Kurangi Kebiasaan Ngemil dengan Cara Sederhana ini

kurangi ngemil

Ngemil atau snacking memang menyenangkan sih, apalagi kalau sedang Work From Home (WFH) seperti yang sekarang banyak dilakukan. Tapi, Sahabat Goodlife harus ketahui juga bahwa ngemil yang terlalu sering juga bisa berakibat buruk buat kesehatan. 

Dari risiko kelebihan berat badan sampai terkena berbagai penyakit seperti diabetes, rentan terjadi pada orang-orang yang hobi ngemil. Kalau Sahabat Goodlife termasuk yang punya kebiasaan seperti ini, sebaiknya kurangi mulai sekarang.

Sponsored Links

Kurangi Ngemil, ini Caranya

Ahli gizi Keri Granz, RD yang juga penulis buku “The Small Change Diet” mengakui bahwa untuk bisa berhenti dari kebiasaan ngemil memang susah. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kebiasaan yang gak sehat ini, seperti beberapa langkah berikut:

Mengganti cemilan

Tentu sulit untuk langsung berhenti ngemil begitu saja. Nah, untuk mengakalinya kamu bisa tetap ngemil kok tapi dengan mengganti cemilan kamu dengan cemilan sehat. Kamu bisa memulainya dengan buah-buahan atau makanan sehat lainnya, seperti edamame, misalnya. Dari sini kamu bisa mulai untuk mengurangi frekuensi ngemil kamu secara bertahap.

Tidak membeli dalam jumlah besar

Kadang suka lapar mata nih saat berada di minimarket atau supermarket dan akhirnya beli cemilan dalam jumlah banyak. Akibatnya saat di rumah, kamu bisa sulit berhenti ngemil karena banyaknya cemilan yang ada. Sebaiknya beli dalam jumlah terbatas supaya frekuensi ngemil kamu juga berkurang.

Hindari berlama-lama nonton televisi

Percaya atau tidak, menonton televisi bisa memicu orang untuk melakukannya sambil ngemil. Kalau ingin bersantai memanfaatkan waktu luang, cobalah melakukan hal lain seperti membaca buku yang bisa melatih otak menjadi lebih aktif dibanding hanya menonton televisi saja.

Menonton televisi yang memicu ngemil. (Foto: Pixabay)

Tetap aktif

Tetap beraktivitas juga bisa bikin kita jauh dari ngemil. Gak perlu aktivitas yang merepotkan, cukup yang sederhana saja, seperti membersihkan ruangan, merapikan meja atau lemari pakaian dan menyiram tanaman, misalnya. Semakin menikmati aktivitas, kamu juga bisa semakin lupa sama cemilan.

Makan teratur

Ikuti pola makan teratur, yaitu makan besar 3 kali dan makan ringan 2 kali sehari. Melewatkan waktu makan bisa menimbulkan keinginan untuk ngemil. Biasakan juga untuk makan dengan gizi seimbang, seperti mengandung karbohidrat kompleks, tinggi protein dan lemak tak jenuh. Kandungan gizi yang seimbang bisa bikin perut kita kenyang lebih lama.

Tanyakan pada diri sendiri

Sebelum kamu mengambil cemilan, coba tanyakan pada diri sendiri. Apa tujuan kamu ngemil? Sudah berapa banyak asupan kalori yang masuk ke tubuh kamu hari ini? Apakah kamu sudah cukup berolahraga? Bagaimana dengan kondisi berat badan kamu? Terkadang pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti ini bisa membuat kita berpikir lagi untuk ngemil terus-menerus.

Nah, biar gak berlebihan ngemil, Sahabat Goodlife juga bisa menerapkan cara-cara tersebut mulai sekarang untuk menghindari risiko penyakit pada tubuh.

Visited 2 times, 1 visit(s) today