5 Cara Menemukan Inner Peace di Tengah Kesibukan

stress

Semua orang pasti setuju,inner peace atau kedamaian batin sebagai hal yang penting untuk mencapai kebahagiaan, kesejahteraan, dan kualitas hidup yang tinggi. Tapi apa sebenarnyainner peace itu? Seperti apa rasanya? Dan bagaimana bisa mencapainya? 

Menurut Wikipedia, inner peace atau kedamaian batin atau ketenangan pikiran, mengacu pada keadaan damai secara mental dan spiritual, dengan pengetahuan dan pemahaman yang cukup untuk menjaga diri tetap kuat dalam menghadapi permasalahan atau stres. 

Sementara definisi lain dari inner peace adalah ketenangan jasmani dan rohani meskipun banyak stressor (pemicu stres).

Memang tidak ada definisi baku soal inner peace atau kedamaian batin. Namun banyak yang mengartikan inner peace sebagai suatu perasaan yang selalu tenang, damai, tidak terlalu banyak berpikir, tidak terus-menerus menganalisa setiap situasi, merenungkan beberapa kejadian masa lalu, atau selalu berpikir negatif terhadap segala sesuatu yang terjadi.

Manfaat Memiliki Inner Peace

Hidup tak selalu berjalan seperti yang kita harapkan. Ketika apa yang kita harapkan tidak terjadi, tentu respon umum yang biasa orang tunjukkan adalah kesal, marah, atau malah stres.

Inner peace sangat membantu kamu yang selalu sibuk (Foto: Pexels)

Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di kota besar, yang serba sibuk dan segala hal dituntut serba cepat, perasaan negatif pasti sering berkecamuk di dalam pikiran.

Untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan mental, diperlukan inner peace. Ketika kita memiliki inner peace, kita akan memiliki kemampuan mengatasi peristiwa atau situasi apapun yang terjadi di sekitar kita dengan cara yang sehat.

Inner peace memang tidak serta menghilangkan kecemasan atau ketakutan kita, sebaliknya, kedamaian batin memungkinkan kita belajar mengatasi kecemasan dan ketakutan itu, di mana kita belajar untuk tetap tenang.

Dengan kedamaian hati, kita akan memiliki kemampuan untuk tetap tenang dan gembira setiap saat, terlepas dari situasi eksternal yang terjadi.

Pada akhirnya, memiliki inner peace akan menghilangkan pengaruh negatif, meningkatkan energi, kualitas tidur, kesehatan fisik dan mental kita secara keseluruhan.

Cara Menemukan Inner Peace di Tengah Kesibukan

1.       Kurangi mengkritik diri sendiri

Disadari atau tidak, kita sering mengkritik dan menghukum diri kita sendiri saat merasa tidak puas dengan keadaan. Itulah salah satu yang perilaku yang paling merusak batin kita.

Berbaik hatilah pada diri sendiri, kurangi mengkritik diri sendiri. Sadari bahwa situasi dan keadaan apapun di luar sana, bukan sepenuhnya tanggung jawab dan kesalahan kita.

2.       Cintai diri sendiri

Ketika kita mencintai diri sendiri dan menerima apa adanya diri kita, maka kita akhirnya bisa memiliki banyak energi positif.

Salah satu cara sederhana mencintai diri sendiri adalah dengan beribadah, meditasi, olahraga secara teratur, makan yang sehat, serta cukup memberi tubuh waktu istirahat. 

kesehatan mental
Olahraga bisa jadi pilihan untuk mencintai diri sendiri (Foto: Xframe)

3.       Kekuatan memaafkan

Kebencian, penyesalan, dan dendam terhadap orang lain atau diri sendiri adalah perasaan yang membuat kamu semakin stres dan tidak bahagia.

Cobalah untuk memaafkan orang lain atau diri sendiri ketika sedang merasa marah, memaklumi jika kondisi eksternal sedang tidak berjalan baik.

Rasakan kekuatan memaafkan. Segala perasaan yang menghimpit dada akan terlepas dan kamu bisa menjalani hari-hari dengan lebih damai.

4.       Bersyukur

Mensyukuri semua yang kamu miliki dalam hidup adalah salah satu cara untuk mencapai kedamaian dan kebahagiaan batin. Orang yang bersyukur akan lebih fokus pada hal-hal positif dalam hidup dan lingkungannya.

Untuk melatih sikap bersyukur, kamu bisa mengucapkan terima kasih pada diri sendiri atau orang lain atas hal-hal kecil yang kamu terima. Kamu juga bisa membuat jurnal dan catatan hal apa saja yang kamu syukuri hari itu.

5.       Tarik nafas dalam

Menarik  napas dalam-dalam melalui hidung kemudian lepaskan melalui mulut, bisa menjadi salah satu cara untuk membuat tubuh dan pikiran rileks.

Cobalah untuk rutin melakukan teknik napas dalam di tengah-tengah kesibukan kamu. Rasakan ketika perasaan kamu menjadi tenang dan rileks.

Menemukan inner peace sangat penting bagi kita, terutama bagi orang yang aktivitasnya sangat sibuk seharian.

Jika kebahagiaan dan kesuksesan bisa cepat berlalu, inner peace atau kebahagiaan batin bisa bertahan selamanya.