Yuk Meditasi, ini Manfaatnya Buat Kesehatan Fisik dan Mental

Meditasi merupakan suatu bentuk relaksasi yang umumnya digunakan untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi stress dalam kehidupan sehari-hari. Namun, meditasi ternyata punya banyak manfaat lain yang juga berguna tak hanya buat kesehatan mental, tapi juga kesehatan fisik. Apalagi bila dilakukan secara konsisten.

Pada dasarnya, meditasi dilakukan dengan cara melatih konsentrasi dan fokus pikiran agar merasa lebih tenang. Meditasi juga bisa dilakukan dengan sederhana dimana saja, seperti di rumah atau bahkan di kantor saat ada waktu luang.

Sponsored Links

Cara Sederhana Memulai Meditasi

Salah satu jenis meditasi yang paling umum dan cukup mudah untuk dilakukan adalah meditasi mindfulness, yaitu teknik meditasi yang dapat melatih seseorang untuk fokus terhadap keadaan sekitarnya, memahami emosi yang dirasakan dan bisa menerimanya secara terbuka.

Sebetulnya meditasi mindfulness bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus ada latihan khusus. Bagaimana cara melakukan meditasi ini?

  • Duduklah pada posisi nyaman.
  • Atur nafas dan fokus pada aliran udara saat menarik dan menghembuskan nafas.
  • Bisa juga fokus kepada bunyi-bunyian di sekitar yang bersifat berkala, seperti bunyi tetesan hujan.
  • Setelah pikiran menjadi fokus, lakukan selama 3 hingga 5 menit.

Secara umum memang meditasi ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, namun juga lebih baik kalau kamu memiliki waktu tersendiri untuk melakukannya agar bisa lebih fokus.

Meditasi mindfulness bisa dilakukan kapan dan dimana saja, tapi lebih baik luangkan waktu dan lokasi yang nyaman agar lebih fokus. (Foto: Pexels)

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan

Memang terlihat sederhana, namun meditasi punya banyak manfaat buat kesehatan, seperti hal berikut ini.

Mencegah insomnia

Bila rutin dilakukan sebelum tidur, meditasi diketahui bisa membantu orang untuk tidur nyenyak dan terhindar dari risiko insomnia (kondisi dimana seseorang sulit untuk tidur). Hal ini terjadi karena dengan melakukan meditasi, pikiran akan menjadi lebih tenang dan lebih mudah untuk tertidur.

Meredam stress

Dengan bermeditasi, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin (senyawa yang bisa membuat orang menjadi merasa senang) yang berfungsi untuk mengelola stress. Hormon endorfin juga berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit alami yang membuat orang jadi lebih mudah tidur nyenyak sehingga stress berkurang. Meditasi mindfulness, misalnya, juga berfungsi untuk menurunkan hormon kortisol yang terlalu tinggi saat orang terkena stress. Seperti penjelasan dari Halodoc, hormon kortisol yang terlalu tinggi bisa memicu risiko diabetes.

Menjaga kesehatan jantung

Kondisi stress bisa mengakibatkan meningkatnya tekanan darah dan jantung jadi bekerja lebih berat. Tentu saja ini akan memicu risiko masalah pada jantung dan pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung. Nah, dengan rutin meditasi, tekanan darah juga diharapkan akan lebih stabil.

Meningkatkan kemampuan konsentrasi

Karena pada dasarnya meditasi dilakukan dengan berfokus pada sesuatu, jadi aktivitas ini secara langsung bisa meningkatkan kemampuan untuk fokus. Dengan begitu, meditasi yang dilakukan secara rutin juga bisa meningkatkan kemampuan kamu untuk berkonsentrasi pada pekerjaan sehari-hari.

Berlatih meditasi di usia lanjut bisa memperbaiki daya ingat. (Foto: Pexels)

Mencegah lupa

Meditasi membantu darah mengalir lebih lancar, termasuk ke otak. Sirkulasi inilah yang pada akhirnya bisa memicu meningkatnya daya ingat. Untuk orang di usia lanjut, berlatih meditasi juga bermanfaat untuk mengurangi sifat lupa.

Menghilangkan pikiran negatif

Kadang kita dibayang-bayangi oleh banyak pikiran negatif dalam satu waktu tertentu. Tentu saja ini akan terasa sangat mengganggu. Nah, dengan rutin bermeditasi, kamu bisa secara perlahan memahami sebenarnya apa saja yang sedang kamu pikirkan. Dengan begitu, kamu juga bisa memahami bahwa pikiran-pikiran negatif ini sebetulnya tak perlu menjadi beban dan terbayang terus-menerus.

Nah, dengan penjelasan di atas, Sahabat Goodlife juga bisa berlatih meditasi mulai sekarang supaya bisa lebih baik lagi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Visited 37 times, 1 visit(s) today