Masker Terong Bisa Cegah Jerawat, ini Cara Membuatnya

makanan

Terong ternyata tak hanya enak dikonsumsi tetapi juga bisa digunakan sebagai masker untuk kecantikan. Bagaimana cara membuat masker terong untuk kecantikan kulit dan apa saja manfaatnya? Yuk, simak penjelasannya.

Terong memiliki ‘nasib’ serupa dengan timun, tomat, atau cabai, yang merupakan kelompok buah-buahan tetapi sering diolah sebagai sayuran atau lauk. 

Nah, seperti buah lainnya, terong atau eggplant juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan.

Dalam 80 gram terong ungu mengandung:

  • 20 kalori
  • 1 gram protein
  • 5 gram karbohidrat
  • 3 gram serat
  • Asam folat
  • Kalium
  • Mangan
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Zat besi
  • magnesium

Dengan kandungan nutrisi tersebut, terong memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, membantu menjaga kadar kolesterol sehingga menurunkan risiko sakit jantung, melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan otak, tulang, dan hati.

Terong punya kandungan nturis yang tinggi buat kesehatan (Foto: Pexels)
Sponsored Links

Manfaat Bagi Kecantikan Kulit

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, terong juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini tak lain karena terong kaya akan vitamin C, antioksidan, dan kandungan air yang sangat tinggi (92%).

Kulit terong yang berwarna ungu juga mengandung antioksidan yang kuat, yang disebut antosianin, salah satu jenis flavonoid yang terdapat dalam banyak buah dan sayuran yang berwarna merah, biru, ungu (seperti beri, bit, dan kubis merah).

Berikut ini manfaat terong bagi kecantikan kulit:

Mencegah timbulnya tanda penuaan

Terong kaya akan vitamin C yang bersifat antioksidan yang baik, yang membantu melindungi kulit dari efek radikal bebas seperti keriput, garis-garis halus, dan bintik hitam.

Melembabkan kulit

Kandungan air yang tinggi pada terong, jika diaplikasikan secara rutin pada kulit akan membantu menjaga kelembaban kulit sehingga kulit akan terasa halus, kenyal, dan lembab.

Meredakan jerawat dan radang

Kandungan vitamin C pada terong bisa membantu mengatasi jerawat dan kemerahan akibat radang. 

Mengurangi risiko kanker kulit

Terong juga memiliki kandungan yang sangat penting, yaitu Chlorogenic acid yang dapat membantu mengurangi risiko kanker kulit karena bersifat melindungi DNA dari mutasi dan memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang melindungi kulit dan tubuh.

skin care
Terong bisa mencegah jerawat (Foto: Pexels)

Cara Membuat Masker Terong

Cara membuat masker terong sendiri di rumah sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyediakan terong segar tanpa dikupas kulitnya, lalu haluskan hingga bertekstur seperti bubur. Setelah itu campurkan bubur terong tadi dengan yogurt tanpa rasa, lalu aplikasikan ke seluruh area wajah hingga leher, kemudian diamkan selama 30 menit.

Setelah itu, hapus masker terong menggunakan air bersih. Selain yogurt, kamu juga bisa mencampurkan masker terong dengan lidah buaya, madu organik, atau putih telur. Agar merasakan hasilnya, masker terong sebaiknya digunakan secara rutin 1-2 kali dalam satu minggu.

Visited 43 times, 1 visit(s) today