Daun Kelor, Superfood Lokal Yang Kaya Manfaat

Sahabat Goodlife, tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi saat ini mengharuskan kita untuk selalu menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Beberapa jenis sayuran dan rempah-rempah yang mempunyai khasiat meningkatkan imun tubuh pun semakin dicari. Salah satunya adalah daun kelor. Ya! Daun yang mungkin juga dikenal bisa menyembuhkan orang yang terkena black magicmerupakan salah satu yang masuk ke daftar superfoodpaling dicari karena segudang manfaatnya.

Daun kelor merupakan tanaman dari keluarga Araceae atau jenis talas-talasan berbiji monokotil yang berasal dari India. Negara-negara subtropis seperti India, Afrika, Filipina, dan Indonesia telah memanfaatkan tumbuhan ini untuk pengobatan, kecantikan dan menjaga kesehatan mereka.

Beragam nutrisi yang terkandung dalam kelor diantaranya adalah memiliki keseimbangan vitamin, mineral dan asam amino yang baik. Daun kelor mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk, lebih banyak potasium daripada pisang, dan lebih banyak zat besi daripada bayam. Para peneliti juga mengatakan bahwa komponen daunnya yaitu, polifenol, flavonoid, glukosinolat, dan alkaloid, memiliki efek perlindungan bagi kesehatan jantung, hati, paru-paru, serta ginjal. Ada yang menyebutkan bahwa tumbuhan unik ini memiliki rasa seperti matcha serta aromanya yang mirip dengan teh barley.

Sponsored Links

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

1. Mengurangi Peradangan Saluran Pernapasan

Dalam sebuah percobaan, daun kelor menunjukkan manfaatnya untuk mengurangi inflamasi atau peradangan kronik dalam saluran pernapasan. Gangguan ini biasa terjadi di dalam bronkus yang menyebabkan penyakit asma bronkial.

2. Penurunan Tekanan Darah dan Gula Darah

Daun kelor yang digunakan sebagai obat herbal juga dipercaya dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah pada tubuh.

3. Mendorong Produksi ASI

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI) di masa awal persalinan. Namun hal ini tetap harus dikonsultasikan dengan dokter mengenai kapan waktu terbaik untuk mengkonsumsinya. 

4. Mencegah Masuk Angin

Cara untuk mencegah masuk angin ini adalah dengan berkumur menggunakan daun kelor yang sudah diproses menjadi sebuah teh.

Produk Daun Kelor Siap Saji

Daun kelor dapat menghasilkan beberapa produk yang dapat dipakai dan dikonsumsi. Bagian daun dan bunga digunakan sebagai pembuatan teh. Sedangkan bagian bijinya digunakan untuk pembuatan minyak, kosmetik, dan parfum. Sekarang ini produk daun kelor juga sudah banyak ditemukan dalam bentuk bubuk yang memudahkan kita dalam penyajian. Berikut Goodlife coba rangkum beberapa rekomendasi produk yang menjual daun kelor alias moringa dalam bentuk bubuk.

1. Herbilogy

Foto: Herbilogy.com

Herbilogy mengeluarkan varian daun kelor dalam bentuk powder, jadi kamu bisa lebih mudah mengonsumsinya. Tinggal campur 1 sendok powder ke dalam secangkir air. Gak perlu khawatir soal mengendap di badan, karena extract powder-nya larut sempurna. Btw, di website Herbilogy menyediakan resep-resep menggunakan powder yang bisa kamu coba loh.

Harga: Rp. 93.500 (100g)

Website: Herbilogy

2. Timurasa

Foto: timurasa.com

Brand yang mempunyai motto “from jungle to table” ini menjual produk lokal Indonesia dalam berbagai bentuk seperti powder, cookies, chips dll. Untuk produk daun kelor, mereka menyajikan dalam bentuk powder berukuran 60g dan 500g. Website Timurasa pun juga menyediakan informasi resep-resep serta rekomendasi penggunaan powder ini seperti untuk taburan di atas salad, telur, oatmeal dan sebagainya.

Harga: Rp. 25.000 (60g), Rp. 88.000 (500g)

Website: Timurasa

3. Javara

Moringa Javara
Foto : Instagram@javaraindonesia

Brand yang terinspirasi dari petani lokal dan pengrajin makanan ini juga mempunyai produk-produk organik dalam bentuk snack, powder, oil, noodles, dll. Daun kelor hadir dalam bentuk powder berukuran 50g. Website Javara pun juga menyajikan berbagai macam resep yang bisa kamu coba. Bahkan beberapa waktu lalu Javara mengadakan workshop, dimana mereka mencoba membuat tempe dengan campuran daun kelor powder. Wah, double sehat ya.

Harga: Rp. 45.000 (50g)

Website: Javara

Sahabat Goodlife perlu kamu garis bawahi, disamping memiliki beragam manfaat, daun kelor memiliki efek samping apabila dimanfaatkan dengan cara yang salah. Meskipun ini adalah tanaman herbal yang tidak mengandung bahan kimia, kita tetap harus juga mengkonsultasikannya dengan dokter atau praktisi kesehatan. Apalagi jika dikonsumsi oleh ibu hamil dan wanita menyusui.

Stay healthy, keep healthy~