Mengenal Epic Cyclist, Komunitas Sepeda Lipat di Surabaya

sepeda Epic Cyclist

Sahabat Goodlife, akhir-akhir ini minat masyarakat dengan olahraga sepeda sedang meningkat. Salah satu jenis sepeda yang paling diminati dan menjadi tren saat ini adalah sepeda lipat. Banyak pesepeda hingga artis yang memakai sepeda lipat dan ikut meramaikan tren bersepeda di masa pandemi. Apakah kamu termasuk?

Olahraga akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama, terutama dengan orang yang memiliki hobi olahraga yang sama. Jika kamu ingin menekuni dan mencari teman olahraga sepeda kamu bisa banget lho bergabung dengan komunitas sepeda di sekitar kamu. Bagi kamu masyarakat Surabaya kali ini Goodlife punya ulasan menarik mengenai salah satu komunitas sepeda. Komunitas sepeda yang terbentuk pada akhir 2019 di Kota Surabaya ini bernama Epic Cyclist Chapter Surabaya. Komunitas Epic Cyclist Indonesia memiliki pusat di Jakarta, dimana sudah terdapat beberapa chapter di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Namun, karena pada saat itu di Jawa Timur khususnya Surabaya belum ada Achmad sebagai salah satu pencetus pun kemudian berpikir untuk membuat Chapter Surabaya ini. 

Epic Cyclist
Foto: Epic Cyclist

Komunitas Epic Cyclist ini juga berdiri karena banyaknya pengguna sepeda Element Pikes di Kota Surabaya. Arti dari nama Epic Cyclist sendiri adalah komunitas pengendara sepeda Element Pikes. Mengapa mereka memilih sepeda Element Pikes? Bukan tanpa alasan, selain karena harganya yang terjangkau Element Pikes Gen 1 juga memiliki keunggulan lainnya.

Element Pikes menggunakan sistem tiga lipatan yang membuatnya mudah dilipat dalam waktu singkat, sepeda ini juga memiliki frame dengan bahan chromoly yang dikenal kuat, awet, dan tahan dengan beban berat. For your information Sahabat Goodlife, bahan chromoly adalah bahan yang hampir sama seperti baja, namun lebih ringan dan tahan karat. Menurut Abdul Hamid sebagai salah satu pengurus komunitas, Element Pikes merupakan sepeda lipat lokal dengan harga cukup terjangkau dibandingkan sepeda buatan luar negeri yang bisa mencapai 20 juta keatas yakni hanya berkisar 5 sampai 8 juta sesuai dengan spesifikasinya.

Menggunakan salah satu produk lokal Indonesia diakuinya membuatnya bangga, karena bisa ikut berkontribusi memajukan ekonomi Indonesia dengan menggunakan produk lokal. Setelah Element Pikes Gen 1 yang keluar pada tahun 2019 sukses dipasaran, PT Roda Maju Bahagia baru-baru ini merilis Element Pikes Gen 2 pada tanggal 17 Juli lalu sebagai versi upgrade dari generasi pertama. Element Pikes Gen 2 mengeluarkan tiga warna yaitu warna gold, dark blood dan spinel black yang dibandrol dengan harga sekitar 8 juta. 

sepeda Epic Cyclist
Foto: Epic Cyclist

Dengan mengumpulkan pengguna Element Pikes, Epic Cyclist sendiri awalnya hanya memiliki 4-5 orang anggota. Seiring berjalannya waktu mereka pun membuat grup di aplikasi Telegram dan akhirnya dari situ semakin banyak anggota yang bergabung di komunitas, terbukti saat ini ada sekitar 130 anggota yang telah bergabung di grup Telegram Epic Cyclist Surabaya. Selain Telegram mereka pun membuat akun media sosial seperti Instagram yang digunakan untuk dokumentasi sekaligus menarik pesepeda Element Pikes di Surabaya lainnya.

Abdul mengatakan jika kegiatan rutin komunitas Epic Cyclist ini adalah rutin gowes bareng atau gobar setiap hari Minggu. Selain itu komunitas ini juga pernah mengadakan gowes bareng komunitas lain dan mengadakan kegiatan sosial berbagi bersama anak yatim saat bulan Ramadhan lalu. Namun, untuk situasi pandemi saat ini Epic Cyclist belum memiliki kegiatan gowes dan kegiatan bersama lainnya karena mereka mentaati protokol kesehatan dan memilih untuk gowes mandiri.

Gowes sambil bersedekah di masjid
Gowes sambil bersedekah di masjid (Foto: Epic Cyclist)

Saat ditanya mengapa menyukai olahraga sepeda Abdul pun mengungkapkan,

Bersepeda merupakan olahraga yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, serta bukan merupakan olahraga yang berat namun memiliki manfaat bagi kesehatan. Sepeda tidak hanya sebagai alat untuk berolahraga saja namun juga bisa digunakan sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan dan murah karena tidak memakai bahan bakar.

Abdul juga memberikan tips untuk memilih sepeda. Menurutnya sebelum memilih sepeda pertama kita harus menyesuaikan dengan budget kita, selanjutnya memilih jenis sepeda sesuai kebutuhan dan yang ketiga menyesuaikan spesifikasi sepeda dengan postur tubuh, baik tinggi maupun berat badan agar nyaman saat bersepeda. Setelah memilih sepeda jangan lupa untuk melengkapi sepeda dengan aksesoris pendukung keselamatan yang digunakan saat bersepeda seperti salah satunya sarung tangan agar nyaman dan tidak licin saat memegang setir.

Gowes Epic Cyclist
Foto: Epic Cyclist

Nah, jika kamu ingin bergabung namun tidak memiliki sepeda jenis Element Pikes tidak usah khawatir. Bagi kamu yang belum memiliki sepeda Element Pikes dan tertarik dengan sepeda Element Pikes komunitas Epic Cyclist sangat terbuka untuk sharing sekaligus gowes bareng. Bagi kamu warga Surabaya yang ingin bergabung dengan komunitas ini bisa banget lho. Kamu juga bisa kepoin dan follow akun instagram mereka @epicyclist.suroboyo untuk informasi lebih lanjut. (Cindy Yolanda)

Visited 40 times, 1 visit(s) today