Pernah Minum Teh dari Bunga-Bungaan? Cobain Deh, Nikmat dan Sehat!

bunga dandelion

Teh adalah minuman yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun. Teh yang selama ini kita kenal dan minum biasanya berasal dari tanaman Camellia sinensis. Tapi ternyata gak hanya dari tanaman Camellia sinensis aja kita bisa membuat minuman teh. Bunga-bunga berikut ini juga bisa kita seduh dan jadikan minuman teh yang gak kalah nikmat sekaligus menyehatkan.

Sponsored Links

Bunga Dandelion

bunga dandelion

Banyak yang belum tahu kalau bunga dari jenis tanaman liar ini ternyata bisa dijadikan teh. Dandelion, bunga dengan bentuk khas bulat berwarna kuning atau putih ini, menurut sebuah penelitian mengandung senyawa antioksidan alami yang tinggi dan antiinflamasi.

Dandelion juga kaya akan vitamin A (dalam bentuk beta-karoten yang mudah diserap tubuh), K, E, dan C, serta kalium dan serat. Dengan kandungan tadi, teh dandelion memiliki khasiat mencegah kerusakan sel dan melawan kerusakan radikal bebas dalam tubuh yang berkontribusi terhadap kanker dan penuaan dini.

Dandelion juga mengandung bioaktif seperti asam chicoric dan sesquiterpene lactones yang memberikan efek anti-diabetes sehingga bisa membantu mengurangi kelebihan gula dalam tubuh.

Dalam jurnal hasil penelitian yang diterbitkan Nation Center for Biotechnology Information (NCBI) juga ditemukan bahwa dandelion memberikan efek penghambatan trigliserida dan lipase pancreas yang sama hasilnya dengan orlistat, obat yang digunakan untuk menangani kelebihan berat badan atau obesitas.

Untuk membuat teh dandelion, Sahabat Goodlife memerlukan bunga dandelion yang masih muda lalu dicuci bersih. Seduh 5-6 kuntum bunga dalam cangkir dengan air panas lalu diamkan selama beberapa menit. Buang ampas bunga dan teh dandelion siap diminum.

BungaOsmanthus

osmanthus

Bunga yang berasal dari tanaman Osmanthus fragans ini sudah ratusan tahun dijadikan sebagai bahan baku teh herbal di Tiongkok. Teh osmanthus memiliki aroma yang harum dan rasa sedikit kesat namun terasa segar.

Kandungan B pada teh osmanthus bisa meredakan stress dan membuat tubuh lebih rileks. Kandungan vitamin B3-nya juga terbukti ampuh memperlancar sirkulasi darah yang membuat fungsi organ maksimal dan memberi energi pada tubuh.

Selain itu, teh osmanthus juga membantu menjaga tekanan darah dan bisa menekan nafsu makan. Cocok untuk yang sedang program penurunan berat badan.

Bunga Krisan

bunga krisan

Gak hanya cantik dipandang, bunga krisan juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh loh. Karenanya bunga krisan juga bisa dijadikan sebagai teh. Di Asia Timur, bunga krisan juga sudah lama dijadikan sebagai pengobatan. Minuman dari bunga krisan bahkan dikategorikan sebagai herbal.

Yang sudah banyak dibuktikan, teh bunga krisan bisa meringankan gejala flu, menurunkan demam, dan meredakan sakit kepala.

Selain itu, menyeduh bunga krisan dengan air panas mampu melepaskan antioksidan, senyawa vitamin, mineral dan asam amino. Minum teh bunga krisan juga bisa memberi efek menenangkan dan membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi peradangan.

Agar teh bunga krisan lebih nikmat, kamu juga bisa menambahkan sedikit gula batu. Konsumsi teh bunga krisan secara rutin agar merasakan manfaat bagi kesehatan.

Bunga Chamomile

chamomile

Teh bunga chamomile terkenal akan kandungan antioksidan dan flavonoid, senyawa yang bisa memberikan khasiat pada kesehatan manusia. Kandungan antioksidan yang tinggi, membuat teh chamomile bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah dan mengobati flu, dan memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri.

Sedangkan kandungan flavonoid berkhasiat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Bunga Matahari

bunga matahari

Gak Cuma bijinya yang bisa dimakan, kelopak bunga matahari juga bisa dimakan atau dibuat minuman semacam teh. Tapi untuk membuat teh bunga matahari, diperlukan kelopak bunganya yang masih muda kemudian diseduh dengan air panas.

Kelopak bunga matahari yang masih muda mengandung asam lemak tak jenuh yang bisa menjaga kesehatan jantung. Selain itu juga, kelopak bunga matahari juga berkhasiat meredakan sakit kepala, menurunkan tekanan darah, dan nyeri haid atau sakit gigi.

Bunga Saffron

saffron

Saffron adalah rempah berbentuk benang halus tipis berwarna merah dan berasal dari bunga Crocus sativus. Bunga saffron sempat ramai dibicarakan dan naik daun karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan antioksidan yang tinggi, membuat teh bunga saffron memiliki khasiat menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel dari kerusakan.

Antioksidan saffron yaitu crocin dan crocetin memiliki sifat antidepresan yang bisa melindungi sel-sel otak dari kerusakan yang progresif.

Minum teh saffron juga memberi efek kenyang lebih lama, membuat kamu jarang ngemil dan makan berlebihan. Hal ini tentu bisa berdampak pada penurunan berat badan.

Melihat banyak manfaat bagi kesehatan, Sahabat Goodlife bisa mulai coba teh dari bunga-bungaan nih. Biar gak bosan juga dengan teh yang itu-itu aja.