Tak Cuma Hiasan, ini Manfaat Punya Bunga di Dalam Rumah

bunga

Memelihara di dalam rumah terkesan hanya sebagai untuk mempercantik ruangan saja. Padahal ada manfaat kesehatan juga yang bisa diambil dari pelihara bunga di dalam rumah.

Menghias rumah dengan meletakkan tangkai bunga dalam vas ataupun memiliki tanaman berbunga yang utuh sudah kerap dilakukan oleh banyak orang. Tapi selain bisa mempercantik bagian rumah, menghias rumah dengan bunga ternyata memiliki beberapa manfaat lainnya, lho.

Membersihkan udara

Menurut sebuah penelitian, beberapa jenis tanaman berbunga seperti peace lily, gerbera, dan bromelia dapat membantu membersihkan udara dari beberapa zat beracun dan menghasilkan oksigen dengan jumlah yang cukup banyak, sehingga kualitas udara juga dapat meningkat.

Memperbaiki mood

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Nancy Etcoff di tahun 2006 menyatakan bahwa bunga yang diletakkan di area dalam rumah yang sering dilihat dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. 

Selain itu, menurut penelitian lain uga menyatakan bahwa pasien di rumah sakit dapat merasa lebih tenang ketika ada bunga yang diletakkan di dalam kamar rawat inap yang membuktikan bahwa bunga juga bisa meredakan rasa cemas dan stres.

Bunga bisa memperbaiki mood (Foto: Pexels)

Meningkatkan kerja otak

Penelitian menunjukkan bahwa bunga yang diletakkan di area ruang kerja dapat memengaruhi kinerja otak dalam berfikir, sehingga sebuah proyek besar atau pekerjaan serius yang sedang dikerjakan dapat dilakukan dengan lebih fokus.

Selain itu, warna bunga yang dipajang juga memiliki efek yang berbeda. Bunga bewarna merah dihubungkan dengan konsentrasi dan fokus dengan detail. Sedangkan, bunga bewarna biru dihubungkan dengan peningkatan kreativitas dan imajinasi.

Mengharumkan ruangan

Beberapa bunga memiliki wangi yang harum dan dapat membantu mengharumkan ruangan. Wangi harum bunga juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran menjadi segar.

Beberapa jenis bunga tertentu, contohnya lavender, dapat membantu seseorang terlelap dengan menghirup wanginya yang dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah.

Selain untuk mempercantik ruangan, bunga juga punya banyak manfaat bagi kesehatan baik itu mental maupun fisik. Jadi, tak ada salahnya untuk mulai memelihara bunga di dalam rumah mulai sekarang.

Visited 1 times, 1 visit(s) today