Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Olahraga Kardio

olahraga

Olahraga kardio banyak dilakukan untuk tujuan menurunkan berat badan, karena gerakan dari olahraga ini dianggap mampu menghancurkan lemak dengan cepat. Tapi sebetulnya olahraga kardio tidak sebatas itu saja tujuannya.

Yang dimaksud dengan olahraga kardio atau kardiovaskular adalah olahraga yang melatih atau bisa meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru. Itu sebabnya saat berolahraga kardio, organ pernapasan kamu akan dipacu untuk bernapas lebih dalam. Begitu juga dengan jantung yang akan berdetak lebih cepat.

Aktivitas kardio juga akan meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan membantu tubuh memanfaatkan oksigen lebih maksimal. Sederhananya, pada saat kamu berolahraga, jantung dan paru-paru dipacu untuk mengirimkan oksigen dalam jumlah besar ke seluruh tubuh. Itu sebabnya dengan melakukan olahraga kardio secara rutin, kamu akan merasa lebih segar dan tidak mudah lelah.

sepatu
Olahraga kardio bisa menjaga kesehatan jantung dan paru-paru (Foto: Pexels)

Lalu, apa saja yang bisa disebut sebagai olahraga kardio? Kamu bisa melakukan olahraga kardio dengan cara sederhana dan bahkan dilakukan di rumah sendiri. Beberapa contohnya adalah:

Lompat tali

Disebut juga dengan skipping, olahraga lompat tali bisa kamu lakukan di rumah dengan menggunakan tali khusus yang dirancang untuk skipping. Lakukan olahraga ini secara rutin selama sekitar 20 menit sehari untuk membakar sekitar 270 kalori.

Jogging di tempat

Kalau tidak sempat jogging ke luar rumah atau karena di luar sedang hujan, kamu bisa juga melakukan jogging di dalam rumah. Pilih ruangan yang memiliki ventilasi udara yang cukup lancar dan lakukan gerakan seperti lari di tempat selama 45 detik. Setelah itu kamu bisa istirahat 30 detik sebelum melakukannya kembali. Lakukan aktivitas ini sampai 3 kali.

Jumping jack

Ini adalah olahraga yang cukup menyenangkan, karena kamu bisa melakukannya tanpa peralatan apapun. Cukup berdiri dengan tegak lalu lompat sambil membuka kedua kaki ke samping dan di saat yang sama angkat tangan sampai posisi diatas kepala. Lakukan ini berulang-ulang selama 45 detik. Istirahat selama 30 detik dan kemudian ulangi lagi. Lakukan jumping jack hingga 3 kali dalam 1 sesi latihan.

Sponsored Links

Rajin Kardio, Apa sih Manfaatnya?

Jaga kadar gula darah

Olahraga kardio ternyata berhubungan dengan stabilnya kadar gula darah. Kalau dilakukan secara rutin, olahraga kardio bisa mencegah terjadinya diabetes tipe-2, yaitu kondisi dimana kadar gula darah melebihi batas normal akibat resistensi insulin. Gerakan teratur yang ditimbulkan dari olahraga kardio diketahui bisa menurunkan resistensi terhadap insulin.

diabetes puasa
Olahraga kardio bisa cegah diabetes (Foto: Pexels)

Menjaga sistem imun

Nah, saat mulainya pandemi dan bahkan sampai sekarang, kepedulian akan sistem imun semakin meningkat, dengan rutin olahraga kardio, kamu juga bisa membantu meningkatkan sistem imun.

Pasalnya, olahraga kardio ternyata juga diketahui bisa menurunkan stress secara signifikan. Dengan turunnya tingkat stress, maka tubuh juga terbantu untuk menjaga sistem imun karena stress bisa memicu turunnya sistem imun.

Menjaga kesehatan otot jantung

Penyakit jantung kini semakin banyak menyerang kelompok usia muda. Dengan rutin olahraga kardio kamu bisa mencegahnya. Saat melakukan olahraga kardio, jantung akan dipacu untuk bekerja dengan cepat dan saat itu juga otot-otot jantung menjadi lebih terlatih dan kuat. 

Namun, perhatikan kemampuan kamu saat berolahraga. Artinya, jangan memaksakan kemampuan kamu meskipun kamu sudah merasa lelah.

Bikin tidur lebih berkualitas

Insomnia atau kondisi dimana kamu mengalami gangguan waktu tidur adalah penyakit yang banyak diderita saat ini terutama yang tinggal di kota-kota besar dan di usia produktif. Tekanan dan kesibukan setiap hari mengakibatkan stress yang salah satunya memicu gangguan tidur.

Dengan rajin olahraga kardio, berarti kamu juga membuat darah yang membawa oksigen jadi semakin lancar mengalir ke seluruh tubuh. Lancarnya asupan oksigen termasuk ke otak akan membuat kamu lebih nyaman dan otak juga bisa lebih baik dalam mengatur waktu tidur kamu.

tidur
Rutin kardio bisa bantu tingkatkan kualitas tidur (Foto: Pexels)

Tapi usahakan melakukan olahraga kardio tidak terlalu dekat dengan waktu tidur karena justru akan membuat kamu segar bugar dan tidak mengantuk. Lakukan sebaiknya sekitar 2 jam sebelum waktu tidur kamu.

Sebetulnya, olahraga kardio termasuk olahraga yang sangat sederhana, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Jadi rasanya tidak ada alasan untuk malas berolahraga, karena olahraga kardio ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Visited 5 times, 1 visit(s) today