Hammam, Spa Ala Turki yang Punya Banyak Manfaat Buat Kesehatan

spa

Spa sering jadi pilihan untuk melepas lelah atau meredakan pegal-pegal pada tubuh. Ada bermacam jenis spa yang difavoritkan banyak orang. Salah satunya adalah spa Hammam ala Turki.

Turki memiliki tradisi mandi di pemandian umum sejak abad ke-5 yang disebut sebagai “Hammam” yang juga memiliki arti “rumah pemandian”.

Saat ini, Hammam Turki dikenal sebagai spa mandi uap yang lebih berfokus pada airnya daripada uapnya. Sebenarnya ada juga Hammam Maroko yang perbedaannya hanya terletak pada penggunaan uap panas sebagai terapinya.

Hamam memiliki manfaat yang baik selain memberikan rasa relaksasi serta kenyamanan, seperti berikut ini:

Merelaksasikan Badan dan Pikiran

Uap air hangat yang dihasilkan dari air panas ketika kamu berendam di Hammam dapat memicu pelepasan hormon endorfin dalam tubuh yang mampu meningkatkan mood. Disamping itu, pijatan yang diberikan oleh terapis dapat merelaksasikan otot dan mengurangi stres secara bersamaan.

Membersihkan Kulit

Berkat penggunaan sabun alami yang terbuat dari minyak zaitun atau minyak kelapa serta proses exfoliation menggunakan sarung tangan khusus untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari tubuh, spa hammam dapat memberikan pembersihan kulit secara menyeluruh. Proses ini membantu pembersihan pori-pori, mengurangi jerawat, serta membuat kulit terasa lebih halus dan bercahaya.

Usapkan hand balm pada kulit tangan kamu
Hammam juga berguna untuk membersihkan kulit (Foto: pexels)

Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh

Ketika tubuh berkeringat saat di berada di area Hammam yang panas dan penuh uap panas, zat-zat beracun dari dalam tubuh ikut dikeluarkan bersamaan dengan keringat dari pori-pori kulit yang terbuka. Dengan begitu, tubuh dapat merasa lebih segar setelah melakukan sesi spa.

Melancarkan Peredaran Darah

Uap panas di area Hammam dapat membuat pembuluh darah dalam tubuh melebar dan melancarkan peredaran darah. Karena itu, hammam dapat memperbaiki fungsi jantung, mencegah tekanan darah tinggi, serta melancarkan pertukaran oksigen dalam sel tubuh yang dapat menyegarkan dan memberikan energi pada tubuh setelah sesi.

Melancarkan Pernapasan

Uap hangat yang dihirup ketika melakukan sesi hammam dapat membantu mengeluarkan lendir yang terperangkap di saluran pernapasan dengan cara mengencerkannya. Hal ini berguna bagi orang-orang yang memiliki alergi, asma, ataupun pilek.

Itulah manfaat spa hammam untuk kesehatan tubuh yang bisa didapatkan dalam sesinya. Jika memiliki kesempatan, kamu bisa mencoba spa ini untuk menikmati manfaatnya.

Visited 4 times, 1 visit(s) today