Biar Enggak Merasa Bersalah, Ini Camilan Sehat nan Lezat

Sudah sejak lama camilan dianggap musuh, terutama bagi yang sedang menurunkan berat badan. Ngemil dianggap salah satu penyebab kenaikan berat badan yang signifikan. Benarkah? Menurut The Academy of Nutrition and Dietetics, camilan justru dapat dan harus menjadi bagian dari rencana makan sehat lho. Bahkan disebutkan bahwa ngemil juga punya banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh, seperti berikut ini.

Mengontrol Berat Badan

Ngemil berarti makan atau minum sesuatu di antara waktu makan. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kelaparan ekstrem yang mendorong kamu menyantap lebih banyak makanan saat waktu makan berikutnya tiba.

Ngemil di antara waktu makan bisa menjaga napsu makan kamu tetap stabil dan pada akhirnya bisa mengontrol berat badan. Megan Mullin, ahli gizi di Las Vegas, Amerika Serikat bahkan menyarankan agar kliennya makan kecil atau ngemil setiap 3-5 jam agar mereka bisa menahan keinginan untuk makan berlebihan.

Menstabilkan Gula Darah dan Menjaga Metabolisme

Kelaparan akan memperlambat metabolisme tubuh. Dengan makan camilan, membantu menaikkan metabolisme dan membantu menormalkan gula darah. Meski begitu, sebaiknya pilih camilan yang kaya serat dan nutrisi seperti sayuran, kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, atau buh-buahan kering.

Memperbaiki Mood, Fokus dan Produktivitas

Camilan sehat bisa menjadi sumber energi yang mendorong peningkatan produktivitas. Selain itu, rasa nyaman karena tidak kelaparan bisa membuat sasana hati menjadi baik dan lebih fokus dalam beraktivitas.

Melihat manfaat ngemil bagi kesehatan tubuh tadi, tentu yang menjadi masalah adalah bukan kebiasaan ngemilnya tetapi jenis makanan yang dipilih untuk dimakan. Gorengan, permen, cookies, biskuit atau makanan kemasan biasanya menjadi pilihan utama saat ngemil.

Nah, supaya lebih sehat dan kamu enggak merasa bersalah karena ngemil, Goodlife punya rekomendasi camilan yang sehat nan lezat. Camilan ini sangat praktis bisa kamu simpan di laci kerja atau di dalam tasmu.

Camilan Yang Sehat Nan Lezat

Soyjoy

Makanan ringan berbentuk bar ini mengandung nutrisi penting seperti protein, serat, vitamin A, B, dan E serta isoplavon yang bagus untuk kesehatan kulit. Tak heran karena Soyjoy terbuat dari tepung kedelai, buah-buahan asli yang dikeringan serta kacang-kacangan.

Protein dan isoplavon dalam kedelai bisa mengurangi kolesterol jahat dalam darah sehingga bisa mengurangi pembekuan darah dan risiko penyakit jantung serta stroke. Sementara jenis kacang-kacangan mengandung lemak baik yang menyehatkan dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Buah-buahan asli yang dikeringkan seperti kismis juga bisa mencukupi asupan serat.

kacang kedelai

East Bali Cashews Granola Bite

Granola terdiri dari oat, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering sehingga kaya akan serat, zat besi dan magnesium. Serat yang tinggi bisa membantu melancarkan pencernaan, mengontrol kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol hingga membuat kenyang lebih lama.

Jika malas membuat granola sendiri, kamu bisa memilih East Bali Cashew Bite, granola yang semua bahan bakunya diambil dari petani lokal di Karangasem, Bali Timur. Camilan sehat ini karena bebas bahan pengawet serta memadukan rasa cokelat dan vanilla yang lezat. Cocok untuk ngemil di pagi dan sore hari.

Elle & Vire Yoghurt

Yoghurt sangat cocok dipilih sebagai menu camilan untuk kamu yang ingin menjaga berat badan. Kombinasi kandungan probiotik, protein, dan kalsium dalam yoghurt bisa memicu produksi hormone anti lapar seperti GLP-1 dan peptide YY. Yoghurt juga mengandung vitamin B kompleks, magnesium, fosfor, dan zat besi. 

Mengonsumsi yoghurt secara rutin dengan takaran 200-400 ml setiap hari dapat menyeimbangkan kadar kolesterol, memelihara fungsi otot, serta sistem saraf.

Elle & Vire Yoghurt bisa jadi pilihan menu camilan kamu karena lebih praktis dan juga tersedia dengan berbagai varian rasa buah. Selain disantap langsung, kamu bisa menggunakan yoghurt sebagai toping buah-buahan potong atau campuran smoothies.

plain yogurt

Naraya Oat Choco

Seperti namanya, bahan utama pembuat camilan ini adalah oat, biji serelia utuh yang baik bagi kesehatan karena mengandung tujuh vitamin, kalsium, zat besi, dan protein. Oat bahkan memiliki kandungan protein dua kali lebih banyak dibanding gandum atau jagung utuh.

Penelitian menunjukkan bahwa oat mengandung jenis serat tertentu yang terbukti ampuh menurunkan kolesterol. Karbohidrat kompleks yang kaya serta dalam oat juga bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

snack sehat

Nah, siapa bilang camilan sehat itu enggak enak?