7 Tempat Ngabuburit dengan Suasana Alam terbuka di Jakarta

wisata

Ngabuburit makin seru jika dihabiskan di alam terbuka. Kamu bisa menikmati langit senja sambil ngobrol santai bersama teman dan keluarga, yang membuat waktu menunggu berbuka menjadi tak terasa. Yuk, ngabuburit dengan suasana alam terbuka yang juga instagrammable ini. 

Mencari tempat terbuka di Jakarta dan sekitarnya kini tak terlalu sulit lagi. Pasalnya, sudah banyak ruang terbuka untuk umum yang bisa dikunjungi. Bukan saja bisa menikmati suasana alam terbuka, beberapa ruang terbuka ini juga cocok dijadikan tempat nongkrong menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.

Nah, saat bulan puasa, ruang terbuka seperti ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat ngabuburit. Berikut ini tempat ngabuburit dengan suasana alam terbuka di Jakarta dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi bersama teman atau keluarga.

1.   CIBIS Park, Cilandak, Jakarta Selatan

CIBIS Park menjadi salah satu tempat ruang terbuka yang sedang viral belakangan ini. Terletak di tengah-tengah Kawasan perkantoran di Jl. TB. Simatupang, CIBIS Park memiliki view yang sangat indah saat ngabuburit, yaitu gedung-gedung perkantoran dengan latar langit senja.

Belum lagi lokasinya yang hijau dengan danau buatan berisi ikan koi, dijamin bikin betah menanti waktu adzan magrib di sini. Untuk berbuka, kamu juga tidak akan kesulitan mencari makanan karena di aera ini terdapat beberapa tenant yang menyediakan makanan dan minuman.

Tidak ada biaya masuk ke Kawasan ini alias gratis. Kamu hanya perlu membayar tiket parkir kendaraan.

  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 08.00-22.00 WIB
  • Alamat: Jl. TB Simatupang no.2, Cilandak, Jakarta Selatan
Foto: Instagram @cibispark

2.       Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan

Di sini kamu bisa ngabuburit sambil duduk santai di hamparan rumput hijau atau membawa tikar sendiri dari rumah. Hutan Kota Gelora Bung Karno memang cocok untuk bersantai sambil menunggu waktu berbuka. Kamu bisa menikmati hijaunya pepohonan dengan latar gedung-gedung perkantoran yang tinggi.

Akses menuju hutan kota GBK juga sangat mudah, kamu bisa mencapainya menggunakan MRT turun Stasiun Istora Mandiri atau Transjakarta turun di halte Gelora Bung Karno. Dari sana, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 5-10 menit melewati pintu 5 GBK.

  • Jam operasional: sesi 1 Selasa-Minggu pukul 06.00-10.00 WIB dan sesi 2 Selasa-Minggu 15.00-18.00 WIB
  • Alamat: Jl. Jend. Sudirman kav 54-55, Senayan, Jakarta Selatan.
jakarta
Foto: Instagram @firlandad

3.   Pantai Pasir Putih PIK 2, Jakarta Utara

Pantai Pasir Putih PIK 2 juga menjadi tempat wisata yang viral belakangan ini. Seperti Namanya, di sini kamu akan menemui hamparan pasir putih yang halus. Di sini kamu bisa menikmati langit senja yang eksotis sambil ngobrol santai bersama pasangan, teman, atau keluarga.

Jika tidak membawa bekal makanan, kamu bisa berjalan sebentar untuk mencapai area foodcourt yang juga masih terletak di hamparan pasir putih di pinggir pantai.

  • Jam operasional: setiap hari mulai pukul 15.00-21.00 WIB
  • Alamat: Golf Island, Jl Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.

4.       Urban Forest Cipete, Jakarta Selatan

Urban Forest Cipete juga menjadi spot hangout, healing, dan ngabuburit yang nyaman. Di sini kamu akan lupa sedang berada di kota karena suasananya memang sangat asri, teduh, dengan banyak pohon rindang seperti tengah berada di hutan.

Ngabuburit di sini, kamu bisa duduk santai di bangku-bangku yang memang disediakan di berbagai titik. Tak perlu khawatir kesulitan mencari makanan berbuka karena di sini banyak tenant yang menyediakan makanan dan minuman, dari makanan tradisional hingga western food.

  • Jam operasional: 07.00-22.00 WIB
  • Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya no.45, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.
Foto: Instagram @urbforest

5.       One Satrio, Jakarta Selatan

Oen Satrio terletak di salah satu strategis Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Hadir dengan konsep breathing space, One Satrio juga cocok dijadikan tempat ngabuburit keluarga karena di sini juga tersedia playground untuk anak-anak.

Untuk kamu yang ingin berolahraga ringan sebelum waktu berbuka, One Satrio juga menyediakan jogging track sepanjang 800 meter. Namun jika hanya ingin bersantai, di sini kamu juga bisa duduk di bangku taman sambil memandangi city light di sekitar perkantoran. Dan jika waktunya berbuka, banyak kios makanan yang tersedia yang bisa kamu beli.

  • Instagram: @onesatrio
  • Jam operasional: 08.00-22.00 WIB
  • Alamat: CBD Mega Kuningan, Jl, Prof. DR. Satrio No.13, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.
Foto: Instagram @eri_jkt

6.       Lapangan Banteng, Jakarta Pusat

Setelah direvitaslisasi, Lapangan Banteng menjadi lebih menarik untuk dijadikan tempat mengbaiskan sore atau ngabuburit bersama teman atau keluarga.

Di sini banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan seperti hunting spot foto, bermain di playground, melihat pertunjukan air mancur, duduk santai di sekitar danau buatan, atau sekadar menikmati langit senja.

  • Jam operasional: 07.00-21.00 WIB
  • Alamat: Jl. Lapangan Banteng, Sawah Besar, Gambir, Jakarta Pusat

7.       Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Jakarta Selatan

Ruang terbuka hijau yang terletak di tengah Kawasan Blok M ini baru saja diresmikan dan tampil dengan wajah baru. Banyak fasilitas yang disediakan di taman ini, di antaranya perpustakaan, plaza anak, mushola, serta amphitheater.

Kamu pun bisa santai menikmati suasana sore hari sambil menunggu waktu berbuka dengan duduk di sekeliling area amphitheater. Untuk mencapai taman ini pun cukup mudah, bisa menggunakan transjakarta lalu turun di terminal Blok M atau MRT turun di stasiun Blok M BCA.

Foto: Instagram @tamanliterasi,jkt
  • Alamat: Jl. Sisingamangaraja no.2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
  • Jam Operasional: 07.00-22.00 WIB

Itulah beberapa pilihan tempat ngabuburit dengan suasana alam terbuka. Jika berkunjung ke sana, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan ya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Visited 3 times, 1 visit(s) today