Mau Cepat Langsing? Ini 4 Gerakan Yoga yang Banyak Bakar Kalori

Rekomendasi studio yoga

Selain melakukan diet dan rajin olahraga, rutin berlatih yoga ternyata juga ampuh untuk membantu kamu mengurangi berat badan. Beberapa gerakan yoga diyakini bisa membakar sangat banyak kalori.

Jumlah kalori yang dibakar saat yoga sangat tergantung pada berbagai faktor seperti jenis yoga yang dipraktikkan, intensitas, durasi, tingkat kebugaran, dan berat badan. Namun, secara umum, yoga dapat membakar antara 150 hingga 400 kalori per sesi tergantung pada faktor-faktor tersebut.

Beberapa jenis yoga yang lebih intens seperti vinyasa atau power yoga dapat membakar lebih banyak kalori daripada jenis yoga yang lebih santai seperti restoratif atau yin yoga. 

Beberapa gerakan yoga yang dapat membakar banyak kalori adalah:

Vinyasa atau yoga flow

Vinyasa adalah gerakan yang terus-menerus, yang bergerak dari satu pose ke pose lainnya dengan gerakan yang terus-menerus. Dalam vinyasa, kamu akan terus bergerak dan terus mempertahankan pose, sehingga membakar banyak kalori.

Jumlah kalori yang dibakar saat yoga vinyasa sangat tergantung pada faktor-faktor seperti intensitas, durasi, tingkat kebugaran, dan berat badan. Namun, secara umum, yoga vinyasa dapat membakar antara 200 hingga 500 kalori per sesi yang berdurasi sekitar 45-90 menit.

Yoga vinyasa mampu bakar banyak kalori dalam satu sesi latihan (Foto: Pexels)

Ashtanga yoga

Ashtanga yoga adalah praktik yoga yang terstruktur dan dinamis. Ini melibatkan serangkaian pose yang berurutan, yang dilakukan dengan gerakan yang terus-menerus dan teratur. Karena praktik ini sangat intens, maka akan membakar banyak kalori.

Ashtanga yoga dapat membakar antara 300 hingga 500 kalori per sesi yang berdurasi sekitar 60-90 menit.

Power yoga

Power yoga adalah kombinasi dari yoga Vinyasa dan gerakan aerobik yang intens. Ini dapat meningkatkan detak jantung Anda dan membakar banyak kalori yaitu sebesar 250 hingga 500 kalori per sesi yang berdurasi sekitar 60-90 menit.

Hot yoga

Hot yoga dilakukan dalam ruangan yang sangat panas dan lembap. Suhu yang tinggi meningkatkan detak jantung dan membakar banyak kalori. Secara umum, hot yoga dapat membakar antara 300 hingga 600 kalori per sesi yang berdurasi sekitar 60-90 menit. 

Namun, perlu diingat bahwa jumlah kalori yang terbakar selama yoga sangat tergantung pada berbagai faktor seperti intensitas, durasi, tingkat kebugaran dan berat badan. Selain itu, yoga tidak hanya membantu membakar kalori tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya seperti meningkatkan fleksibilitas, kekuatan dan mengurangi stres.

Visited 6 times, 1 visit(s) today