Workout Seru dengan VR Game, Salah Satunya Beat Saber!

VR olahraga beat saber

Pandemi dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seharusnya gak menghalangi kamu untuk tetap berolahraga. Sahabat Goodlife masih bisa memilih olahraga yang aman tanpa harus keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain. Nah, pernah terpikir gak oleh Sahabat Goodlife kalau game bisa menjadi salah satu kesempatan kita buat workout? Ya, game yang selama ini dianggap membuat pemainnya menjadi malas bergerak alias hanya duduk aja ternyata bisa menjadi salah satu alat untuk olahraga yang bahkan jadi jauh lebih menyenangkan.

Untuk itu, kamu harus memilih Virtual Reality (VR) game dengan tambahan perangkat khusus sehingga membuat kamu seolah-olah memang berada di dalam ‘dunia’ game tersebut. Perangkat khusus itu antara lain kacamata VR yang berfungsi memvisualisasikan gambar agar terlihat nyata, headset untuk mendengar efek suara agar terdengar nyata, dan sarung tangan (glove) yang menyambung dengan sistem sehingga gerakan-gerakan yang kamu lakukan seolah memang nyata berada di dalam dunia game.

Hebatnya lagi, dengan workout lewat VR game ini, kamu ‘dibuat’ tidak terlalu fokus dengan gerakan fisik tetapi bersenang-senang mengumpulkan point, naik level, atau malah memburu musuh dengan lincah.

Saat ini, workout dengan VR game bahkan semakin diminati. Buktinya, beberapa fitnes center terkenal kini sudah menyediakan VR game yang bisa dipakai member-nya untuk bermain sambil berolahraga, seperti Fitness Boxing atau Zumba: Burn It Up. 

Gak cuma itu, para gamer dan YouTuber terkenal juga banyak yang tertarik memainkan VR game yang membakar kalori, seperti Erpan dan Baim Wong yang bermain Beat Saber, serta Jess No Limit dengan permainan VR boxing

Berikut ini VR game yang banyak dimainkan dan bisa menjadi pilihan untuk workout di rumah.

Sponsored Links

Sony PlayStation VR Beat Saber

VR Olahraga beat saber 2
Foto: Instagram@beatsaber

Ini adalah VR game yang banyak dimainkan para gamer di Indonesia. Cara bermainnya cukup sederhana, kamu harus memukul balok atau kubus berwarna merah dan biru yang datang ke arah kalian dengan sebuah pedang menyala (lightsaber). Balok atau kubus itu datang sesuai dengan irama lagu yang punya ritme berbeda. 

Untuk mendapatkan skor tertinggi, kamu harus berhasil menebas semua balok-balok tadi sesuai dengan warna lightsaber yang kamu pegang. 

Untuk itu, tentu saja kamu harus bergerak lincah menebas balok sambil menghindari tembok virtual yang muncul. Kamu bisa menghindari tembok dengan bergerak ke kanan, ke kiri, merunduk atau sedikit meloncat. Seru kan?

Dijamin, bermain Beat Saber akan menguras kalori sambil melatih otot-otot tangan dan kaki. Apalagi setiap naik level, kesulitannya pun akan semakin menantang.

Dalam paket All in One PlayStation VR Beat Saber, terdapat headset VR lengkap dengan PlayStation camera, dan dua unit move motion controller serta game Beat Saber yang langsung terpasang di dalamnya.

Kamu bisa membelinya di marketplace atau official retail store PlayStation di Jakarta, Bintaro, Cibubur, Bali, Medan, atau Bandung.

Di beberapa marketplace, paket All in One PlayStation VR Beat Saber dibandrol dengan harga Rp. 5 – 8 jutaan.

Nintendo Switch “Ring Fit Adventure”

VR olahraga ring fit adventure
Foto : Instagram@rightmew

Ring Fit Adventure adalah game petualangan dengan misi mengalahkan naga jahat bernama Dragaux. Di dalam box, Sahabat Goodlife akan mendapatkan 2 aksesori yang dari awal memang dirancang sebagai alat penunjang olahraga, yaitu Ring-Con yang berbentuk bundar mirip setir dan Leg Strap.

Ring-Con berfungsi untuk mengendalikan serangan dalam game dengan cara diremas atau diputar, sementara Leg Strap dikenakan di paha kiri yang berguna untuk menavigasi gerakan berjalan, berlari, atau melompat.

Selama menjalankan misi, kamu akan dihadang berbagai musuh dan untuk menaklukkannya, kamu harus melakukan gerakan-gerakan yang pada dasarnya seperti gerakan olahraga.

Jika kamu gak mau masuk dalam permainan, kamu bisa memilh mode Quick Play yang langsung menyajikan latihan yang diinginkan dan set untuk langsung memfokuskan gerakan pada bagian tertentu di tubuh.

Ikut bermain game atau mode Quick Play, kamu sama-sama akan mendapatkan pengalaman workout yang berbeda. Karena pada dasarnya, ide Nintendo Switch membuat aksesori ini adalah bahwa dengan menggunakannya setiap hari, para gamer bisa tetap berolahraga dan pada saat yang sama bermain game dengan senang dan gembira.

Official dealer Nintendo Switch tidak menjual Ring Fit Adventure secara khusus di Indonesia tersedia di region Asia. Sahabat Goodlife bisa membeli aksesori Ring Fit Adventure (Ring-Con dan Leg Strap) di beberapa marketplace atau game store dengan harga kisaran Rp. 1,5 juta – 1,8 juta.

Soundboxing

VR olahraga soundboxing
Foto: Instagram@drb.zoo

Sesuai namanya, Soundboxing adalah permainan dengan gerakan memukul bola merah dan kuning. Ayunkan lengan kamu untuk memukul sebanyak-banyaknya bola merah dan kuning yang datang tanpa meleset.

Agar semakin semangat, kamu bisa memilih sendiri playlist lagu yang akan mengiringi kamu selama bermain Soundboxing. VR game ini bisa membuat kamu bergerak aktif memadukan boxing dan dancing, dan secara tidak sadar kamu sudah membakar banyak kalori karena kamu fokus hanya menikmati permainan saja.

Kamu bisa membeli VR game Soundboxing di www.steampowered.com dengan harga Rp. 99.999.

Just Dance 2020

VR olahraga just dance
Foto: Instagram@justdancegame_us

Game keluaran Ubisoft Entertainment ini juga bisa membuat kamu membakar kalori dengan menari mengikuti ritme lagu-lagu di playlist. Sahabat Goodlife akan semakin semangat menari karena lagu-lagu yang disediakan pun populer dan bisa kamu pilih sendiri.

Yang bikin semakin seru bermain Just Dance ini, kamu bisa menari bersama teman hingga sampai 8 pemain. Dijamin workout dengan VR game ini akan membuat kamu ketagihan. Hampir seluruh bagian tubuh akan bergerak aktif sambil bersenang-senang mendengarkan lagu favorit bersama teman.

Kamu bisa membeli game Just Dance 2020 di official store Playstation atau marketplace dengan harga berkisar Rp. 500 – 700 ribuan.

VirZOOM

Cara kerjanya sama dengan kamu bersepeda statis. Yang membuat VirZOOM makin menarik dan menantang adalah kamu bersepeda statis tapi seperti dengan pengalaman bersepeda di alam bebas sambil mengejar bandit. Kamu akan masuk ke jalanan yang menikung, menanjak, adu cepat dengan pemain lain atau menolehkan kepala dengan VR headset untuk mengarahkan meriam tank.

VZ Bike Controller dijual di Priceza.co.id dengan harga Rp. 5,5 juta. Namun jika tak ingin mengeluarkan biaya tambahan membeli bike controller, kamu bisa membeli Sensor VZ, alat sensor berukuran kecil yang bisa kamu pasang di roda sepeda statis kamu seharga USD 99 di official dealer www.virzoom.com.

VirZOOM saat ini kompatibel dengan Playstation VR, Oculus Rift, dan HTC Vive Headset. Dengan VirZOOM, workout kamu bersepeda bisa terukur jarak bersepeda, kalori yang terbakar, serta denyut jantung. 

Sahabat Goodlife tertarik untuk VR game yang mana nih? Tapi jangan lupa untuk bermain di tempat yang agak luas ya agar kamu bisa leluasa bergerak.

Visited 31 times, 1 visit(s) today