Punya Banyak Manfaat, Yuk Isi Waktu dengan Main Catur!

main catur

Bagi sebagian orang, catur hanyalah permainan memindahkan bidak di atas papan dan terlihat membosankan. Nyatanya, bermain catur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja?

Di Indonesia, catur mulai dikenal ketika masa Kolonial Belanda di awal abad 19. Ketika itu, hanya orang-orang Belanda yang bisa memainkan catur. Kemudian baru di tahun 1915 berdiri Perkumpulan Catur Indonesia Belanda atau Nederlandsch Indische Schaakbond (NISB) di Yogyakarta, meski saat itu masih sedikit orang Indonesia yang memainkan catur.

Asal mula permainan catur sendiri masih menjadi perdebatan. Namun sejarah yang paling banyak dipercaya, permainan ini mulai dimainkan di India pada abad ke-6. Permainan yang mengandalkan otak dan strategi ini awalnya dikenal dengan nama chaturangga.

Chaturangga memiliki arti “empat unsur yang terpisah”. Nama ini diberikan karena di India, catur melambangkan tentang alam semesta yang terbagi menjadi empat unsur, yaitu, api, udara, tanah, dan air.

Catur kemudian menyebar ke wilayah Arab dan Eropa. Awalnya, catur bisa dimainkan di mana saja, termasuk di atas pasir asalkan diberi pola kotak-kotak. Namun ketika catur masuk ke Eropa, barulah catur memiliki papan yang berwarna kotak-kotak hitam dan putih.

Sponsored Links

Manfaat Bermain Catur

Sekarang, catur termasuk ke dalam kategori olahraga dan sudah dimainkan dalam kompetisi olahraga internasional seperti olimpiade, selain sering juga dimainkan di rumah atau di tempat lain seperti kafe. Meski tidak bisa membentuk otot, catur tetap memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti berikut ini.

1.   Melatih fokus dan konsentrasi

Selama bermain catur, kamu dituntut untuk konsentrasi dan fokus terhadap langkah bidak lawan dan memikirkan langkah yang akan dilakukan agar bisa memenangkan permainan. Kamu juga dituntut memperhatikan setiap detail permainan.

Fokus dan konsentrasi ini sangat berguna, bukan hanya saat bermain catur tetapi juga saat melakukan tugas sehari-hari seperti bekerja dan belajar.

Main catur bermanfaat untuk melatih kesehatan otak (Foto: Xframe)

2.   Mencegah penyakit demensia

Sebuah studi yang dilakukan oleh Albert Einstein College of Medicine melibatkan 488 manula menunjukkan bahwa bermain catur secara terukur mengurangi risiko demensia dan memerangi gejalanya.

Alih-alih membiarkan fungsi otak memburuk, aktivitas latihan pikiran seperti bermain catur bisa menjadi fungsi otak tetap optimal.

3.   Membantu melawan depresi dan kecemasan

Sepintas bermain catur terlihat membosankan dan identik dengan depresi. Tapi sebetulnya bermain catur melatih kita untuk tetap tenang dan fokus dalam situasi yang penuh tekanan. Situasi ini memaksa otak kita untuk menghindari pikiran atau situasi yang memicu depresi dan yang dapat menyebabkan kecemasan. Dalam aktivitas sehari-hari, sikap untuk selalu berusaha tenang ini akan banyak membantu untuk tidak cepat merasa tertekan.

4.   Melatih otak kanan dan otak kiri

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bermain catur secara aktif melibatkan belahan kiri dan kanan otak secara bersamaan. Ini bagus untuk mengembangkan, tidak hanya kemampuan matematika dan logika sains (dikontrol oleh otak kiri) tetapi juga kreativitas dan imajinasi (dikendalikan oleh otak kanan) pada anak-anak dan orang dewasa.

5.   Mengembangkan kreativitas

Bermain catur juga membantu mengembangkan kreativitas karena dituntut untuk memecahkan pola langkah lawan. Kamu juga dapat menunjukkan kreativitas dalam menentukan langkah, rencana, dan taktik yang digunakan di atas papan catur.

Main catur sejak dini bisa melatih kreativitas (Foto: Xframe)

6.   Meningkatkan IQ

Sebuah penelitian di Venezuela menemukan bahwa IQ sejumlah siswa meningkat secara signifikan setelah 4,5 bulan bermain catur. Hal ini karena bermain catur bisa meningkatkan kemampuan untuk mempertimbangkan jenis masalah baru dan menggunakan penalaran untuk menyelesaikannya.

Bermain catur juga melatih kemampuan untuk memahami tugas dengan cepat dan merespons tantangan secara efisien.

7.   Membantu mengobati skizofrenia

Penelitian di Center for Cognitive Neuroscience menemukan bahwa pasien skizofrenia yang diarahkan bermain catur setiap hari menunjukkan peningkatan kondisi ke arah pemulihan dibanding dengan pasien yang tidak bermain catur. Para pasien yang bermain catur menunjukkan perhatian, perencanaan, dan kemampuan penalaran yang meningkat.

8.   Melatih daya ingat

Catur sudah terkenal sebagai olahraga yang melatih daya ingat. Bermain catur, berarti kamu juga harus mengingat setiap gerakan yang dilakukan oleh lawan dan menggunakan gerakan itu untuk mendapatkan kemenangan. Selain itu kamu juga harus mengingat gerakan setiap bidak yang berbeda-beda untuk memenangkan permainan. Hal ini sangat baik untuk melatih daya ingat.

Perhatikan Hal ini Saat Bermain Catur

Meski memiliki banyak manfaat, bermain catur juga bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan bila tidak memperhatikan hal tertentu. Oleh karena itu, saat bermain catur, sebaiknya perhatikan hal berikut ini.

1.       Posisi duduk yang benar

Saat bermain catur, kita kerap duduk dengan posisi yang terlalu membungkuk. Parahnya lagi, karena terlalu fokus dan konsentrasi, posisi duduk yang salah ini bisa berlangsung lama. Hal ini tentu akan menimbulkan nyeri otot leher dan tulang punggung.

Oleh karena itu, saat bermain catur, pastikan kamu duduk dengan posisi yang nyaman dan tidak terlalu membungkuk. Jika permainan berlangsung lama, sesekali ganti posisi duduk agar tidak menimbulkan nyeri otot leher dan lakukan peregangan. Misalnya dengan menarik tangan ke atas, menggerakkan pinggang, atau meluruskan kaki.

2.       Jangan lupa minum

Pastikan untuk menyediakan air minum di dekat jangkauan. Permainan catur memang tidak membuat kita berkeringat dan cepat haus tetapi kita harus tetap menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, terlebih kalau permainan berlangsung cukup lama. Tubuh yang dehidrasi juga akan menyebabkan konsentrasi menurun, lemas, dan mengantuk.

3.       Jangan sampai stress

Kalau main catur hanya sebatas pengisi waktu biasanya akan jadi pelepas stress. Namun bila dalam tingkat pertandingan, persaingan akan lebih terasa. Meski para pemain catur terlihat sangat tenang, namun pertarungan sengit sebetulnya juga sering terjadi dalam adu strategi. Kadang perasaan kompetitif untuk memenangkan pertandingan inilah yang justru menimbulkan stress.

4.       Jangan lewatkan waktu tidur

Hal ini biasanya terjadi saat main catur bersama rekan untuk sekadar mengisi waktu. Karena begitu seru dalam bermain, sering waktu permainan jadi bertambah panjang dan akhirnya mengurangi waktu beristirahat

Di masa pandemi seperti sekarang, bermain catur bisa jadi salah satu opsi untuk mengisi waktu sekaligus melatih kesehatan terutama pada kesehatan otak. Namun bila kamu bermain catur dengan rekan yang tidak satu rumah, jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

Visited 29 times, 1 visit(s) today