Selain Menu Diet, Ini Jenis dan 7 Manfaat Tahu Yang Jarang Diketahui

Manfaat tahu yang jarang diketahui

Bentuk dan rasanya yang sederhana, membuat tahu cocok dihidangkan untuk camilan atau lauk makanan. Bahan makanan berbahan kedelai ini dikenal murah dan mudah ditemukan. Banyak orang menjadikannya lauk pendamping bersama tempe. Digoreng, ditumis, atau dicampur dengan bahan makanan lain juga tetap enak. Walaupun sederhana tapi memiliki kandungan nutrisi yang punya banyak manfaat bagi tubuh kita. Simak yuk, apa saja keunggulan dari tahu di artikel ini.

Sponsored Links

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Tahu

Tahu putih besar yang dipotong dadu

Nutrisi dalam 100 gram tahu mempunyai kandungan 76 kalori, 0 kolesterol serta 4,8 lemak sehingga cocok untuk makanan diet. Sedangkan protein nabatinya cukup tinggi, yaitu 8 gram. Nutrisi lainnya berupa vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, zinc serta magnesium.

Karena banyak mengandung nutrisi, mengonsumsi tahu bisa bermanfaat bagi kesehatan antara lain:

1.  Turunkan Kolesterol

Tahu terbuat dari kacang kedelai yang mengandung asam linoleat yang mengatur metabolisme tubuh serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Hal ini berpengaruh juga pada meningkatnya kesehatan jantung kamu.

2.  Kurangi Risiko Kanker 

Terutama risiko kanker prostat dan payudara. Ini disebabkan oleh kandungan isoflavon serta selenium yang tinggi antioksidan.

3.  Optimalkan Fungsi Ginjal

Kandungan protein nabati tahu dapat mengoptimalkan fungsi ginjal. Baik dikonsumsi oleh orang-orang yang mengalami gangguan pada ginjalnya, seperti menjalani cuci darah atau transplantasi ginjal.

4.  Cegah Anemia

Sahabat Goodlife suka merasa lemas, lesu, pusing dan sulit berkonsentrasi karena kurang darah atau anemia? Cobalah rutin mengkonsumsi tahu yang mengandung zat besi ini. Karena tahu akan membantu pembentukan sel-sel darah merah.

5.  Meningkatkan Daya Ingat

Cocok banget buat kamu yang gampang lupa. Kandungan lesitin pada tahu membantu tubuh memproduksi Fosfatidilserin (PS) yang memaksimalkan fungsi syaraf-syaraf otak sehingga daya ingat meningkat.

6.  Mencegah Tanda Penuaan

Meski masih muda, kita harus aware dengan munculnya tanda-tanda penuaan dini. Makanya, asuplah bahan makanan yang sehat dan kaya antioksidan seperti tahu. Alhasil, kulit lebih kenyal dan kencang sehingga keriput enggak mudah mampir.

7.  Mengatasi Rambut Rontok

Protein nabati pada tahu mengandung keratin yang berfungsi menjaga pertumbuhan rambut serta memperbaiki teksturnya yang rusak. Rambut pun tampak lebih berkilau.

Jenis Tahu di Pasaran

Tahu putih

Gak nyangka kan, makanan kita sehari-hari mempunyai banyak manfaat. Tapi kamu tahu gak sih makanan dari kedelai ini banyak jenisnya? Sebelum membeli, ketahui dulu aneka jenis tahu yang dijual di pasaran.

Tahu Kuning

Warna kuningnya berasal dari kunyit, teksturnya padat tetapi lembut serta sedikit berpori. Cocok untuk digoreng, ditumis atau masakan berkuah.

Tahu Putih

Menjadi teman dari tahu kuning yang sama-sama terkenal di Indonesia, namun mereka berdua memiliki perbedaan mencolok. Tahu putih teksturnya padat, permukaannya lebih halus dan lebih lembut dari tahu kuning, serta pori-porinya yang lebih kecil. Enak ditumis, digoreng, dibuat martabak atau perkedel.

Tahu Pong

Uniknya, bagian tengah tahu ini bolong sehingga ketika digoreng tengahnya berongga. Rasanya lebih gurih. Enak disantap hangat dan dicocol aneka sambal.

Tahu Sutera (Tofu)

Asalnya dari Jepang, tetapi cukup populer kok di Indonesia. Teksturnya sangat halus bahkan mudah hancur. Ada yang ditambah telur (egg tofu) dengan warna putih kekuningan. Tofu ini cocok diolah menjadi hidangan puding tahu atau makanan oriental seperti sapo tahu.

Tahu Kulit

Disebut juga tahu Sumedang dengan warna kecoklatan. Jika digoreng bagian luarnya keriting dan sedikit berkerut. Rasanya gurih dan bikin nagih. Biar lebih komplit, jangan lupa ditemani cabe rawit.

Resep Simple Fresh Tofu Veggie Salad

Salad dengan topping tahu

Tertarik untuk mengolah tahu? Goodlife kasih satu resep simple olahan tahu menjadi lebih sehat buat sahabat Goodlife.

Caranya: Rebus beberapa potong tahu Bandung (boleh kuning, boleh putih), lalu potong-potong. Campur dengan potongan lettuce, selada keriting, wortel, mentimun, dan kacang merah yang sudah direbus. Tata di atas piring saji.

Siapkan sausnya yang bisa kamu bikin dari campuran mayones, saus tiram, air lemon dan minyak wijen. Tuang saus di atas campuran tahu dan sayuran. Gampang, kan?

Jangan lupa tambahkan tahu pada menu harian kamu ya, dan rasakan manfaatnya!

Visited 45 times, 1 visit(s) today