Clean Beauty dan Natural Beauty, Pilih yang Mana?

skin care

Bukan hanya makanan, kini produk kecantikan yang organik, dan ramah lingkungan juga lebih disukai. Seperti produk clean beauty dan natural beauty yang semakin diminati. Tapi apakah perbedaan keduanya?

Seperti pelaku gaya hidup sehat, para pecinta make up dan orang-orang yang sangat memperhatikan perawatan kulit, kini juga semakin selektif memilih bahan-bahan dalam produk make up yang mereka gunakan.

Konsumen kecantikan kini juga memperhatikan, apakah bahan dalam produk itu berbahaya, mengandung racun, dan aman bagi kulit serta lingkungan.

Masyarakat semakin menyadari bahwa apa yang mereka aplikasikan di permukaan kulit, baik itu make up atau skincare berpotensi menyerap ke dalam aliran darah dan jika terbuat dari bahan kimia, maka akan memberikan pengaruh untuk kesehatan kulit sendiri.

Produk perawatan kecantikan kini sudah sadar lingkungan dan lebih alami (Foto: Pixabay)

Oleh karena itu, kini muncul tren produk clean beauty dan natural beauty. Beberapa orang mengira bahwa clean beauty dan natural beauty adalah sama, yaitu produk yang aman dan berbahan alami.

Padahal dikutip dari situs gaya hidup sehat Shape, Leigh Winters, seorang pakar saraf dan kesehatan holistik menjelaskan bahwa keduanya sangat berbeda.

Sponsored Links

Apa itu Natural Beauty

Natural beauty mengacu pada produk-produk kecantikan yang terbuat dari bahan-bahan alami dan murni yang berasal dari alam, tanpa tambahan bahan kimia buatan laboratorium.

Bahan-bahan produk natural beauty ini sepenuhnya diambil dari alam, sama seperti ketika kita membuat produk kecantikan sendiri di rumah menggunakan, misalnya lidah buaya, pepaya, atau mentimun untuk bahan masker. Atau oatmeal dan kopi untuk luluran mengangkat sel kulit mati.

Apa itu Clean Beauty

Clean beauty sedikit berbeda dengan natural beauty. Clean beauty bahan-bahannya juga mengandalkan bahan alami tapi juga mengandung beberapa bahan kimia buatan laboratorium. Tetapi kuncinya adalah semuanya terbukti aman digunakan karena telah diuji secara optimal untuk memastikan keamanan bahan, ramah lingkungan, dan keberlanjutan (sustainable). Artinya, produk ini juga terbukti tidak merusak lingkungan baik di masa sekarang atau di masa mendatang.

Produk clean beauty biasanya bebas dari bahan paraben (pengawet untuk kosmetik), sulfat (bahan pembuat deterjen), dan wewangian sintetis. Dengan menggunakan produk kecantikan berbasis clean beauty, kamu mendapatkan produk perawatan kulit alami namun juga didukung oleh bahan kimia alami yang tidak beracun dan terbukti aman digunakan.

Clean beauty dan natural beauty memang serupa, tapi berbeda dari bahan pembuatannya (Foto: Pixabay)

Memilih Natural Beauty dan Clean Beauty

Memilih natural beauty dan clean beauty pada dasarnya kamu sama-sama menggunakan produk kecantikan tanpa bahan beracun di dalamnya. Dengan begitu, akan menurunkan risiko iritasi, bercak kemerahan, dan sensitivitas pada kulit.

Menggunakan produk-produk kecantikan yang mengandung bahan beracun juga sering dikaitkan dengan masalah kesehatan lain seperti kanker kulit, masalah sistem saraf, hingga masalah reproduksi. Apalagi jika pemakaian dilakukan rutin dalam jangka waktu yang lama atau lebih dari 1 tahun. Ini bisa mengakibatkan penumpukan racun di dalam tubuh.

Lalu, mana yang paling baik untuk digunakan? Sebetulnya semua tergantung pada kondisi kesehatan kulit dan kebutuhan. Sebagian orang beranggapan bahwa natural beauty sudah pasti berdampak baik untuk kulit. Padahal faktanya tidak demikian.

Produk natural beauty umumnya tidak melalui uji klinis yang optimal. Meskipun menggunakan bahan-bahan alami, namun beberapa orang tetap berisiko memiliki alergi terhadap bahan tertentu. Lagipula untuk menikmati khasiat dari produk berbasis natural beauty biasanya membutuhkan waktu lebih lama. Ini dikarenakan produk ini menggunakan bahan alami yang bekerja secara natural tanpa dirangsang oleh bahan kimia buatan.

Natural beauty yang lebih alami (Foto: Pixabay)

Sementara pada clean beauty meskipun ada kandungan kimia, namun sudah diteliti agar tetap aman dan tidak mengganggu kesehatan kulit. Bahkan produk clean beauty juga bisa beradaptasi dengan kebutuhan kulit dengan cepat. Artinya, kulit bisa langsung menyerap nutrisi dari produk tersebut tanpa harus terjadi iritasi dan kerusakan sel kulit.

Kalau kamu mementingkan kesehatan kulit yang dibentuk secara alami dan tidak ingin ada campuran bahan kimia sama sekali dalam perawatan kecantikan, natural beauty bisa kamu jadikan pilihan.

Tapi bila kamu termasuk sosok yang sangat sibuk dan harus tampil percaya diri setiap hari, mungkin kamu sebaiknya bisa memilih produk berbasis clean beauty. Produk-produk ini bisa menunjang kesehatan kulit kamu dengan lebih cepat sesuai dengan aktivitas kamu yang tinggi, namun tetap aman digunakan tanpa perlu cemas kandungan bahan beracun.

Visited 5 times, 1 visit(s) today