Benarkah Meditasi Bisa Tingkatkan Kreativitas? Ini Penjelasannya

meditasi

Meditasi ternyata tak hanya meredakan stres dan membawa kedamaian hati dan pikiran, tetapi juga meningkatkan kreativitas. Tertarik mencobanya? Berikut tips meditasi agar makin kreatif.

Meditasi adalah praktik yang melibatkan pemusatan atau penjernihan pikiran menggunakan kombinasi teknik mental dan fisik.

Praktik meditasi ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan dipercaya bisa meredakan stres, memberikan kedamaian pikiran, meningkatkan kesadaran dan fokus, serta kesejahteraan mental dan fisik secara keseluruhan.

Hubungan Meditasi dan Kreativitas

Dalam aktivitas sehari-hari, disadari atau tidak, kita membutuhkan kreativitas, entah untuk menjalankan pekerjaan, memecahkan masalah, atau membuat inovasi.

Selama ini, banyak yang meyakini untuk menjadi kreatif dibutuhkan peran otak kanan. Padahal, semua orang memiliki sisi kreatif, yang perlu ditemukan hanya dengan melatih kesadaran dengan meditasi.

Meditasi kesadaran atau mindfulness meditation melatih kita untuk mengakses tempat penuh akal dan kreativitas dalam diri kita. Ketika kita bermeditasi, kita hadir sepenuhnya, terlibat dalam momen saat ini, dan mengamati pikiran, perasaan, dan lingkungan sekitar tanpa menghakimi. 

Dengan meditasi, kita mengalami kondisi arus di mana pikiran tenang dan tidak terganggu sehingga memungkinkan kita melihat lebih jelas apa yang ada di balik pikiran dan perasaan kita. Dan di tempat itulah pemikiran kreatif tumbuh subur.

Secara sederhana, anggaplah pikiran sebagai sebuah danau. Saat sibuk, setiap pikiran berdampak pada permukaan danau, seperti kerikil yang dilemparkan ke dalam danau. Semakin banyak pikiran, semakin banyak riak di permukaan danau. Danau telah kehilangan ketenangannya, pikiran kita tumpang tindih dan banyak riak.

Sementara itu, di bawah permukaan yang beriak, danau tetap menyimpan pemikiran yang kreatif dan penuh inspirasi. Namun hal itu sulit terlihat karena tertutup oleh semua riak permukaan.

Melakukan meditasi dapat menenangkan permukaan dan membantu kita menemukan apa yang ada di baliknya. Saat itulah kreativitas kita ditemukan dan dapat terlihat.

Melatih pikiran dengan meditasi bisa membantu meningkatkan kreativitas dan fokus semakin berkembang.

Dengan pikiran yang teanang, maka kreativitas akan mudah terlihat (Foto: Pexels)

Tips Melakukan Meditasi Agar Makin Kreatif

Posisi dan tempat nyaman

Posisi dan tempat yang nyaman sangat penting untuk melakukan meditasi. Tak harus selalu duduk bersila, kamu juga bisa duduk rileks di lantai sambil menyender dengan kaki selonjoran.

Carilah tempat yang jarang dilewati orang sehingga tak mengganggu sesi meditasi kamu.

Pasang alarm

Durasi meditasi tak perlu lama-lama, cukup 5-10 menit saja. Jika khawatir kebablasan, kamu bisa memasang alarm 5-10 menit. 

Merilekskan tubuh

Di awal, kamu bisa menutup mata atau membiarkan mata tetap terbuka. Kendurkan bahu, napas perlahan lewat hidup lalu keluarkan perlahan. Jika sudah merasa rileks tubuh dan pikiran, kamu bisa mulai menutup mata.

Buang energi negatif

Saat menarik napas, rasakan semua energi positif masuk ke dalam tubuh lewat hidung dan buang semua energi negatif saat menghembuskan napas.

Lakukan semuanya perlahan. Jika pikiran melayang, jangan buru-buru menghakimi tapi kembali fokus pada pernapasan yang perlahan dan tenang.

Akhiri sesi meditasi dengan perlahan

Saat sesi meditasi selesai, buka mata perlahan. Jangan buru-buru berdiri tetapi luangkan waktu sejenak untuk memperhatikan tubuhmu dan bagaimana dampak meditasi pada pikiran dan emosimu.

Untuk mencapai tujuan meditasi agar lebih kreatif, diperlukan jadwal yang konsisten setiap hari. Misalnya lakukan ketika sebelum melakukan pekerjaan, saat istirahat atau di sela-sela pekerjaan. Dengan 5-10 menit meditasi, pikiran akan lebih tenang. Dengan begitu, ide dan pikiran kreatif bisa muncul.