3 Langkah Jitu Cegah Osteoporosis

olahraga

Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk mempertahankan kepadatan tulang terus menurun. Dengan 206 tulang yang menopang tubuh, kepadatan dan kekuatan tulang manusia mencapai puncaknya pada akhir usia 20an sebelum akhirnya mulai menurun secara bertahap ketika memasuki usia 35 tahun.

Dalam sekitar lima tahun ketika menopause, perempuan dapat kehilangan 10-30% kepadatan tulangnya, sementara pria dapat mengalami penurunan kepadatan tulang seiring menurunnya hormon testosteron pada rentang usia 60-65 tahun.

Proses penurunan kepadatan dan kekuatan tulang ini umumnya terjadi tanpa gejala hingga suatu hari terjadi patah tulang. Inilah yang membuat osteoporosis—kondisi tulang yang lemah dan rapuh akibat penurunan kepadatan tulang—dijuluki sebagai “silent disease”.

Yang mengkhawatirkan, osteoporosis berkontribusi terhadap sekitar 8,9 juta kejadian patah tulang setiap tahunnya, sehingga berpotensi merampas kemandirian dan kebebasan bergerak seseorang.

Sejumlah langkah pencegahan pun terus disosialisasikan untuk menjaga kualitas hidup masyarakat seiring bertambahnya usia.

Sponsored Links

Pencegahan #1: Mulai dengan Nutrisi Lengkap

Salah satu penyebab utama osteoporosis adalah kurangnya nutrisi yang cukup, terutama kalsium, vitamin D, dan protein, yang penting untuk kesehatan tulang. Namun, banyak orang Indonesia tidak mengonsumsi cukup makanan padat gizi seperti produk susu, yang merupakan sumber makanan yang kaya nutrisi.

vegetarian plant based
Makanan dengan nutrisi lengkap (Foto: Pexels)

“Salah satu cara paling efektif untuk mencegah osteoporosis adalah memastikan bahwa kita mendapatkan cukup nutrisi yang mendukung kesehatan tulang kita, seperti kalsium, vitamin D, dan protein. Nutrisi-nutrisi ini membantu tulang kita tetap kuat dan padat dan mencegah mereka kehilangan massa dan struktur. Konsumsi makanan yang beragam secara teratur, hindari merokok dan minuman beralkohol, dan kita dapat melindungi tulang kita dari osteoporosis dan menikmati hidup yang sehat dan aktif,” kata dr. Bagus Putu Putra Suryana, SpPD-KR, Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI).

Pencegahan #2: Olahraga dan Bergerak Aktif Secara Teratur

Olahraga dan bergerak secara aktif dapat meningkatkan fungsi fisik, keseimbangan, fleksibilitas, dan postur tubuh, yang dapat mengurangi risiko jatuh dan cidera. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan massa tulang hingga 40% sehingga mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang

dr. Putra menambahkan, “Dengan melakukan olahraga teratur, kita dapat merangsang tulang kita untuk tumbuh lebih kuat dan padat. Jumlah olahraga yang dibutuhkan untuk mencegah osteoporosis dapat bervariasi tergantung pada usia, kesehatan, dan kepadatan tulang masing-masing individu. Tetapi sebagai panduan umum, individu dapat menggabungkan aktivitas aerobik intensitas sedang seperti berjalan cepat, dengan olahraga resistance seperti naik turun tangga, dan olahraga fleksibilitas seperti yoga dan peregangan.”

olahraga
Olahraga secara rutin (Foto: Pexels)

Pencegahan #3: Mulai Dari Sekarang!

Banyak orang mengira bahwa orang dewasa dan kelompok usia senior tak bisa lagi mencegah osteoporosis. Padahal, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang.

Pertama dan yang paling utama, pastikan asupan kalsium dan vitamin D yang cukup melalui kombinasi makanan dan paparan sinar matahari pagi. Perlu diingat bahwa dengan bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk menyerap gizi dari makanan akan berkurang. Karenanya, orang dewasa dianjurkan untuk mendapatkan tambahan kalsium dan vitamin D melalui konsumsi susu.

Orang dewasa dengan faktor risiko atau yang sudah berusia di atas 65 tahun juga direkomendasikan untuk melakukan skrining kesehatan tulang setidaknya sekali, misalnya melalui uji kepadatan tulang. Seperti namanya, tes ini mengukur tingkat kepadatan dan kekuatan tulang untuk mengetahui kemungkinan terjadinya osteoporosis maupun fraktur.

“Ketahuilah bahwa tidak pernah ada kata terlambat untuk mengadopsi gaya hidup sehat. Hal ini tidak hanya akan membantu mencegah osteoporosis, tetapi juga meningkatkan kesehatan secara umum dan memungkinkan Anda untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri,” tutup dr. Putra.

Kongres Nasional PEROSI

Dalam semangat Hari Osteoporosis Sedunia yang diperingati pada 20 Oktober lalu, Anlene Indonesia mendukung Kongres Nasional PEROSI, yang berjasama dengan Kementerian Kesehatan dan International Osteoporosis Foundation (IOF) diselenggarakan pada 4-5 November 2023 di Jakarta. Konferensi ini mengumpulkan para ahli, dokter, dan peneliti dari berbagai bidang terkait osteoporosis dan kesehatan tulang.

Anlene memberikan workshop kepada dokter di fasilitas pelayanan kesehatan primer (Puskesmas) tentang langkah-langkah pencegahan osteoporosis, seperti skrining dan modifikasi gaya hidup yang relevan dengan masyarakat di wilayah mereka masing-masing. Pemeriksaan di layanan kesehatan primer dan terdekat tentunya diharapkan dapat mendorong lebih banyak kesadaran masyarakat pada bahaya osteoporosis.

“Kami sangat senang bermitra dengan PEROSI dalam acara penting ini. Kami percaya bahwa dengan bekerja sama dengan komunitas tenaga kesehatan, kami dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang osteoporosis dan cara mencegahnya,” kata Riescha Gayatri, Marketing Director Fonterra Brands Indonesia.


[

Visited 3 times, 1 visit(s) today