Konsumsi Wagyu yang Lezat, Apa Saja Manfaatnya Buat Kesehatan?

wagyu shabu-shabu

Daging sapi wagyu kian populer sebagai salah satu makanan favorit. Daging yang berasal dari jenis sapi wagyu di Jepang ini memang berbeda dari daging sapi biasa, baik dari soal rasa maupun harga dan kandungan nutrisinya.

Para penggemar kuliner berbasis daging sapi di Jakarta bisa menikmati kelezatan daging wagyu asli dari Jepang di Shaburi & Kintan Buffet dan Yakiniku Like dalam Japanese Wagyu Promotion yang berlangsung mulai 25 Maret 2021.

Promosi terbatas ini akan menghadirkan daging sapi wagyu bersertifikat halal dari jenis Awa gyu atau dikenal juga dengan Japanese Black. Jenis wagyu ini berasal dari Tokushima dan memiliki rank hingga rank A5 (kualitas tertinggi daging sapi wagyu Jepang).

wagyu
Sapi wagyu Japanese Black

Sebutan ‘wagyu’ sendiri berasal dari kata ‘wa’ yang artinya Jepang dan kata ‘gyu’ yang artinya sapi. Jadi, pengertian daging sapi wagyu adalah daging sapi yang berasal dari sapi wagyu yang dilahirkan dan dibudidayakan di Jepang. Salah satu keistimewaan daging wagyu adalah tekstur lembutnya yang disebabkan oleh lapisan lemaknya yang lebih banyak dan tersebar merata. Hal ini dikenal juga dengan sebutan ‘sashi’ atau ‘bunga es.’

Daging sapi wagyu juga identik dengan harga yang lebih mahal dan rasa yang lebih lezat berkat perlakuan istimewa yang diterapkan pada sapi wagyu selama proses budidaya. Namun tak banyak orang yang memperhatikan kandungan nutrisinya. Dengan lapisan lemaknya yang terlihat lebih banyak, bagaimana sebaiknya kita mengkonsumsi daging sapi wagyu?

Theodosia Dwita Natalia dan Kezia Natasha, Spv. Asuhan Gizi Rumah Sakit St. Carolus Jakarta berbagi informasi seputar konsumsi daging sapi wagyu kepada Goodlife.

Kandungan Gizi Wagyu

Selain rasanya yang lebih lezat dan teksturnya yang juicy, menurut Kezia, daging sapi wagyu juga punya kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah rinciannya dalam ukuran 1 porsi (sekitar 113 gram):

  • Energi 280 kkal
  • Lemak total 20 gram
    • Lemak jenuh 8 gram
    • Lemak tak jenuh 12 gram
  • Protein 22 gram
  • Natrium 600 miligram
  • Zat besi 2 miligram

“Untuk proteinnya saja dalam 1 porsi daging sapi wagyu itu sudah ada 22 gram,” jelas Kezia. 

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menetapkan bahwa kebutuhan harian protein untuk pria adalah sebesar 62 hingga 66 gram dan untuk wanita sebesar 56 hingga 59 gram.

“Artinya kita sudah dapat sekitar 36% dari kebutuhan protein harian kita,” tambah Keiza.

Lalu, sepintas daging sapi wagyu juga terlihat lebih banyak mengandung lemak dan tersebar di seluruh potongan daging. Apakah ini berbahaya bagi kesehatan?

Ternyata kandungan lemak pada daging sapi wagyu yang mencapai 20 gram dalam 1 porsi sebetulnya sama sekali bukan ancaman bagi kesehatan. Ini karena kandungan asam lemak tak jenuhnya sendiri yang mencapai 12 gram dalam 1 porsinya. Perbandingan ini cukup jauh bila dibandingkan daging sapi biasa yang asam lemak tak jenuhnya hanya mencapai 7,5 gram saja.

“Jumlah lemak tak jenuh yang sampai 12 gram ini tidak mengganggu kesehatan dan justru ini mudah diserap oleh tubuh,” jelas Keiza. “Lemak totalnya juga mencapai 20 gram dalam 1 porsi dan kebutuhan lemak kita dalam sehari adalah 67 gram. Tentu ini cukup banyak membantu kebutuhan lemak kita,” tambahnya.

wagyu yakiniku dan shabu-shabu
Japanese wagyu promotion di Shaburi & Kintan (Foto: Dining Innovation)

Konsumsi Daging Wagyu, Bagaimana Sebaiknya?

Disamping kandungan gizi yang tinggi, Kezia juga menyarankan untuk tetap berhati-hati dalam mengolah daging sapi wagyu. “Sebaiknya tidak dimasak dengan digoreng karena kandungan lemaknya sudah tinggi dan hindari juga untuk dimasak dengan santan,” terang Keiza.

Sementara Theodosia juga mengingatkan pentingnya sayuran untuk mendampingi makan daging sapi wagyu. Serat dalam sayuran dinilai sangat membantu untuk mengontrol jumlah makanan agar tidak berlebih saat menyantap daging dan bisa menarik kadar kolesterol yang ada dalam darah. 

Nah, Sahabat Goodlife yang penasaran ingin mencoba kelezatan daging sapi wagyu, jangan lupa untuk mendatangi outlet Shaburi & Kintan Buffet (Pacific Place dan Senayan City) dan Yakiniku Like (Grand Indonesia, Lippo Puri Mall dan Mall of Indonesia) mulai 25 Maret 2021 untuk menikmati langsung daging sapi wagyu asli dari Jepang yang bersertifikat halal.

Di Shaburi & Kintan Buffet, Sahabat Goodlife bisa mendapatkan “1 plate daging wagyu gratis per orang” untuk pemesanan menu kedua All You Can Eat atau lebih. Tapi promo ini tidak berlaku untuk pemesanan Regular Course. Sementara di Yakiniku Like, Sahabat Goodlife bisa mencicipi kelezatan daging sapi wagyu dalam Japanese Wagyu Beef Set 100 gram hanya dengan seharga Rp 88.000 saja.

Promosi menarik ini akan berakhir setelah persediaan daging sapi wagyu habis. Nah, agar tidak kehabisan dan ketinggalan momen istimewa ini, Sahabat Goodlife jangan lupa untuk catat tanggalnya dan segera datang ya.

Facebookにログイン
Facebookにログインして、友達や家族と写真や近況をシェアしましょう。