Introvert Juga Bisa Jago Public Speaking, ini Caranya

introvert

Banyak yang mengira bahwa orang dengan kepribadian introvert tidak bisa tampil di muka umum atau melakukan public speaking. Benarkah begitu? Padahal nyatanya, beberapa tokoh terkenal seperti Michael Jordan, Bill Gates, J.K. Rowling dan aktris Hollywood Meryl Streep adalah contoh orang introvert yang sangat populer dan sering melakukan public speaking.

Pada dasarnya, introvert adalah jenis kepribadian yang cenderung lebih fokus pada pikiran dan perasaan yang berasal dari dirinya sendiri. Jadi, orang introvert biasanya akan merasa lebih nyaman bila sedang sendirian. Menyendiri bagi orang introvert adalah seperti mengisi energi kembali untuk merasa lebih nyaman.

Public speaking sendiri adalah sebuah skill yang mutlak diperlukan apalagi buat kamu yang aktif dan harus berjumpa dengan banyak orang. Public speaking diperlukan sebagai keterampilan dalam berkomunikasi yang berguna untuk membangun relasi baik dalam usaha maupun hubungan sosial lainnya.

Keterampilan public speaking penting untuk dimiliki (Foto: Xframe)

Bagi orang ekstrovert yang memang senang menggunakan energinya bersama orang lain, public speaking mungkin adalah hal yang biasa saja karena orang dengan kepribadian ini memang lebih merasa nyaman saat berada di tengah keramaian dan harus bicara dengan banyak orang.

Namun bagi orang introvert, keterampilan public speaking mungkin bisa menjadi tantangan tersendiri. Tapi yang jelas, orang introvert pada dasarnya tetap bisa melakukan public speaking dengan baik meskipun ia lebih suka menyendiri dibanding harus bertemu dengan banyak orang.

Sponsored Links

Public Speaking Buat Introvert

Nah, buat kamu yang introvert, menguasai teknik public speaking adalah hal yang sangat penting, terlebih kalau kamu harus aktif berkomunikasi dengan banyak orang dalam pekerjaan kamu setiap hari. Tips berikut mungkin bisa membantu kamu untuk lebih mudah melakukan public speaking:

Pahami bahwa public speaking bisa dipelajari

Pada dasarnya public speaking itu adalah sebuah keterampilan yang bersifat teknis. Artinya, ini adalah sesuatu yang kamu bisa pelajari dan nantinya mahir dalam melakukannya. Memang ada sebagian orang yang dikenal sebagai orator punya kemampuan public speaking yang sangat bagus. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya sama sekali kan?

Public speaking juga tidak harus berarti kamu bicara dalam ruang yang besar dan disaksikan ratusan bahkan ribuan orang. Public speaking bisa kamu gunakan saat kamu melakukan presentasi pada tim kerja atau klien kantor dalam lingkup yang kecil. Intinya adalah teknik komunikasi yang baik.

Fokus pada audiens

Dalam public speaking kamu memang harus berbicara. Tapi dalam kondisi tersebut kamu harus bicara kepada audiens dan kamu bisa mencari celah bahwa kamu harus mengerti apa yang diinginkan dan dibutuhkan audiens.

Fokus pada audiens saat bicara (Foto: Xframe)

Introvert adalah pendengar yang baik. Nah dalam kesempatan ini kamu bisa fokus pada audiens untuk ketahui apa sebetulnya yang mereka butuhkan saat kamu bicara. Hidupkan suasana dan kondisikan bahwa audiens juga punya peran dalam forum tersebut.

Belajar dari ahlinya

Rasanya wajar saja kalau kamu merasa kurang yakin tampil untuk public speaking. Itu sebabnya kamu bisa belajar dari orang yang kamu anggap ahlinya atau yang sudah berpengalaman.

Perhatikan cara mereka bicara, mengatur tempo hingga gesturnya saat mereka bicara. Tidak masalah kalau kamu juga mau meniru gaya mereka untuk awalnya. Siapa tahu kamu jadi merasa lebih nyaman saat bicara.

Kamu juga bisa minta masukan dari mereka setelah kamu selesai bicara untuk tahu apa saja kekurangan dan kelebihan kamu dalam public speaking.

Perlu kamu tahu bahwa public speaking adalah keterampilan yang sangat penting kamu miliki. Apalagi sekarang ini kamu banyak dituntut untuk tampil baik dalam forum atau di platform media sosial. Pekerjaan saat ini juga banyak menuntut kamu untuk bertemu dengan banyak orang.


Jadi, pelajari public speaking mulai sekarang karena keterampilan ini sebetulnya bukan hanya untuk bicara di depan forum saja tapi juga untuk melatih rasa percaya diri dan yang penting adalah membangun komunikasi yang lebih baik dengan lingkungan di sekitar kamu.

Visited 4 times, 1 visit(s) today