Polusi Juga Bisa Berdampak pada Kesehatan Mata

Polusi ternyata tak hanya berdampak pada kesehatan paru-paru, tapi juga pada kesehatan mata. Zat beracun yang mengambang di udara juga bisa membahayakan mata tanpa disadari.

Akhir-akhir ini, sedang ramai di media sosial tentang betapa tingginya tingkat polusi daerah Jabodetabek, dengan rata-rata angka Air Quality Index (AQI) yang selalu menempati angka di atas 100.

Polusi udara yang cukup parah seperti ini dikenal menyebabkan berbagai macam gangguan pada saluran pernapasan, seperti infeksi saluran pernapasan dan bahkan kanker paru-paru  bila kita terus-terusan menghirup udara yang kotor.

Namun, ternyata dampak polusi udara ini tidak hanya berakibat buruk pada kesehatan saluran pernapasan saja, namun juga terhadap kesehatan mata,.

Sponsored Links

Dampak Polusi yang Tak Disadari

Polusi mengandung banyak partikel-partikel debu yang dapat membuat mata mengalami iritasi. Selain debu, sebuah studi menunjukkan bahwa iritasi yang terjadi pada mata juga disebabkan oleh level oksidan yang tinggi di udara. Oksidan dapat larut dalam lapisan air mata dan mengasamkannya, yang dapat berujung pada iritasi membran mukosa pada mata.

Polusi bisa berakibat pada kesehatan mata (Foto: Pexels)

Selain iritasi, polusi udara pada umumnya sering menyebabkan mata kering. Hal ini diakibatkan oleh mata yang tidak mampu memproduksi air mata dalam jumlah yang cukup, sehingga bola mata tidak dapat dilembabkan dan dinutrisi dengan baik. Polusi juga dapat menyebabkan mata merah serta menjadi sensitif terhadap cahaya, angin, dan asap.

Eksposur polusi udara pada mata dalam jangka waktu yang panjang juga dapat mengakibatkan penyakit mata yang fatal, yaitu kanker mata dan katarak.

Mengatasi Eksposur Polusi & Menjaga Mata Agar Sehat

Agar terhindar dari berbagai macam penyakit pada mata, kita dapat melakukan beberapa tindakan preventif sehingga mata kita tetap sehat. 

  • Mengenakan kacamata ketika sedang keluar, agar angin yang membawa polutan tidak langsung mengenai mata.
  • Sebisa mungkin berada di dalam ruangan ketika indeks polusi sedang tinggi-tingginya.

Bila tindakan preventif tidak dapat dilakukan, maka kita dapat melakukan hal berikut untuk meredakan mata yang terkena polusi udara:

  • Melakukan kompres atau cuci mata menggunakan eye bath cup selama 3 menit untuk membersihkan kotoran serta polutan yang ada pada mata.
  • Menggunakan tetes mata yang dapat membasahi mata dengan baik, sehingga mata tidak kering.
Jaga kesehatan mata di masa polusi (Foto: Pexels)

Selain itu, penting juga untuk menjaga kesehatan mata dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Memperhatikan asupan nutrisi untuk mata: dengan cara memakan makanan yang mengandung vitamin A serta antioksidan yang baik untuk kesehatan mata dengan cukup.
  • Melakukan kompres mata untuk relaksasi menggunakan potongan timun yang telah didinginkan di kulkas selama 15-20 menit, lalu diletakkan di atas mata hingga timun menjadi tidak dingin kembali.
  • Melakukan senam mata dengan cara memfokuskan pandangan pada 1 jari yang didekatkan pada mata, lalu dijauhkan perlahan dan mengganti fokus pada benda jauh yang ditunjuk oleh jari tersebut. Hal ini diulang sebanyak 3 kali per sesinya.
  • Melakukan check up ke dokter mata secara rutin bila diperlukan.

Itulah hal hal yang perlu dilakukan bila kita ingin mata kita sehat serta menghindari eksposur polusi berlebih pada mata, dan supaya kita dapat selalu melihat dan menikmati keindahan sekeliling kita dengan mata yang sehat.

Visited 1 times, 1 visit(s) today