4 Restoran Fast Food ini Punya Burger Plant-Based, Lezat dan Lebih Sehat

plant based burger

Menu-menu makanan di restoran fast food sering kali gak cocok dengan selera pecinta hidup sehat. Namun kini, seiring dengan semakin tingginya kesadaran untuk konsumsi makanan sehat, beberapa restoran fast food pun menambahkan menu burger plant-based ke dalam daftar makanan mereka.

1. Starbucks

Starbucks menyediakan 3 menu baru berbahan nabati dengan protein dari kedelai dan jamur. Tiga menu berbahan nabati itu adalah Plant Based Sloppy Joe Sandwich, Plant Based Wellington Pocket, dan Plant Based Patty Focaccia Bread.

Patty yang mereka gunakan dalam ketiga menu tersebut berbahan utama jamur yang disajikan dengan saus khas Starbucks, tumis jamur, caramelized onions, bayam, dan taburan daun peterseli.

Selain patty plant-based, Starbucks juga menyediakan susu almond sebagai pelengkap sempurna untuk minuman panas, es, atau Frappuccino dengan rasa manis yang lembut seperti kacang.

  • Harga: Rp. 42 ribu (Plant Based Patty Focaccia Bread, Plant Based Wellington Pocket), Rp.  52 ribu (Plant Based Sloppy Joe Sandwich)
  • Instagram: @starbucksindonesia
  • Bisa dibeli di 57 gerai tertentu di Jabodetabek dan Bali
Plant Based Patty Focaccia Bread. (Foto: IG @starbucksindonesia)

2. Burger King

Burger King juga mengeluarkan menu plant-based bernama Plant Based Whopper. Berkolaborasi dengan Unilever Food Solutions (UFS), Burger King menghadirkan Whopper dengan patty nabati, produk dari inovasi terbaru UFS.

Daging patty Plant Based Whopper ini terbuat dari kedelai yang diproses dengan teknik khusus sehingga menghasilkan tekstur dan rasa yang hampir serupa dengan patty dari daging hewani. Selain patty nabati, Plant Based Whopper ini juga hanya menggunakan bahan-bahan alami tanpa pewarna sintetis dan penguat rasa.

  • Harga a la carte: Rp. 32 ribu (Plant Based Whopper Jr), Rp. 55 ribu (Plant Based Whopper)
  • Harga paket: Rp. 55 ribu (Plant Based Whopper Jr, kentang goreng regular, minuman regular), Rp. 73 ribu (Plant Based Whopper, kentang goreng regular, minuman regular)
  • Instagram: @burgerking.id
  • Bisa dibeli di gerai Jabodetabek mulai 7 Mei 2021, disusul gerai di kota-kota lain mulai Juni 2021.
Plant Based Whopper. (Foto: burgerking.co.jp)

3. Johnny Rockets Indonesia

Restoran fast food yang juga menyediakan burger nabati di Bali adalah Johnny Rockets dengan nama Veggie Burger. Rasa patty yang terbuat dari 100% vegan organik ini berpadu dengan caramelized onion, selada, tomat, acar dan mustard di dalam roti gandum. Pilihan sempurna untuk pecinta hidup sehat.

Veggie Burger Johnny Rockets. (Foto: IG @johnnyrocketsindonesia)

4. A&W

A&W juga punya menu ramah lingkungan untuk pecinta hidup sehat, yaitu Veggie Burger menggunakan patty yang terbuat dari sayuran seperti jagung dan kacang-kacangan yang dimodifikasi supaya terasa seperti daging. Bekerja sama dengan Beyond Meat, patty Veggie Burger yang mirip katsu ini tetap memberikan cita rasa hewani pada umumnya namun dengan tekstur yang lebih lembut.

  • Harga: Rp 36 ribu
  • Instagram: @awrestoranid
  • Bisa dibeli di semua gerai A&W di Indonesia
Veggie Burger A&W. (Foto: Twitter @A&Windonesia)

Visited 51 times, 1 visit(s) today