Jeda, Sebuah Renungan Sarat Makna

Acuan Hidup

Dimas Aji (Acuan Hidup)

Pasti banyak dari kalian semua yang pernah mendengar tembang legendaris berjudul “Hey Jude” dari band yang legendaris pula, The Beatles. Salah satu lirik yang menarik dari lagu ini adalah “Don’t Carry The World Upon Your Shoulder.”

Betul juga ya, kenapa kita harus selalu menanggung beban dengan terus berusaha menyelesaikannya segala halnya sendiri dan tanpa berhenti? Ada waktu ketika dimana kita membutuhkan bantuan orang lain. Di saat kita merasa lelah dan percaya untuk meminta bantuan orang lain untuk membantu kita kenapa tidak mulai berpikir mengambil jeda sementara dari hiruk pikuk kesibukan kita?

Bak seekor banteng matador yang bertarung 5 ronde dalam 1 minggu pasti akan rubuh juga, sekuat-kuatnya banteng tersebut tetap saja perlu mengisi tenaga untuk pertandingan besar lainnya. Sama halnya kita sebagai manusia yang memiliki dinamika kehidupan yang lebih kompleks dan tidak hanya memerlukan tenaga untuk mengarunginya namun juga pikiran yang segar.

Jeda Sejenak Untuk Kualitas Hidup Lebih Baik

Untuk bisa mengembalikan kesegaran pikiran dan tenaga maka manusia perlu untuk mengambil satu waktu untuk beristirahat dari kegiatannya. Manusia perlu melakukan jeda sejenak bukan sekedar hanya untuk berhenti sejenak tapi juga untuk mengevaluasi diri dan berefleksi. Jeda juga merupakan sebuah proses kontemplasi sarat makna, dengan melakukan jeda sejenak kita akan bisa mulai berpikir langkah apa yang telah kita lakukan selama ini dan belum berjalan dengan baik dan langkah ideal apa yang bisa kita ambil berikutnya. 

Jika kita lihat kedua alasan tersebut diatas kita bisa melihat disaat jeda itu beristirahat di satu sisi kita melakukan sebuah refleksi. Artinya jeda bukan berarti diam dan diam tidak selalu berarti jeda, untuk memberikan jeda dalam hidup diperlukan sinergi dari sebuah keheningan dan penggalian diri tanpa terbawa oleh pikiran-pikiran yang muncul dalam kata lain biasa disebut dengan “mindfulness”.

Sahabat Goodlife! Maka dari itu penting sekali kita mengambil jeda sejenak di tengah rutinitas kita untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik serta menumbuhkan semangat juang yang ideal sesuai dengan objektif kehidupan masing-masing.

Untuk itu Sahabat Goodlife bisa mencoba meluangkan waktu paling tidak satu jam sebelum tidur untuk berjeda sejenak, masuk dalam keheningan kontemplasi kalian dan mengevaluasi diri.