Biar Gak Bingung Pas Pertama Kali Ngegym, ini Rekomendasi Alat Gym Buat Pemula

hitt atau liss

Banyak orang ragu pergi ke gym karena berpikir bahwa banyaknya peralatan di gym membuat mereka bingung, mau gunakan yang mana dulu. Buat yang masih pemula, sebetulnya ada anjuran pemakaian biar tidak bikin bingung.

Buat pemula sebetulnya intinya adalah beradaptasi dulu dan membiasakan tubuh melakukan olahraga secara rutin dengan latihan-latihan yang sifatnya ringan. Gym juga biasanya dipenuhi dengan orang-orang usia muda yang sudah bertubuh ideal, seperti lengan berotot, perut langsing dan sixpack.

Kadang kondisi ini justru membuat pemula jadi merasa rendah diri untuk datang ke gym karena tubuhnya yang tidak ideal seperti kegemukan atau terlalu kurus. Perlu kamu tahu, bahwa sesungguhnya gym adalah pusat latihan kebugaran untuk semua orang, termasuk yang tubuhnya tidak ideal dan mungkin juga yang usianya tidak muda lagi.

Banyaknya peralatan gym juga sering membuat pemula jadi ragu untuk datang ke gym karena bingung mau pakai alat yang mana. Selain itu beberapa alat terlihat rumit, jadi merasa sulit memahami ini alat apa dan bagaimana menggunakannya.

Nah, supaya kamu lebih percaya diri dan tidak bingung mau pakai alat yang mana, berikut ini adalah rekomendasi peralatan gym untuk pemula:

Treadmill

Ini adalah alat yang selalu ada di semua gym, baik gym yang besar maupun yang kecil. Treadmill juga selalu digunakan sebagai olahraga awal sebelum melakukan latihan dengan alat yang lain yang artinya alat ini sering dijadikan ajang pemanasan bagi pengunjung gym.

Beberapa gym menggunakan treadmill dengan banyak tombol dan teknologi yang canggih. Kamu tidak perlu bingung untuk menggunakannya. Yang penting kamu ketahui adalah tombol start dan stop (biasanya jadi satu) dan tombol pengatur kecepatan.

olahraga
Treadmill mudah digunakan dan banyak manfaatnya (Foto: Xframe)

Treadmill juga menyediakan menu latihan dengan porsi tertentu, seperti marathon, cross country, dan lain-lain. Kalau kamu belum terbiasa, sebaiknya gunakan saja mode manual dimana kamu bisa berlatih sesuai kebutuhan.

Static bike

Ini juga mirip dengan treadmill namun dengan bentuk yang lebih menyenangkan, yaitu sepeda. Alat ini juga sering dijadikan pemanasan sebelum melakukan latihan lainnya dan kadang dijadikan sebagai sesi latihan santai di tengah-tengah latihan yang berat.

Kamu bisa memilih berbagai kondisi saat menggunakan alat ini, seperti beban berat pada pedal atau ringan. Sebaiknya kamu juga menentukan target waktu atau jarak sehingga latihan kamu lebih optimal.

olaharaga
Static bike bisa jadi alat pemanasan (Foto: Xframe)

Chest press

Setelah badan mulai siap untuk berlatih lebih berat, kamu bisa menggunakan chest press. Alat ini berfungsi untuk menguatkan otot di sekitar dada, pundak dan punggung. Bahkan beberapa instruktur kebugaran selalu menyarankan penggunaan alat ini untuk pemula dibanding dengan angkat beban dengan dumbell atau barbel.  

Elliptical

Alat ini mudah digunakan dan punya dampak buat hampir seluruh tubuh. Artinya, dengan menggunakan alat ini kamu bisa melatih otot di hampir semua bagian tubuh. Elliptical juga bisa kamu gunakan sebagai alat untuk pemanasan sebelum berlatih dengan alat lainnya.

Elliptical juga mirip dengan treadmill namun membawa dampak kebugaran yang lebih luas (Foto: Xframe)

Lat pull-down

Alat ini berfungsi untuk melakukan gerakan pull-down, yaitu menarik beban dari atas dengan kedua tangan. Manfaatnya adalah melatih postur tubuh agar tetap tegak dan ideal, menguatkan tulang belakang, menguatkan otot punggung, dan menguatkan otot lengan.

Leg press

Sesuai dengan namanya, alat ini bertujuan untuk menguatkan otot-otot kaki terutama di sekitar paha. Banyak orang berfokus pada otot di lengan, padahal otot kaki punya peran jauh lebih besar untuk menopang tubuh sehari-hari. Tanpa otot kaki yang kuat, kaki kamu akan kesulitan menopang tubuh di hari tua nanti.

Melatih otot kaki juga tak kalah penting, gunakan leg press (Foto: pexels)

Cable machine

Sepintas ini mirip dengan lat pull-down dan beberapa alat di gym ada yang multifungsi menggabungkan cable machine dengan lat pull-down sekaligus. Bedanya dengan lat pull-down adalah cable machine dilakukan dengan posisi berdiri dengan menarik tali yang dihubungkan dengan beban dari atas ke bawah.

Cable machine baik digunakan untuk pemula

Alat ini membantu kamu menguatkan dan membentuk otot trisep, pundak, punggung atas  dan lengan. Lakukan dengan beban yang memang sesuai dengan kekuatan kamu.

Beberapa alat tersebut bisa kamu pilih untuk latihan awal sebagai pemula di gym, karena cakupan dampaknya cukup besar dan luas bagi tubuh. Kamu juga bisa minta bantuan instruktur di gym untuk durasi latihan, gerakan yang benar dan alat apa lagi yang bisa kamu gunakan kalau kamu sudah cukup mahir dengan alat-alat sebelumnya.

Visited 31 times, 3 visit(s) today