf, kamu akan berjalan cukup jauh, berdiri cukup lama dan harus bergerak dengan maksimal saat memukul bola. Itu artinya, kamu membutuhkan pakaian yang nyaman tak hanya untuk bergerak saja, tapi juga untuk berjalan, terkena sinar matahari dan berdiri dengan waktu yang cukup lama. 

Menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman saat bermain golf. (Foto: Pixabay)

Teriakkan “Fore”

“Fore” adalah istilah yang sangat dikenal dalam dunia golf. Artinya adalah sebuah peringatan bahwa ada bola yang sedang datang ke arahmu. Teriakkan kata ini apabila kamu mengetahui ada bola yang mengarah ke orang lain dengan kencang. Namun, bila kamu yang diteriaki kata “fore”, artinya kamu harus melindungi diri. Tak perlu berlari, tapi cukup dengan melindungi kepala dan leher.

Istilah “fore” sendiri diambil dari istilah bahasa Inggris di Abad Pertengahan yang artinya secara umum adalah “di depan”. Dalam permainan golf, awalnya istilah ini digunakan untuk “forecaddie”, yaitu orang yang bertugas berjaga di depan kelompok pemain dan mengawasi dimana lokasi bola yang jatuh. Para pemain akan berteriak “forecaddie” sebelum memukul bola dengan tujuan agar petugas berjaga dan memperhatikan ke arah mana bola akan jatuh.

Lama-lama, istilah “forecaddie” dipersingkat menjadi “fore” saja dan beralih fungsi menjadi sebuah tanda peringatan ada bola yang mendekat. Saat ini petugas forecaddie jarang digunakan dalam olahraga golf, kecuali dalam turnamen besar saja.

Tidak merusak lapangan

Sudah menjadi etika umum saat bermain golf untuk ikut menjaga kondisi rumput di lapangan golf. Saat kamu memukul bola, kadang ada bagian rumput yang ikut terlepas. Jangan lupa untuk menutup kembali bagian yang rusak tersebut.

Di masa pandemi, olahraga juga mengalami penyesuaian. Kalau dulu mungkin kamu lebih sering ke gym untuk olahraga, kini saatnya kamu memilih olahraga luar ruang yang lebih minim terpapar Covid-19, seperti bermain golf.

Visited 44 times, 1 visit(s) today