Awas, Ini Makanan Pemicu Batu Empedu yang Sebaiknya Dihindari

Tak seperti batu ginjal, penyakit batu empedu kurang diwaspadai oleh banyak orang. Namun kita bisa menghindari terbentuknya batu empedu dengan menghindari makanan-makanan berikut ini.

Batu empedu tidak serta menimbulkan serangan gejala yang menyakitkan. Namun ketika batu empedu itu bergerak menyumbat saluran dan menimbulkan peradangan pada organ, barulah kamu akan merasakan betapa tidak menyenangkannya memiliki batu empedu..

Serangan batu empedu yang timbul bisa sangat menyakitkan, mulai dari mual, muntah, demam ringan hingga menggigil, nyeri di bagian tengah perut, nyeri di punggung, atau urin berwarna teh pekat.

Batu empedu sendiri adalah endapan cairan pencernaan (yang biasanya mengandung banyak kolesterol) yang kemudian mengeras di dalam kantong empedu. Ukuran batu empedu pun beragam, mulai dari seukuran butiran pasir, kerikil, hingga sebesar bola golf.

Serangan batu empedu pada tingkat ringan, biasanya akan reda dengan sendirinya. Namun jika rasa sakit tak kunjung reda, sebaiknya segera mencari pertolongan dokter.

Batu empedu punya tingkatan gejala yang berbeda (Foto: Pexels)

Sementara itu, bahaya komplikasi yang mungkin dari batu empedu, antara lain:

  • Peradangan kantong empedu yang menyebabkan rasa nyeri yang tajam di perut kanan atas disertai demam tinggi.
  • Penyumbatan saluran empedu, yang menyebabkan jaundice (warna kuning pada mata dan tubuh akibat penumpukan bilirubin yang berlebihan di dalam darah). Kondisi ini dapat disertai infeksi yang merupakan kondisi yang serius.
  • Penyumbatan saluran pankreas yang menyebabkan nyeri perut yang hebat dan konstan, biasanya memerlukan rawat inap.
  • Kanker kantung empedu. Orang yang memiliki riawayat batu empedu memiliki risiko kanker kantung empedu, meski kanker jenis ini jarang terjadi.
Sponsored Links

Makanan Pemicu Batu Empedu

Dilansir dari Cleveland Clinic 75% penyebab batu empedu adalah kelebihan kolesterol dalam darah.

Kolesterol dalam darah yang tinggi menyebabkan kandungan kolesterol yang lebih tinggi dalam kantung empedu. Bahan kimia dalam empedu (lesitin dan garam empedu) seharusnya melarutkan kolesterol.

Namun karena kandungan kolesterol terlalu banyak, bahan kimia dalam empedu kewalahan melarutkan kolesterol sehingga mengendap membentuk batu empedu.

Salah satu upaya untuk mencegah terjadinya batu empedu adalah dengan menghindari makanan-makanan tinggi kolesterol.

Berikut ini makanan pemicu batu empedu yang harus kamu hindari.

1.       Karbohidrat olahan

Yang termasuk karbohidrat olahan adalah gula atau pemanis tambahan, tepung putih, biji-bijian olahan, dan pati. Karbohidrat olahan juga dapat ditemui pada kue, roti, cokelat, permen, donat, atau minuman dengan tambahan rasa.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa makan 40 gram atau lebih karbohidrat olahan meningkatkan 2 kali risiko mengalami batu empedu dengan gejala.

2.       Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng memang terasa lebih menggoda. Namun makanan yang digoreng mengandung lebih banyak minyak dan lemak jahat, yang merupakan pemicu utama gejala batu empedu.

Jika ingin menggoreng makanan, gantilah dengan minyak yang lebih sehat, misalnya minyak kelapa.

3.       Daging berlemak atau olahan

Lemak pada daging pada akhirnya hanya akan menambah kolesterol dalam darah. Kamu bisa mengganti daging berlemak dengan daging tanpa lemak, ayam, kalkun, atau ikan. Sementara itu, daging olahan mengandung bahan kimia tambahan yang juga dapat memicu gejala batu empedu.

Daging olahan berisiko memicu gangguan batu empedu (Foto: Freepik)

4.       Produk susu tinggi lemak

Susu, keju, yogurt, mentega, dan krim semuanya mengandung lemak hewani tingkat tinggi. Hal ini bisa meningkatkan komplikasi di kantung empedu. Jika ingin tetap mengonsumsi produk susu, pilihlah yang rendah lemak atau bahkan bebas lemak.

5.       Makanan berlemak

Jenis lemak dari makanan yang memicu terbentuknya batu empedu antara lain lemak trans-jenuh, lemak jenuh, lemak hewani, dan minyak terhidrogenasi. 

Contoh makanan berlemak seperti makanan yang dimasak dengan santan, pizza (lemak berasal dari topping keju dan daging olahan), kentang goreng, kerupuk, dan ayam goreng cepat saji.

Masalah batu empedu memang sangat tidak menyenangkan, terlebih saat serangan gejalanya muncul. Dalam beberapa kasus bahkan batu empedu sangat berbahaya.

Untuk menghindari terbentuknya batu empedu, kamu disarankan memperbanyak makan buah dan sayuran segar yang kaya serat.

Visited 2 times, 1 visit(s) today