Bingung Liburan Mau Ngapain Saat Musim Hujan? Cek 7 Aktivitas Seru ini!

hujan

Sudah kangen mau liburan tapi musim hujan datang? Jangan cemas dulu, karena meskipun hampir setiap hari hujan, ada beberapa aktivitas seru yang masih bisa kamu lakukan biar liburan kamu tetap menyenangkan.

Semua orang pasti berharap cuaca cerah saat pergi berlibur. Dengan cuaca yang cerah itu, banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti berenang, berjemur di pantai, atau jalan-jalan menikmati suasana di kota tujuan.

Namun saat musim hujan tiba, kita harus berpikir ulang untuk merencanakan aktivitas dan tujuan liburan. Kalau kamu mulai kehabisan ide, beberapa aktivitas berikut bisa kamu pilih untuk mengisi hari libur yang menyenangkan:

1. Bersenang-senang dengan staycation

Baik cuaca cerah, berawan, atau hujan, staycationl adalah pilihan yang paling aman. Berbagai fasilitas bisa kamu manfaatkan seperti kolam renang, berendam di air panas, sauna, jacuzzi, atau olahraga di tempat gym.

Staycation adalah berlibur dengan menginap di hotel, resort atau villa yang lokasinya masih dalam 1 kota dengan tempat kamu tinggal, jadi tidak perlu menempuh jarak yang jauh dan melelahkan.

Banyak akomodasi sekarang sudah menyediakan paket staycation khususnya untuk akhir pekan bersama keluarga. Selain menginap dan mendapat jatah sarapan, paket staycation biasanya juga sudah termasuk dengan makan malam prasmanan, fasilitas hotel, paket kebugaran seperti pijat dan lulur hingga aktivitas bermain untuk anak-anak (tergantung dari penawaran hotelnya).

Staycation saat musim hujan tiba (Foto: Pexels)

Atau kalau kamu hanya ingin malas-malasan saja di hotel, kamu bisa nonton di kamar sambil memesan makanan. Beberapa hotel berbintang saat ini juga sudah menyediakan teknologi televisi pintar sehingga kamu juga bisa menyaksikan beberapa saluran berlangganan, seperti Netflix, Disney+ dan saluran lainnya dengan gratis.

2. Nonton film secara maraton

Jika memang tak memungkinkan berlibur keluar rumah, kamu juga bisa membangun suasana liburan di dalam rumah saja. Kamu bisa nonton film secara maraton di rumah, ditemani dengan semangkuk popcorn dan minuman hangat.

Pilih dulu beberapa film bersama anggota keluarga dan tentukan waktu untuk menontonnya. Biar lebih seru, sediakan juga menu-menu makanan dan minuman lainnya agar menonton film jadi lebih menyenangkan.

3.       Memasak di rumah

Tak perlu menjadi ahli, memasak dengan penuh rasa cinta dan menghabiskan waktu di dapur dengan orang-orang tersayang sambil menikmati makanan, pasti akan sangat menyenangkan saat di luar sedang turun hujan. Kamu bisa mengeksplor menu baru atau memasak makanan yang jadi favorit keluarga. 

4.       Jelajah kedai kopi

Nongkrong dari satu kedai kopi ke kedai kopi lainnya bisa jadi pilihan menyenangkan. Kamu bisa membandingkan kopi, kue, makanan, atau bahkan kecepatan wi-fi-nya. Duduk menghadap jendela, melihat hujan di luar sambil menyesap kopi, pasti bisa memakan waktu seharian.

5.       Mengunjungi museum

Mengunjungi museum bisa menjadi alternatif aktivitas mengisi liburan saat musim hujan. Harga tiket museum sangat terjangkau dan sekarang ini juga sudah banyak museum dengan konsep kontemporer yang kekinian. Sambil menunggu hujan di luar, kamu bisa menjelajahi museum sambil berfoto-foto.

6.       Pergi ke bioskop

Setelah masa pandemi yang membatasi aktivitas, banyak orang yang sudah rindu untuk bisa kembali menonton film di bioskop. Nah kamu bisa juga menonton film-film favorit bersama teman atau keluarga sekaligus melepas rindu akibat masa pandemi yang sempat membuat bioskop tidak beroperasi sementara waktu.

7.       Menikmati hujan

Beberapa orang merasa hujan memberi suasana syahdu dan menenangkan. Jika kamu termasuk suka dengan suasana hujan, kamu bisa menikmati hujan dibawah payung sambil berjalan-jalan santai menyusuri taman. Atau kamu juga bisa duduk dengan tenang di teras rumah sambil menikmati bunyi hujan dan aroma tanah yang basah. Secara psikologis, ini juga bisa jadi terapi untuk mengurangi stress.

Hujan bukan berarti semua aktivitas jadi terhenti. Kamu juga bisa tetap bersenang-senang saat liburan meskipun musim hujan tiba. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan selama musim hujan supaya bisa liburan dengan nyaman.

Visited 2 times, 1 visit(s) today