Mengenal Jenis-Jenis Spa dan Manfaatnya Buat Kesehatan

spa

Banyak orang melakukan relaksasi dengan memilih aktivitas spa. Sebetulnya ada banyak jenis spa yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi fisik.

Kata “spa” mungkin sudah tidak asing lagi untuk kita, terutama di telinga kaum hawa. Spa pada umumnya adalah sarana relaksasi yang dirangkap dengan meningkakan kesehatan dan kecantikan. Terdapat berbagai macam jenis spa yang dapat dicoba untuk mendapatkan pengalaman relaksasi yang berbeda-beda.

Destination spa

Destination spa umumnya adalah spa yang dilakukan di sebuah fasilitas khusus dengan peralatan spa yang lengkap serta tenaga profesional di bidangnya. Spa ini memiliki program-program yang menawarkan  peningkatan kesehatan secara menyeluruh dengan tiap-tiap sesi spa memiliki area spesialisasi dalam filosofi maupun lokasi yang berbeda.

Spa ini biasanya berlangsung lebih dari 1 hari dan dapat berlangsung hingga seminggu dan bermanfaat bagi mereka yang ingin memulai gaya hidup sehat ataupun ingin berfokus pada masalah khusus yang hanya dapat diselesaikan dengan melakukan diet, olahraga, dan spa yang telah diperhitungkan dengan baik.

Resort spa

Seperti namanya, resort spa adalah spa yang terdapat di hotel atau resor yang dapat dinikmati oleh tamunya. Resort spa biasanya memiliki fasilitas, pelayanan, serta tenaga kerja yang berkualitas tinggi, terutama di resor atau hotel mewah.

Resort spa untuk relaksasi sembari berlibur (Foto: Pexels)

Spa ini bermanfaat bagi mereka yang ingin mencari relaksasi dan mendapatkan perawatan kecantikan, terutama ketika sedang berwisata atau bermalam di tempat lain; tanpa mendapatkan program kesehatan intensif.

Day spa

Ditangani oleh tenaga kecantikan profesional, day spa menawarkan perawatan yang umumnya berputar pada kecantikan; contohnya manicure, pedicure, dan body massage. Day spa juga berlangsung cepat dan tidak membutuhkan waktu berhari-hari seperti destination spa

Medical spa

Medical spa pada dasarnya hampir sama dengan day spa: seseorang bisa mendapatkan perawatan kecantikan seperti body massage, facial, dan manicure-pedicure. Faktor pembedanya yaitu pada tenaga profesional yang menangani adalah dokter yang berlisensi. Oleh karena itu, seseorang juga bisa melakukan perawatan kecantikan dengan bahan kimia ataupun peralatan khusus seperti laser, filler, botox, dan chemical peeling.

Health spa

Jika seseorang membutuhkan penanganan atau pemeliharaan kesehatan secara keseluruhan, maka health spa dapat menjadi pilihan yang baik. Spa ini biasanya dilakukan jauh dari perkotaan dan sumber keramaian dan penanganan akan dilakukan oleh praktisi profesional yang juga akan memberikan saran-saran untuk memelihara dan menjaga kesehatan.

Mineral springs spa

Spa yang dilakukan di sumber mata air panas alami ini biasanya menawarkan perawatan hidroterapi, pijat, dan layanan relaksasi lainnya. Air panas dari sumber alami kaya akan mineral yang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi orang yang berendam di dalamnya; contohnya membantu meringankan peradangan, nyeri, serta gangguan kulit dan dapat meningkatkan kesehatan.

Body spa

Body spa biasanya dilakukan dengan berendam dalam air yang telah ditambahkan mineral dan bunga dengan aroma wangi, lalu dilanjutkan dengan body massage. Spa ini dapat membantu untuk merelaksasikan otot, melembabkan kulit, serta menyegarkan pikiran.

Itulah berbagai macam spa yang bisa kamu coba tergantung dengan situasi dan kebutuhanmu. Spa mana yang kira-kira menarik perhatianmu?

Visited 44 times, 1 visit(s) today