Serunya Olahraga Pound Fit dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mulai bosan dengan gerakan olahraga yang biasa kamu lakukan? Mungkin kamu bisa mencoba pound fit, olahraga yang menggabungkan keseruan bermain drum dan berbagai gerakan atraktif yang menguras keringat.

Olahraga yang sedang jadi tren ini diciptakan oleh mantan atlet dan pemain drum, Christina Peerenboom dan Kristen Potenza di Amerika Serikat pada  2011.

Olahraga ini menggabungkan gerakan yoga dan pilates bersama dengan kombinasi menarik gerakan kardio dan latihan kekuatan yang memastikan akan memompa darah dan detak jantung lebih cepat.

Sebagian orang menyamakan pound fit dengan zumba.  Meski sama-sama diiringi musik dan termasuk jenis latihan kardio, pound fit dan zumba sangat berbeda. Pound fit lebih menuntut pose berbasis yoga, seperti posisi jongkok, lunges (gerakan menekuk lutut ke arah bawah), dan lebih banyak latihan otot perut serta kaki.

Sedangkan zumba lebih menggabungkan gerakan dari tari salsa dan senam aerobik. Secara umum zumba terlihat lebih seperti gerakan tarian yang santai dan menyenangkan. Zumba berfokus pada menggerakkan seluruh anggota tubuh mengikuti irama musik dan tidak ada tujuan untuk menguatkan bagian tubuh tertentu.

Pound fit lebih menenkankan pada penguatan otot (Foto: Freepik)

Selain itu, gerakan pound fit juga sangat khas seperti menabuh drum menggunakan stik drum berbobot ringan yang disebut ripstix yang dirancang khusus untuk berolahraga. Sedangkan zumba tak membutuhkan perangkat apapun untuk melakukannya.

Sponsored Links

Manfaat Pound Fit

Satu sesi kelas pound fit biasanya berlangsung selama 45 menit dengan intensitas cukup tinggi tetapi menyenangkan karena kamu akan lebih berkonsentrasi pada ritme dan ketukan ripstix sambil menikmati musik daripada sekadar menghitung set dan repetisi yang dilakukan.

Berikut manfaat pound fit bagi kesehatan:

1.       Melatih kekuatan seluruh tubuh

Gerakan pound fit dirancang untuk melatih seluruh tubuh mulai dari perut, punggung hingga kaki. Kamu juga dapat melatih banyak otot yang berbeda berdasarkan cara kamu menggerakkan dan menggenggam ripstix.

2.        Membakar lemak lebih banyak

Gerakan dinamis yang terus-menerus pada pound fit memungkinkan kamu membakar lemak cukup banyak dalam waktu singkat. Dalam satu sesi (45 menit), diperkirakan kamu bisa membakar sekitar 900 kalori. 

3.       Meningkatkan imun tubuh

Seluruh bagian tubuh yang bergerak akan membuat alirah sel darah putih semakin meningkat. Sel darah putih adalah komponen penting di dalam sistem imun yang bisa melawan bakteri dan virus yang akan masuk ke dalam tubuh.

4.       Meningkatkan suasana hati

Berolahraga sambil diiringi musik seperti pound fit sangat menyenangkan. Endorfin, hormon penghilang stress dan pereda rasa sakit, akan lebih banyak diproduksi dan membuat suasana hati meningkat selama dan sesudah latihan.

5.       Meningkatkan fokus, ketangkasan, dan koordinasi

Gerakan pound fit merangsang semua bagian tubuh bergerak berirama sesuai dengan musik yang mengiringi dan petunjuk dari instruktur. Hal itu bisa meningkatkan ketangkasan dan koordinasi gerak tubuh serta melatih fokus.

Pound fit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh (Foto: Freepik)

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ikut Pound Fit

Gerakan pound fit yang intens sekaligus menyenangkan cocok dilakukan oleh semua orang, baik pria maupun wanita, dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Oleh karena termasuk olahraga kardio dengan gerakan intens, sebelum mengikuti kelas pound fit, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan persiapkan, seperti:

1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup adalah hal penting sebelum kamu memulai melakukan olahraga. Istirahat dan tidur yang cukup bukan hanya memulihkan energi tetapi juga bisa memulihkan otot-otot yang telah dipakai bekerja sebelumnya.

2. Lakukan pemanasan

astikan untuk selalu melakukan pemanasan dan peregangan sebelum melakukan pound fit. Gerakan pound fit yang intens bisa menimbulkan cedera otot atau tulang bila kamu tidak melakukan pemanasan yang cukup.

Dengan melakukan pemanasan, kamu menyiapkan tubuh dan otot untuk melakukan gerakan yang lebih intens. Lakukan pemanasan minimal 5 menit sebelum pound fit.

3. Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman

Pakaian olahraga yang nyaman di tubuh membuat pergerakan kamu lebih bebas dan nyaman. Sementara sepatu yang sesuai juga bisa menurunkan risiko cedera pada kaki.

Kadang, olahraga bisa menjadi sesuatu yang membosankan bila dilakukan tanpa inovasi. Dengan ikut pound fit kamu bisa merasakan sesuatu yang berbeda, seperti musik yang memberi semangat dan gerakan-gerakan dinamis yang membuat badan jadi lebih bugar.

Visited 68 times, 1 visit(s) today