Cuma Kalah Pamor, Padahal Ikan Kembung Lebih Bergizi Dari Salmon

Ikan Sehat

Enggak selamanya barang impor itu lebih bagus dari produk lokal loh. Contohnya aja ikan kembung vs ikan salmon.

Seperti Sahabat Goodlife tahu, ikan salmon paling banyak dan terkenal dari Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Ikan ini juga terkenal karena kandungan gizinya, terutama omega 3 yang tinggi. Omega 3 adalah asam lemak tak jenuh ganda yang bisa memperbaiki kadar lemak tubuh sehingga bisa menjaga kadar kolesterol hingga pada akhirnya bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Omega 3 juga bisa meningkatkan kesehatan mata, tekanan darah tinggi, diabetes hingga melawan peradangan. Jika dikonsumsi ibu hamil, ikan salmon bisa meningkatkan kecerdasan janin. Sayangnya, karena salmon adalah ikan impor, dari segi harga pun terbilang cukup mahal. Untuk ikan salmon segar harga per 200 gramnya saja sekitar Rp. 125.000.

Ikan Salmon
Ikan Kembung Cover

Padahal ada ikan kembung, ikan lokal yang justru kandungan gizi lebih tinggi dibanding salmon. Hanya saja ikan kembung kalah pamor dari ikan salmon. Mungkin karena ikan salmon dijual di pasar modern atau supermarket sementara ikan kembung selain dijual di sana juga banyak dijumpai di pasar tradisional.

Dikutip dari situs Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, omega 3 yang dikandung ikan kembung bahkan dua kali lipat dari salmon.

Sponsored Links

Informasi Gizi Ikan Kembung

Nilai gizi ikan kembung juga lebih tinggi karena mengandung protein, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6, iodine, selenium yang lebih tinggi.

Soal rasa, ikan kembung juga enggak kalah lezat. Berbagai olahan ikan kembung seperti dibumbu kuning, masak woku, balado, atau goreng dengan sambal matah, itu semua pasti menggugah selera.

Karena sangat melimpah di perairan Indonesia, harga ikan kembung pun tak setinggi ikan salmon. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan ikan kembung dari pasar tradisional hingga swalayan. 

Berikut ini manfaat ikan kembung yang enggak terduga.

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Selain tinggi omega 3, ikan kembung juga mengandung omega 6 yang bisa mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

2. Memelihara Kesehatan Tulang

Vitamin D yang terkandung dalam ikan kembung bisa memaksimalkan penyerapan kalsium, mineral yang berfungsi membentuk dan memelihara kesehatan tulang serta gigi.

3. Mengontrol Berat Badan

Omega 3 adalah asam lemak tak jenuh yang bisa berperan aktif dalam memaksimalkan metabolisme tubuh sehingga tidak terjadi penumpukan lemak dan proses pembakaran lemak bisa berjalan lancar.

4. Perkembangan Otak Janin

Kandungan DHA pada daging ikan kembung membantu tumbuh kembang otak janin sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. DHA juga menurunkan risiko gangguan otak seperti Alzheimer dan Parkinson.

5. Menambah Massa Otot

Untuk Sahabat Goodlife yang ingin meningkatkan massa otot, ikan kembung sangat cocok untuk dikonsumsi karena kaya protein. 

Ciri-ciri Ikan Kembung Yang Masih Segar

Untuk menndapat manfaat maksimal dari ikan kembung, sebaiknya pilih yang masih segar. Ciri-ciri ikan kembung yang masih segar antara lain insang berwarna merah cerah, dagingnya elastis, matanya tidak buram tetapi masih hitam, menonjol, dan terlihat jernih.

So, Sahabat Goodlife tren pakai produk lokal enggak cuma urusan baju, tas, sepatu atau kosmetik, aja kan? Untuk ikan juga pilih yang lokal ya, yang gizinya justru lebih tinggi dari ikan impor seperti ikan kembung vs ikan salmon ini.

Visited 37 times, 1 visit(s) today