7 Gerakan Yoga ini Baik untuk Kesehatan Jantung, Cobain Yuk!

yoga

Yoga dikenal sebagai olahraga yang memberikan efek relaksasi, meredakan stres, dan kebugaran. Tapi tahukah kamu bahwa yoga juga baik untuk kesehatan jantung? Beberapa pose yoga ternyata sangat baik untuk membantu kesehatan jantung.

Yoga dikenal sebagai latihan olah tubuh dan pikiran. Gerakan-gerakan yoga adalah gabungan dari latihan pernapasan, meditasi, dan pose yang memiliki efek kebugaran dan kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan ketika rutin melakukan yoga.

–          Mengurangi stress

–          Meningkatkan kebugaran

–          Memperbaiki postur dan kelenturan tubuh

–          Baik bagi penderita jantung dan hipertensi

–          Meringankan gejala asma

–          Memperbaiki mood

Sponsored Links

Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung

Olahraga yang bisa menyehatkan jantung, bukan hanya jenis latihan dengan gerakan aktif seperti jogging, bersepeda, renang atau aerobik. Latihan yoga yang menenangkan juga baik untuk kesehatan jantung.

Bahkan lembaga kesehatan jantung asal Inggris British Heart Foundation merekomendasikan orang yang memiliki penyakit jantung untuk rutin berlatih yoga.

Yoga
Yoga disarankan untuk orang yang menderita sakit jantung (Foto: Pexels)

Jantung adalah organ vital yang bekerja terus-menerus, bahkan saat kita tertidur. Fungsi utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh sehingga sangat penting untuk menjaga kesehatannya.  

Beberapa hal yang bisa mengganggu kerja jantung, antara lain gaya hidup dan kebiasaan makan yang tidak sehat serta stress.

Sementara itu, yoga sudah dikenal sebagai olahraga yang ampuh mengatasi kecemasan, stres, dan depresi, kondisi yang biasanya mempengaruhi kesehatan jantung.

Setiap pose yoga punya efek tertentu pada sistem pernapasan yang bisa membawa lebih banyak oksigen ke dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, kolesterol, kadar glukosa darah serta detak jantung, yang pada akhirnya sangat baik bagi kesehatan jantung.

Gerakan Yoga yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Berikut ini beberapa gerakan atau pose yoga yang baik untuk kesehatan jantung.

1.       Tadasana (mountain pose)

Pose dasar ini membantu memperkuat tulang belakang, mempertajam fokus, dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu jantung untuk bekerja lebih optimal.

Caranya, berdiri tegak dengan kaki sejajar. Bagi berat badan seimbang pada kedua kaki secara merata. Lakukan pernapasan dalam hingga paru-paru mengembang maksimal.

Gerakan tadasana (Foto: Pexels)

2.       Vrikshasana (tree pose)

Tak hanya untuk jantung, pose ini membantu mengembangkan postur tubuh yang kuat dan seimbang. Caranya, berdiri dengan satu kaki ditekuk dan menumpu pada paha kaki sebelahnya. Luruskan kedua tangan ke atas kepala untuk menyeimbangkan dan fokus.

Cara untuk menyeimbangkan tubuh yang baik adalah dengan mengatur pernafasan sehingga tubuh akan lebih rileks. Kondisi ini membuat jantung berdetak lebih teratur dan tidak berlebihan.

Gerakan vrikhasana (Foto: Pexels)

3.       Utthita trikonasana (extended triangle pose)

Fungsi utama dari pose ini sebetulnya adalah untuk melenturkan dan menjaga kekuatan otot pinggul hingga paha. Namun gerakan pada pose ini juga bisa melancarkan aliran darah dan membuat detak jantung lebih teratur.

Gerakannya juga mudah dilakukan, yaitu:

  • Berdiri dengan posisi tegak, kemudian buka kaki selebar bahu dengan posisi kaki kanan ke depan sementara kaki kiri ke belakang.
  • Angkat lengan sejajar dengan lantai, dan kedua telapak tangan menghadap ke bawah.
  • Miringkan pinggul kanan ke depan, begitu pula dengan lengan dan dada.
  • Bawa tangan ke bawah sampai menyentuh kaki atau alas yoga, dan tangan kiri lurus ke atas.
  • Posisi kepala mengarah ke bawah, lalu ke atas seperti melihat kedua tangan secara bergantian.
  • Tahan posisi selama 1 menit dan lakukan gerakan ini selama 5 menit.
Gerakan Utthita trikonasana (Foto: Pexels)

4. Bhujangasana (cobra pose)

Pose ini berfungsi untuk meregangkan dada dan pada prinsipnya juga menyegarkan jantung.

Gerakannya sederhana, yaitu berbaringlah telungkup, letakkan telapak tangan di bawah bahu. Tarik nafas lalu tahan, sambil angkat kepala, dada, dan bahu.

Gerakan bhujangasana (Foto: Pexels)

5.       Adho mukha svanasana (downward dog)

Pose ini memperkuat otot-otot dada termasuk jantung dan melatih paru-paru untuk meningkatkan kapasitasnya.

Gerakannya adalah bungkukkan tubuh seperti membentuk huruf “V” terbalik, rentangkan telapak tangan selebar bahu dan letakkan di atas matras. Angkat pinggul dan luruskan kaki hingga benar-benar membentuk huruf “V” terbalik. Arahkan pandangan ke kaki dan pastikan tulang belakang lurus. Ambil dan buang nafas secara perlahan dalam posisi ini selama kira-kira 3 menit, lalu istirahat dan lakukan lagi sebanyak 3 kali.

Gerakan Adho mukha svanasana (Foto: Pexels)

6.       Janu sirsasana (head-to-knee forward bend)

Dengan posisi duduk, tekuk salah satu kaki dan luruskan kaki yang lainnya. Pegang pergelangan kaki yang lurus, jaga agar punggung tetap rata dan rasakan regangan di paha bagian belakang kaki yang diluruskan.

Selain melatih kelenturan, pose ini berguna untuk menguatkan otot punggung, paha dan pinggul. Gerakan ini juga memperlancar aliran darah dan menguatkan otot jantung.

yoga
Gerakan Janu sirsasana (Foto: Pexels)

7.       Setu bandha sarvangasana (bridge pose)

Berbaring terlentang, lengan di samping dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Tekuk lutut dan bawa tumit sedekat mungkin dengan tulang duduk. Letakkan kaki selebar pinggul lalu angkat paha sampai sejajar dengan matras.

Lakukan pose yoga di atas dengan rutin. Gerakan-gerakan tersebut bisa melatih jantung bekerja maksimal.

Gerakan Setu bandha sarvangasana (Foto: Pexels)

Lakukan olahraga yoga dengan rutin untuk membantu kesehatan jantung secara optimal. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga pola makan sehat dan pola hidup sehat agar kesehatan jantung tetap terjaga.

Visited 45 times, 1 visit(s) today