Bagus Untuk Kesehatan Mental, Ini Cara Menikmati Kesendirian Tanpa Merasa Kesepian

Menyendiri dan kesepian adalah dua hal yang berbeda. Kamu bisa tetap menikmati kesendirian tanpa merasa kesepian. Simak caranya menyendiri untuk menemukan kedamaian dan bersantai.

Sebagai makhluk sosial, manusia memang perlu terhubung dengan orang lain. Apalagi dengan kehidupan yang sibuk melakukan aktivitas harian, kita tentu selalu berhubungan dengan banyak orang.

Bisa dibilang, semakin sibuk, kita semakin sedikit memiliki waktu untuk sendiri dan menyendiri. Dan sayangnya, belum banyak juga orang yang menyadari bahwa kita perlu memiliki waktu hening untuk menyendiri.

Yang sering didengar adalah ‘saya terlalu sibuk untuk meluangkan waktu untuk diri saya sendiri’ atau saya tidak bisa duduk diam, saya harus produktif’.

Padahal, semakin sibuk kamu, semakin besar manfaat memiliki waktu menyendiri untuk kesehatan mental.

Menyendiri itu bermanfaat untuk kesehatan mental (Foto: Pexels)
Sponsored Links

Kenapa Menyendiri Itu Perlu?

Di tengah-tengah kesibukan kita, sangat penting untuk menyeimbangkan waktu antara bersosialisasi dan waktu yang dihabiskan sendirian.

Ketika menyendiri, kita bisa menggunakan waktu ini untuk memikirkan perasaan, ide, harapan, masalah dan semua pengalaman yang sudah kamu lalui.

Menyendiri juga bisa menjadi waktu diri sendiri untuk melepaskan diri dari tekanan sosial, sejenak mengabaikan penilaian orang lain, dan lebih fokus ke dalam diri sendiri. Hal itu tentu saja sangat baik bagi kesehatan mental seseorang.

Dalam sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications ditemukan bahwa menyendiri dapat menyebabkan perubahan di otak yang membantu mendorong proses kreatif dan cenderung menjadi orang yang sangat kreatif.

Wanita Laptop
Menyendiri bisa meningkatkan kreativitas (Foto: Pexels)

Selain itu, menyendiri juga membantu kamu mengenal dan memahami diri sendiri. Pada akhirnya bisa membantu membangun kepercayaan diri ketika menghadapi semua jenis situasi.

Cara Menyendiri yang Tepat

Sebelum membicarakan cara menyendiri, ada baiknya kita membahas soal menyendiri dan kesepian.

Menyendiri dan kesepian adalah dua hal yang berbeda. Menyendiri adalah sengaja menyediakan waktu untuk dirinya sendiri.

Sementara kesepian adalah keadaan mental dan emosional berupa perasaan hampa, sunyi, tidak memiliki teman, terisolasi, dan merasa tidak ada seorang pun yang mendukungnya atau memahami keadaannya.

Nah, berikut adalah cara menyendiri yang tepat tanpa merasa kesepian, untuk mendapatkan kedamaian dan pikiran yang rileks serta santai.

1.   Pilih waktu

Jika menunggu waktu yang benar-benar luang, tentu akan sulit. Jadi, pilih waktu di mana kamu bisa menyendiri di sela-sela aktivitas. Tak perlu seharian, kamu bisa sediakan waktu 1-2 jam untuk menepi sebentar dari kehidupan sosial.

Pastikan teman, kolega atau keluarga tahu jika di waktu itu, kamu tidak bisa diganggu dengan urusan pekerjaan dan lainnya.

2.   Matikan media sosial

Manfaatkan waktu menyendiri untuk fokus pada diri sendiri dan apa yang menjadi minat kamu. Melihat media sosial justru membuat kamu tergoda membandingkan kondisi sosial kamu dan orang lain.

Matikan media sosial dan fokus pada diri sendiri (Foto: Pexels)

3.    Nonton film

Kamu bisa pilih nonton film streaming berbayar atau pergi ke bioskop sendirian. Jangan pedulikan anggapan aneh nonton di bioskop sendirian. Fokus saja untuk menikmati filmnya. Toh ketika lampu dimatikan dan film diputar, kamu bisa menikmati kesendirian sambil bersantai.

4.   Nongkrong di kafé

Pesanlah secangkir kopi lalu duduk santai di kafé. Kamu bisa sambil membaca buku, mendengarkan musik lewat headphone atau sekadar memperhatikan aktivitas orang lain di sekitar kamu.

5.   Solo traveling

Jika memiliki waktu yang lebih banyak, kamu bisa mencoba solo traveling, hiking, atau camping. Menghabiskan waktu sendirian di luar ruangan dengan pemandangan yang berbeda dapat me-refresh pikiran.

Mungkin solo traveling ini akan lebih menantang bagi kamu yang baru pertama kali melakukannya. Jika berhasil melakukannya, kamu akan memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi, sekaligus punya banyak memori yang seru untuk dikenang sendiri.

Di tengah kesibukan kita yang padat, memiliki waktu menyendiri adalah sebuah kemewahan. Kita bisa memanfaatkan waktu menyendiri untuk berefleksi, bersantai, dan menjadi diri kita sendiri.

Visited 3 times, 1 visit(s) today