Punya Sepeda Element, Untuk Gaya Hidup Bersepeda dan Gaya Hidup Cinta Produk Indonesia

Element

Halo Sahabat Goodlife, tahukah kamu tentang Element Bike Indonesia atau Element? Ini adalah brand sepeda buatan Indonesia yang kini sedang naik daun, lho! Masyarakat penggemar sepeda banyak yang memakai brand ini, bahkan sampai Presiden Jokowi. Kegemaran bersepeda yang terus menerus menggiat, membuat Element melakukan berbagai inovasi untuk mempertahankan minat orang Indonesia untuk terus menerus melakukan kegiatan yang menyehatkan ini.

Nilai-nilai Positif Bersepeda

Tria Permana, Senior Creative Element Bike Indonesia menyebutkan nilai-nilai positif bersepeda. “Pertama, bersepeda merupakan kegiatan yang membuat orang mempraktikkan pola hidup sehat. Kedua, bersepeda itu menjaga udara milik kita bersama ini jadi tetap bersih, dan yang ketiga, mengurangi beban pemerintah mengatasi kemacetan jalan raya,” ujar Tria.

Tanpa ragu kemudian Tria menyebutkan juga bahwa ketiga hal positif bersepeda ini menjadi visi dan misi perusahaannya dalam menjalankan kegiatannya. Tria menambahkan nilai positif itu dengan visi untuk menumbuhkan minat masyarakat terhadap olahraga bersepeda. Tentu saja ini berhubungan dengan nilai-nilai positif bersepeda seperti disebut di atas.

Melonjak di Masa Pandemi

Sebuah fakta dikemukakan Tria, di masa pandemi Covid-19 ini, omset sepeda Element melonjak sangat tinggi. Bahkan salah satu sepeda lipat dari Element Bike Indonesia memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) untuk penjualan sepeda lipat terbanyak dalam waktu satu menit (menjual 200 unit dalam waktu 40 detik). Sepeda lipat itu adalah Element Troy 10sp Chromoly Bike to Work Edition, yang merupakan kolaborasi Element dengan komunitas Bike to Work Indonesia, pada Agustus 2020 ini.

Element Troy Bike to Work
Element Troy Bike to Work Edition (Foto: Element Bike Indonesia)
Element Troy Bike to Work
Element Troy Bike to Work Edition dilipat (Foto: Element Bike Indonesia)

Mengapa masa pandemi malah meningkatkan penjualan sepeda Element? Menurut Tria, hal ini terjadi karena di masa pandemi ini masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kebugaran tubuh, yang bisa meningkatkan imunitas dan akhirnya tidak mudah tertular berbagai virus termasuk Virus Corona. Masyarakat mengupayakannya dengan bersepeda. Di samping itu sepeda sebagai moda transportasi alternatif yang terbukti fleksibel untuk menerapkan jaga jarak fisik (physical distancing).

Cintai Produk Indonesia

Meskipun penjualan sepeda menjadi laku seperti kacang goreng, namun tidak sembarang sepeda. Khusus Element, perannya sebagai brand sepeda asli buatan Indonesia patut diacungi jempol. Brand sepeda Element yang berdiri sejak 2008 ini terus menerus melakukan upaya peningkatan kualitas produknya. Terbukti, brand ini yang semula mengimpor sepeda dari luar negeri, pada 2014 mulai memproduksi sepeda sendiri, bahkan di tahun 2018 yang tadinya menyewa pabrik di Tangerang, saat itu sudah punya pabrik sendiri di Kendal (dekat Semarang), Jawa Tengah, untuk memenuhi tuntutan pasar.

“Sepeda kami memang tidak 100% produksi Indonesia, beberapa komponennya masih impor dari luar negeri, seperti untuk rem, speed dan lain-lain. Ini kami lakukan untuk menjaga kualitas produk sepeda kami agar tetap unggul, dan jumlah komponen impornya itu hanya 10% dari seluruh komponen yang diperlukan untuk memproduksi sepeda.”

Element
Foto: Instagram@@elementbikeid

Kolaborasi Adalah Salah Satu Kunci Keberhasilan

Kegiatan Element tidak semata-mata memproduksi sepeda dan menjualnya, kata Tria, “Kita juga mendukung komunitas dan event-event bersepeda. Tujuannya adalah untuk meningkatkan branding kami yang kami sebut dengan kolaborasi.”

Beberapa event besar yang dikatakan Tria dilakukan oleh Element merupakan hasil kolaborasi dengan brand lokal Indonesia lainnya seperti Damn! I Love Indonesia yang erat kaitannya dengan VJ Daniel (Daniel Mananta), serta Filosofi Kopiyang erat kaitannya dengan Chico Jeriko, dan Rio Dewanto. Element juga secara periodik mengeluarkan produk yang dikaitkan dengan brand lain seperti seri Disney, Pixar, Marvel, dan Bike to Work Indonesia. Belum lagi kegiatan-kegiatan lain yang berlangsung tiada henti yang menggandeng komunitas sepeda di Indonesia yang jumlahnya cukup banyak.

Element Damn! I Love Indonesia
Kolaborasi dengan Damn! I Love Indonesia (Foto: Element Bike Indonesia)

Sepeda Lipat yang Unggul

Sekarang ini, sepeda lipat boleh dibilang yang paling unggul dari seluruh produk Element. Penjualannya melonjak tinggi sekali terutama di kota-kota besar, seperti Jakarta, dimana transportasi umum seperti Commuter Line, dan MRT memungkinkan penumpang memasukkan sepeda lipatnya masuk ke dalam gerbong, lalu melanjutkan perjalanannya lagi dengan menggowes sepeda dari stasiun.

Element
Foto: Instagram@@elementbikeid

Namun bukan berarti sepeda jenis lain tidak diminati. “Oleh karena itu kami juga tetap memasarkan sepeda jenis lain seperti mountain bike, road bike, kids bike, BMX, skuter, push bike (sepeda anak-anak yang tidak digowes), dan lain-lain,” kata Tria.

Jenis-jenis sepeda ini dengan penggemarnya masing-masing bisanya punya komunitasnya. “Komunitas inilah yang selalu kami dukung untuk penyelenggaraan berbagai event-eventmereka,” ungkap Tria.

Kalau Sahabat Goodlife mau punya sepeda Element, Sahabat Goodlife bisa mendapatkannya dengan mudah, yaitu beli secara online di platform penjualan online apa saja, atau bisa juga membeli langsung di dealernya. Daftar dealer tersebut bisa kamu dapatkan di websitenya www.elementmtb.com lalu klik dealer. Bisa juga masuk ke akun Instagram @elementbikeid untuk melihat-lihat produk dan kegiatan terbaru dari Element. (Tjatursari Oetoro)