7 Manfaat Kencur, Menambah Nafsu Makan Hingga Redakan Perut Kembung!

Dalam kuliner khas Indonesia, kencur sudah lama digunakan sebagai salah satu bumbu masakanan dan bahkan menjadi salah satu bahan untuk ramuan minuman herbal, seperti jamu. Tak sekadar penyedap, kencur juga punya khasiat terhadap kesehatan. Apa saja?

Beberapa makanan yang menggunakan kencur sebagai bumbu masak antara lain adalah urap sayur, pecel, karedok, seblak, rempeyek dan nasi goreng. Selain dipakai sebagai bumbu masakan, kencur juga bisa diolah sebagai minuman dan jamu, seperti wedang kencur atau jamu beras kencur, yang diyakini berkhasiat untuk meredakan batuk, melegakan tenggorokan dan meredakan gejala masuk angin.

Sepintas, bentuk kencur yang bernama latin Kaempferia galanga ini mirip dengan jahe dan lengkuas, karena memang masih termasuk satu keluarga dalam jenis tumbuh-tumbuhan. Namun kencur memiliki bentuk yang lebih kecil dibanding jahe. Kulit kencur pun lebih mengkilap, berwarna kecoklatan dan memiliki aroma khas yang segar.

Pada sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Padjajaran, disampaikan bahwa kencur memiliki sifat seperti antijamur, antiinflamasi, dan antibakteri. Ini tak lepas dari kandungan senyawa kimia alami pada kencur, diantaranya adalah:

  • Seng: dikenal juga dengan zinc, yaitu zat gizi mikro dalam tubuh yang berfungsi mendukung kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas.
  • Pati: karbohidrat kompleks yang berfungsi untuk menyimpan kelebihan glukosa.
  • Borneol: senyawa kimia yang bisa berfungsi sebagai pereda rasa sakit, mencegah kuman dan sebagai bahan dasar dalam proses pembentukan minyak atsiri.
  • Mineral: nutrisi mikro yang berperan membantu fungsi tubuh agar berjalan optimal.
  • asam sinamat: senyawa kimia yang biasanya juga terdapat pada kayu kulit dan bisa berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan bakteri.
Sekilas, kencur sangat mirip dengan jahe. Namun kencur memiliki kulit yang lebih mengkilap dan ukuran lebih kecil. (Foto: Pixabay)

Banyaknya senyawa aktif yang dikandung membuat kencur kaya akan manfaat kesehatan, seperti berikut ini:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tubuh kita membutuhkan antioksidan untuk mengusir radikal bebas dan virus berbahaya. Kandungan senyawa aktif pada kencur, seperti flavonoid, polifenol, dan tanin, bersifat antioksidan, yang artinya bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit dan menangkal radikal bebas seperti polusi dan asap rokok.

2. Menyembuhkan perut kembung

Perut kembung memang bukanlah suatu penyakit berbahaya. Namun sensasi perut yang terasa penuh akibat banyaknya gas di dalam perut, membuat kita merasa tidak nyaman. Kamu bisa mengobati perut kembung dengan memakan kencur mentah yang telah dicuci bersih dengan air dan sedikit garam.

Alternatif lain, kamu bisa merebus kencur yang sudah terpotong-potong dengan satu gelas air. Setelah mendidih, diamkan hingga hangat. Minum ramuan ini ketika merasa kembung atau rutin meminum setiap hari untuk mencegah kembung.

3. Obat batuk alami

Kencur telah lama dipercaya dan diakui bisa meredakan batuk. Caranya, cuci bersih kencur lalu parut dan kemudian peras untuk mendapatkan sarinya.

Tambahkan perasan jeruk nipis dan madu pada sari kencur lalu minum 3 kali sehari sampai gejala batuk mereda. Meminum air sari kencur ini bisa memberi efek menghangatkan tenggorokan sehingga memberi rasa nyaman bagi penderita batuk.

Kencur juga dikenal sebagai pereda batuk yang alami. (Foto: Pixabay)

4. Meningkatkan nafsu makan

Masyarakat Indonesia sudah lama percaya kencur bisa meningkatkan nafsu makan. Anak-anak yang sulit makan, biasanya diberi minuman jamu beras kencur untuk meningkatkan nafsu makan mereka. Hal ini tak lain karena kandungan minyak atsiri pada kencur yang bersifat karminatif (meredakan gas dalam perut) yang membantu meningkatkan nafsu makan.

5. Menurunkan kolesterol

Ekstrak etanol yang terkandung dalam kencur diketahui bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kencur juga merangsang fungsi empedu bekerja maksimal, yaitu penyerapan nutrisi dan menghilangkan racun-racun dari dalam tubuh, termasuk kolesterol jahat tadi.

6. Mengobati otot terkilir

Kencur sudah menjadi obat turun-temurun menyembuhkan otot terkilir alias keseleo. Caranya, tumbuk kencur mentah hingga halus atau diparut, lalu campurkan dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Kemudian balurkan ramuan tadi pada otot yang terkilir. Sensasi hangat yang ditimbulkan dari ramuan kencur tadi bisa menenangkan otot yang terkilir.

7. Meredakan flu dan masuk angin

Tumbuk 3 ruas jari kencur segar dan 2 lembar daun kemukus hingga halus. Lalu tambahkan sedikit air hangat kemudian oleskan di sekitar hidung agar baunya bisa terhirup dan melegakan saluran pernapasan.

Kamu juga bisa membungkus ramuan kencur dan daun kemukus tadi dengan sebuah kain bersih, lalu hirup dan dekatkan pada hidung ketika mulai terasa mampat. Ramuan ini bisa digunakan sebagai inhaler alami dan memberi efek menghangatkan tubuh yang sedang masuk angin.

Jadi, jangan sungkan untuk menambahkan kencur sebagai bumbu masakan atau mencobanya sebagai obat herbal ya. Karena selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kencur juga mudah ditemui di pasaran dan harganya pun sangat terjangkau.