Agar Bisa Fokus Saat Meditasi, Ikuti Tips Berikut

Meditasi kian diminati meskipun kadang orang masih kesulitan untuk bisa fokus berkonsentrasi dalam latihannya. Itu sebabnya diperlukan tips khusus agar kamu bisa berlatih meditasi dengan baik.

Diantara ruwet dan bisingnya kehidupan, kita tentu membutuhkan waktu khusus di mana kita dapat beristirahat dan menenangkan diri sejenak dari seluruh hal yang telah terjadi. Salah satu media yang dapat menjadi pilihan kita untuk berelaksasi adalah meditasi.

Selain membantu kita untuk merelaksasikan jiwa dan raga, meditasi juga dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi, meningkatkan kesadaran dengan sekitar, meningkatkan rasa bahagia, dan menurunkan stres.

Namun, melakukan meditasi terkadang terasa sulit karena kita tidak mampu fokus dengan kegiatan meditasi dan masih memikirkan hal lain.

Nah, berikut adalah tips-tips yang bisa dilakukan supaya kita dapat lebih fokus dengan kegiatan meditasi kita:

Meditasi di ruangan yang nyaman

Ruangan yang diperlukan tidaklah harus luas atau di dalam ruangan yang khusus. Meditasi dapat dilakukan di ruangan apapun yang memiliki akses sirkulasi udara yang baik, tidak berisik oleh kebisingan, dan tentunya cukup untuk meletakkan alas atau matras tempat kita bermeditasi. 

Cari target fokus

Kita dapat mencari hal untuk memfokuskan meditasi, contohnya dengan bernapas. Dengan melakukan latihan pernapasan – dengan ritme menarik napas dengan 4 hitungan, menahan dengan 2 hitungan, lalu menghembuskan dengan 8 hitungan selama 3 sampai 5 menit.

Selain pernapasan, kita juga dapat memfokuskan diri dengan suara-suara ataupun objek lain di sekitar.

Cari target untuk fokus (Foto: Pexels)

Duduk dengan postur baik

Meditasi biasanya dilakukan dengan duduk (umumnya bersila, namun tidak wajib) di lantai dengan posisi punggung tegak dan tidak bersandar. Agar lebih nyaman, kita dapat menggunakan bantalan atau matras supaya bisa lebih rileks.

Melakukan peregangan

Dengan melakukan peregangan, kita membuat otot-otot menjadi lebih rileks dan meditasi dapat dilakukan dengan lebih nyaman.

Tidur cukup

Bila kita tidak mendapatkan tidur yang cukup, kita akan menjadi mudah lelah dan susah memfokuskan diri pada kegiatan yang kita lakukan, termasuk meditasi. Kurang tidur dapat membuat kita tertidur di tengah-tengah sesi meditasi.

Mendengarkan musik

Nada-nada mengalun dari musik; terutama musik klasik dan instrumental yang menenangkan, dapat membantu kita untuk menjadi lebih tenang dan fokus ketika bermeditasi.

Menyelesaikan seluruh pekerjaan sebelum meditasi

Menyelesaikan kewajiban dan pekerjaan dapat membantu menghilangkan sebagian beban pikiran kita dan membantu kita untuk lebih fokus dengan meditasi.

Itulah cara-cara supaya kita bisa lebih fokus dengan kegiatan meditasi dan menghasilkan manfaat yang optimal.

Visited 2 times, 1 visit(s) today