Gak Kalah Lezat dari Paket BTS Meal, Ini Nugget Plant-Based yang Lebih Sehat

Selain rasanya yang lezat, nugget ayam memang mudah dimasak dan cukup banyak dijual di beberapa rumah makan. Itu sebabnya nugget ayam cukup populer sebagai makanan sehari-hari dan masih segar dalam ingatan kita bagaimana salah satu gerai makanan cepat saji di Indonesia dipenuhi para penggemar K-Pop BTS untuk mendapatkan paket BTS Meal dimana 9 potong nugget ayam menjadi menu utamanya.

Sayangnya, mungkin tidak banyak yang memperhatikan kandungan kalori dalam paket makanan tersebut yang terdiri dari nugget ayam, kentang goreng, dan minuman soda. Dikutip dari situs mcdonalds.com, dalam 9 potong nugget ayam saja mengandung 378 kalori. Belum lagi ditambah dengan kalori dari menu lainnya dalam paket tersebut, seperti:

  • Kentang goreng ukuran sedang = 320 kalori
  • Minuman bersoda ukuran sedang = 210 kalori
  • Saus sweet chilli = 50 kalori
  • Cajun sauce = 140 kalori

Sehingga total kalori dari menu tersebut mencapai 1.098 kalori.

Paket BTS Meal dengan nugget ayam. (Foto: IG @mcdonaldsid)

Jumlah ini tentu bukan angka pasti karena mungkin ada perbedaan kandungan gizi antara produk luar dan Indonesia. Namun yang harus disoroti adalah kandungan kalorinya yang tinggi untuk satu kali makan, mengingat kebutuhan kalori remaja dan dewasa adalah 1.400 – 3.200 kalori per hari.

Seperti diketahui, kelebihan kalori berdampak kenaikan berat badan. Apalagi, makanan cepat saji seperti nugget ini, cenderung tinggi karbohidrat, lemak, gula, dan garam tambahan.

Nah, untuk kamu pelaku gaya hidup sehat atau yang mulai mencoba memperhatikan asupan makanan yang lebih sehat untuk tubuh, bisa mencoba nugget berbahan tumbuhan atau nabati berikut ini. Untuk rasa, gak kalah lezat dan terpenting lebih sehat untuk tubuh.

1. Nugget tempe dan tahu

Bukan rahasia lagi jika tempe dan tahu dikenal sebagai makanan sehat dan penuh gizi. Bagaimana jika tahu dan tempe dibuat nugget? Wah ternyata gak kalah enak lho. 

Seperti nugget tahu tempe dari Nugteta yang terbuat dari campuran tempe dan tahu, tanpa daging dan pengawet. Rasa gurihnya berasal dari daun bawang yang dihaluskan bersama bahan-bahan lainnya.

Dengan bahan-bahan tadi, nugget tempe dan tahu dari Nugteta lebih rendah lemak dan kolesterol. Pilihan yang tepat buat kamu yang sedang diet atau mengurangi makanan produk hewani.

  • Harga mulai Rp 25 ribuan
  • Instagram: @nugteta.id
  • Whatsapp: 0895-1378-7910
Nugget dari tempe dan tahu juga tak kalah lezat. (Foto: IG @nugteta.id)

2. Nugget jamur

Jamur sudah terkenal sebagai bahan pengganti daging hewani dan menjadi favorit para pelaku diet vegan. Jamur juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang sehat, salah satunya nugget jamur.

Nugget jamur dari Meatless Kingdom ini memiliki rasa yang gak jauh berbeda dari nugget ayam yang ada di pasaran. Namun tentu jauh lebih sehat karena terbuat dari 100% jamur tiram segar. Bahan aktif yang terdapat dalam jamur tiram dapat merangsang makrofrag bekerja lebih aktif. Makrofrag adalah salah satu bagian dari sel darah putih yang bertugas untuk melawan virus, bakteri, dan mikroorganisme dalam tubuh.

Selain terbuat dari jamur, nugget dari Meatless Kingdom ini juga tanpa pengawet dan penguat rasa tambahan. Jadi pasti lebih sehat.

Nugget dari jamur yang merupakan produk dari Meatless Kingdom. (Foto: IG @meatlesskingdom)

3. Nugget sayur

Aneka sayuran juga bisa dipakai sebagai bahan untuk membuat nugget, seperti bayam, wortel, atau brokoli. Seperti homemade nugget dari Nyit Nyit Kitchen ini. Berbagai sayuran dijadikan sebagai varian nugget, seperti nugget bayam, brokoli, wortel, nugget mix bayam wortel, bayam brokoli, atau wortel brokoli.

Oleh karena terbuat dari sayuran segar, pembelian nugget sayuran ini menggunakan sistem pre-order (PO) untuk menjaga kualitas kesegarannya. Selain berbahan sayuran, nugget ini juga bebas pengawet, penyedap dan perasa buatan.

  • Harga: mulai Rp 20 ribu
  • Instagram: @loemientoe
  • Whatsapp: 0857-5405-8000
Nugget dari Nyit Nyit Kitchen yang menggunakan sayuran sebagai bahan dasar. (Foto: IG @loemientoe)

Nah,  kalau sekarang ada nugget yang gak kalah lezat tapi lebih sehat, kenapa gak memilih yang lebih sehat? Setuju kan Sahabat Goodlife?

Visited 17 times, 1 visit(s) today