Tips Biar Sehat Saat Makan Menu Masakan Daging

Sahabat Goodlife, setiap momen hari raya sepertinya tidak lengkap rasanya jika tidak ada ketupat, opor ayam dan tentu saja daging rendang, ketiga makanan tersebut sudah menjadi makanan khas yang disajikan saat hari raya Idul Adha. Namun, perlu kamu perhatikan Sahabat Goodlife bahwa masak-masakan tersebut sebenarnya “kurang sehat.” Tapi tenang bukan berarti kamu tidak bisa makan daging-dagingan saat momen ini, Goodlife punya beberapa tips supaya kamu tetap aman dan sehat setelah makan daging.

Sponsored Links

1. Perbanyak Minum Air Putih

Lemak jenuh dalam daging dapat meningkatkan kolesterol darah, apalagi jika dipadukan dengan santan dan juga minuman-minuman berkalori. Oleh karena itu jangan memilih minuman berkalori tinggi seperti teh manis atau sirup. Sebaiknya perbanyak minum air putih setidaknya 5 – 8 gelas per hari untuk membantu melancarkan pencernaan setelah banyak makan makanan berbahan dasar daging atau kamu juga bisa minum minuman sehat untuk menetralisir seperti;

  • teh hijau yang bisa membuang lemak dengan cara meningkatkan metabolism pencernaan
  • air jahe atau air kunyit mampu menurunkan kadar lemak serta kolestrol dalam tubuh
  • es jeruk, dapat membersihkan kerongkongan dan mencegah penumpukan kadar kolestrol LDL
  • jus jambu biji, kaya akan serat yang tinggi yang dapat menurunkan kolestrol dan tekanan darah
  • jus apel, dapat melarutkan kolestrol jahat LDL dalam tubuh.

2. Makan Buah dan Sayur Sebagai Pendamping

Sayur dan buah dapat menyeimbangkan kadar kolestrol setelah banyak makan daging. Sayuran seperti kubis, tomat, mentimun, wortel, dan kemangi bisa jadi pilihan. Selain untuk lalapan, sayur-sayuran tersebut juga bisa dimasak menjadi pendamping bagi masakan daging. Selain itu, buah-buahan seperti jeruk, semangka, dan melon bisa mengimbangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

3. Makan Dalam Porsi Kecil

Mengonsumsi makanan apapun sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Makanan berbahan daging dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan jika dimakan secara berlebihan, apalagi bagi seseorang yang menderita penyakit hipertensi, kolesterol, kadar asam urat tinggi, dan diabetes. Oleh karena itu kurangi porsi makan daging dan konsumsi daging setidaknya 2 jam sebelum tidur karena dapat menumpuk dan susah dicerna.

4. Konsumsi Suplemen

Bagi yang memiliki riwayat kolestrol tinggi sebaiknya konsumsi suplemen penurun kolestrol atau obat kolestrol yang telah dianjurkan oleh dokter. Mengonsumsi daging juga bisa diimbangi dengan konsumsi vitamin tambahan agar tubuh tetap sehat.

5. Olahraga

Ilustrasi Gerakan Barreless, Yoga

Olahraga adalah kunci. Banyak jenis olahraga yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, tetapi ada beberapa jenis olahraga yang bersifat aerobik dan melibatkan otot secara langsung seperti yoga, lari, renang, dan bersepeda yang dapat menurunkan kolesterol lebih cepat dari olahraga jenis lain.

6. Cek Kolesterol

Jika kamu cukup khawatir dengan kolestrol ada baiknya kamu mengecek kolestrol, selain itu sebaiknya cek kolestrol dilakukan secara rutin agar tubuh tetap terjaga.

Perlu diingat ya Sahabat Goodlife bahwa semua yang berlebihan itu hasilnya kurang baik.

Visited 1 times, 1 visit(s) today