Agar Lebih Nyenyak, Lakukan Kebiasaan Baik ini Sebelum Tidur

Tidur adalah bagian penting dari siklus tubuh manusia. Sayangnya, kadang tidur tidak dianggap sebagai hal yang penting dan hanya dianggap sebagai suatu rutinitas biasa saja. Beberapa orang bahkan lebih suka mengurangi waktu tidur dengan alasan susah tidur atau belum mengantuk.

Biasanya sebelum tidur banyak orang yang justru melakukan aktivitas yang salah, seperti minum kafein, main gadget, menonton film hingga makan. Hal-hal ini justru membuat tidur menjadi tidak berkualitas dan bahkan menghilangkan rasa kantuk sehingga waktu tidur menjadi berkurang.

Padahal kurang tidur berdampak buruk bagi kesehatan, seperti memicu obesitas, penuaan dini, hingga susah konsentrasi. Itu sebabnya ada baiknya kamu mencoba melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik menjelang tidur agar tubuh lebih rileks dan tidur kamu juga lebih nyenyak.

Mandi air hangat

Kadang, aktivitas di tempat kerja yang sangat padat dan kemacetan di jalan membuat kamu menghabiskan waktu yang lama di jalan dan baru tiba di rumah pada malam hari. Tentu saja kondisi ini membuat kamu akan merasa sangat lelah. 

Cobalah untuk mandi air hangat sekaligus mempersiapkan diri untuk istirahat. Mandi dengan air hangat akan membuat otot-otot pada tubuh menjadi lebih rileks dan tubuh akan merasa lebih nyaman untuk beristirahat.

Mandi dengan air hangat bisa membuat tubuh lebih rileks (Foto: Freepik)

Berkumur dengan cairan pembersih mulut

Sayangnya kebiasaan yang penting ini sering dilewatkan begitu saja dengan alasan sudah terlanjur mengantuk. Padahal berkumur dengan larutan pembersih mulut atau antiseptik yang mengandung fluoride akan membantu memaksimalkan kesehatan rongga mulut dan gigi.

Kamu bisa melakukannya setelah sikat gigi malam agar kandungan dalam larutan kumur bisa langsung bekerja aktif saat kamu tertidur. Kebiasaan berkumur dengan antiseptik ini ternyata juga tidak hanya menjaga kebersihan mulut tapi juga mencegah gejala gigi sensitif.

Meditasi

Meditasi bisa membuat pikiran lebih tenang dan tubuh lebih rileks. Menurut keterangan dari SehatQ, meditasi bisa membantu tubuh memproduksi hormon melatonin atau hormon tidur, menurunkan tekanan darah dan merangsang bagian otak yang mengatur waktu tidur.

Kalau belum pernah melakukan meditasi sebelumnya, kamu bisa memulainya dengan langkah sederhana, yaitu:

  • Duduk bersila diatas kasur, pejamkan mata dan bernafaslah perlahan.
  • Atur pernafasan dengan menarik nafas dalam dan menghembuskannya perlahan.
  • Konsentrasi dan fokus pada pernafasan, jangan biarkan ada pikiran lain yang mengganggu.
  • Lakukan hal ini selama 3 hingga 5 menit setiap hari sebagai awal. Kamu bisa melanjutkan hingga 15 menit bila sudah terbiasa bermeditasi.

Tidak memainkan gadget

Gadget adalah distraksi paling umum yang sering mengganggu waktu tidur. Kadang, kamu merasa sudah mengantuk namun karena terbiasa memainkan gadget sebelum tidur, maka rasa kantuk jadi hilang meskipun tubuh sudah lelah dan mata sudah terasa perih karena dipaksa menatap layar gadget. Untuk itu kamu harus bisa tegas pada diri sendiri untuk membiasakan diri tidak memainkan gadget menjelang tidur. 

Memainkan gadget jelang tidur akan membuat distraksi (Foto: Xframe)

Baca buku

Membaca buku sebelum tidur adalah kebiasaan yang jauh lebih baik daripada memainkan gadget. Membaca buku bisa membantu pikiran kamu jadi lebih rileks dan pastinya mata kamu juga tidak terpapar radiasi cahaya biru yang bisa merusak mata kalau sedang membaca buku.

Minum air putih

Minum segelas air putih dengan suhu normal 30 menit sebelum tidur akan membantu tubuh lebih rileks saat kamu tidur karena tubuh cukup terhidrasi. Minum air putih juga mencegah kamu terbangun tengah malam karena rasa haus, apalagi kalau kamu tidur di ruangan dengan pendingin yang udaranya cenderung kering. 

Banyak kebiasaan baik yang bisa dilakukan menjelang tidur supaya tidur bisa lebih berkualitas. Kamu bisa memulainya dari hal yang kamu anggap paling mudah dulu untuk kemudian mulai membiasakan diri dengan aktivitas yang lain.

Visited 1 times, 1 visit(s) today