Stop Kebiasaan ini! Bisa Bikin Komedo Makin Banyak di Wajah

skin care

Salah satu masalah yang terjadi pada kulit wajah adalah timbulnya komedo. Gangguan ini terjadi begitu saja dan kadang susah dihilangkan. Tapi sebetulnya tanpa disadari, banyak kebiasaan yang kita lakukan memicu timbulnya komedo.

Yang dimaksud dengan komedo adalah benjolan kecil di pori-pori kulit yang bisa menjadi bakal jerawat. Meskipun komedo bisa timbul dimana saja pada tubuh, umumnya komedo timbul di bagian wajah.

Dari jenisnya, komedo sendiri terbagi menjadi 2, yaitu:

  • Komedo hitam (blackhead)

Ini adalah jenis komedo yang paling umum terjadi dan banyak terjadi di bagian hidung. Komedo hitam adalah cikal bakal terjadinya jerawat. Secara medis, komedo hitam juga disebut dengan jerawat ringan.

Warna hitam yang terjadi adalah karena reaksi kimia dari melanin (pigmen pemberi warna kulit) akibat minyak menyumbat folikel rambut. Melanin di sel kulit mati menjadi teroksidasi dan berubah warna dari seperti warna kulit menjadi kehitaman.

  • Komedo putih (whitehead)

Ini adalah jenis komedo yang terjadi ketika, minyak, sel kulit mati dan bakteri terperangkap di bawah pori-pori.

wajah
Komedo terbagi atas komedo hitam dan putih (Foto: Pexels)

Secara sederhana, komedo hitam berada di pori-pori yang terbuka, jadi sebagian komedo ini terpapar udara. Sedangkan komedo putih berada di bawah pori-pori sehingga kadang juga disebut dengan komedo tertutup.

Timbulnya komedo sendiri sebetulnya adalah hal yang wajar dan tidak membahayakan kesehatan kulit secara langsung. Namun bila didiamkan komedo memang bisa bertambah parah dengan timbulnya jerawat.

Gejalanya pun tidak terasa. Jadi kamu tidak akan merasakan keluhan apapun pada kulit sebelum munculnya komedo. Namun kalau kamu merasakan nyeri pada kulit saat sudah ada komedo, bisa jadi itu karena komedo yang tertumpuk akan berubah menjadi jerawat.

Sponsored Links

Awas, Kebiasaan ini Sebabkan Timbulnya Komedo

Komedo sendiri disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari karena konsumsi obat tertentu, perubahan hormon hingga kebiasaan pola hidup yang salah. Misalnya adalah:

Makanan berlemak

Makanan berlemak atau mengandung minyak yang banyak bisa menjadi pemicu timbulnya komedo. Selain itu makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi juga sebabkan timbulnya komedo. 

Memencet komedo

Biasanya karena ingin hilang dengan segera, kita justru memencet komedo. Sebetulnya, kebiasaan memencet jerawat ini akan membuat komedo semakin banyak. Alasannya, pada saat kamu memencet komedo, bisa jadi kamu juga memindahkan bakteri atau kuman pada jari tangan ke wajah. Jadi, peluang terjadinya komedo baru justru semakin tinggi.

Keseringan cuci wajah

Ingin wajah tetap bersih sebetulnya bukan dengan cara mencucinya sering-sering. Cara ini justru akan membahayakan kesehatan kulit dan bisa memicu terjadinya komedo. Keseringan cuci wajah menyebabkan kulit jadi kering, berkerut dan mudah iritasi. Pada akhirnya, ini akan memicu timbulnya komedo pada wajah.

sahur buka puasa
Makanan berlemak dan tinggi gula bisa memicu tumbuhnya komedo (Foto: Pexels)

Terlalu sering kena sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa menyebabkan pori-pori wajah membesar. Ini sebabnya terlalu lama kena sinar matahari bisa berisiko memicu timbulnya komedo. Dengan pori-pori yang membesar, maka kuman, minyak dan bakteri akan lebih mudah masuk. 

Makeup berlebihan

Menggunakan makeup memang tidak bisa sembarangan, karena kadang ada makeup yang tidak cocok dengan kulit. Menggunakan makeup yang tidak cocok dengan kulit dan digunakan secara berlebihan akan memicu tumbuhnya komedo.

Makeup yang berlebihan akan membuat pori-pori kulit juga terbuka semakin lebar sehingga memudahkan bakteri, minyak dan bahan kimia dari makeup menumpuk di dalamnya.

Gangguan komedo bisa terjadi pada semua orang dan kadang menjadi sangat mengganggu kalau komedo tidak kunjung hilang. Padahal komedo juga sering terjadi karena kebiasaan-kebiasaan kita yang selama ini salah. Itu sebabnya kamu bisa mulai mengurangi komedo dari menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut diatas.

Visited 1 times, 1 visit(s) today