Yang Mau Ikutan Gowes Jangan Salah Beli, Ini Jenis Sepeda yang Lagi Tren

tren sepeda

Naik sepeda sekarang bukan lagi untuk sekadar ikutan tren, tapi sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan banyak orang. Itu sebabnya Element Bike Indonesia sebagai brand sepeda lokal semakin giat berinovasi untuk memenuhi kebutuhan para pesepeda. Apa saja tren sepeda yang diminati saat ini?

Tria Permana, Head Creative Marketing Element Bike Indonesia menjelaskan bahwa saat ini masyarakat masih menggemari jenis sepeda lipat atau folding bike untuk kebutuhan sehari-hari atau bersepeda santai di saat libur.

“Sekarang tren masih folding bike, tapi memang gak seperti tahun lalu,” jelas Tria saat berbincang dengan Goodlife. “Kalau tahun lalu memang orang beli folding bike karena momen. Tahun ini sudah seperti jadi gaya hidup dan kebutuhan mereka,” tambahnya.

Sponsored Links

Inovasi dan Kolaborasi

Tria juga mengakui bahwa dengan bergesernya tren memiliki sepeda sebagai salah satu pemenuhan kebutuhan, maka produk sepeda pun harus bisa menyesuaikan diri dan kolaborasi dan inovasi.

tren sepeda
Kolaborasi dengan Kemenparekraf. (Foto: Element Bike Indonesia)

Element Bike Indonesia saat ini, misalnya, sedang menjalin kerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk membuat sepeda edisi Nusantara, yaitu sepeda dengan desain khas daerah-daerah unggulan pariwisata di Indonesia. Saat ini Element Bike Indonesia baru mengeluarkan 3 edisi sepeda, yaitu Bali, Jawa Tengah, dan Toraja. Rencananya akan menyusul 2 sepeda edisi Nusantara lagi, yaitu edisi DKI Jakarta dan 5 Destinasi Super Prioritas Kemenparekraf. Jadi total Element Bike Indonesia mengeluarkan 5 sepeda edisi Nusantara.

“Untuk edisi Jawa Tengah sudah launching Maret lalu dan rencananya edisi Bali akan dirilis akhir April ini,” terang Tria.

Edisi Nusantara menurut Tria sengaja dibuat untuk kembali meningkatkan gairah berwisata di Indonesia. Itu sebabnya desainnya juga terinspirasi dari ikon wisata atau budaya daerah setempat. Tria mencontohkan edisi Bali yang diberi gambar Barong dan Garuda Wisnu Kencana. Sementara edisi Jawa Tengah diberi desain batik kawung dan candi Borobudur di frame-nya. “Helmnya juga desainnya mirip blangkon,” terang Tria.

Element Nusantara edisi Bali. (Foto: Element Bike Indonesia)

Tak disangka, respon dari masyarakat juga sangat bagus, terutama dari daerah yang dijadikan tema desain sepeda. “Mereka merasa sangat bangga sekali karena daerahnya diangkat menjadi tema sepeda kita,” terang Tria.

Mengusung konsep sport tourism, Element Bike Indonesia juga mempertimbangkan keinginan pesepeda untuk bepergian dan gowes di daerah wisata tujuannya. Hal ini juga yang kemudian melahirkan ide bundling sepeda dengan koper untuk memudahkan traveling.

Tria juga menjelaskan peluang untuk mengekspor lebih jauh sepeda anak atau kids bike. Salah satunya adalah dengan berkolaborasi bersama Marvel, Disney (Frozen) dan Sanrio. Menurut Tria, dulu sepeda untuk anak-anak tidak begitu berinovasi seperti sepeda orang dewasa. Namun kini saat sepeda sudah menjadi kebutuhan termasuk untuk keluarga, sepeda anak sudah saatnya ikut berinovasi juga. 

“Dengan karakter yang disukai anak-anak, kita akan mulai develop dari situ untuk mengembangkan kids bike,” terang Tria.

Soal berinovasi, Tria mengakui bahwa hal ini merupakan tantangan tersendiri. Karena pada dasarnya Element Bike Indonesia sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan siapa saja terutama dengan brand lokal.

Tren yang Disukai Saat ini

Menurut Tria tren saat ini memang belum banyak berubah, namun kebutuhan oranglah yang berubah. Ia mencontohkan bahwa saat ini mulai banyak orang membeli road bike bukan untuk kebutuhan, tapi cenderung karena momen, hobi dan memang ingin fokus olahraga. 

“Sebetulnya mengendarai road bike itu gak mudah dan gak bisa sembarangan,” jelas Tria. “Itu sebabnya yang beli road bike biasanya hanya memang orang yang serius menggunakan sepeda,” tambahnya.

Folding bike. (Foto: Element Bike Indonesia)

Tria juga menjelaskan kenapa sampai sekarang folding bike masih sangat digemari oleh banyak orang. Menurutnya folding bike bisa digunakan dengan mudah, bisa dibawa kemana saja dan nyaman untuk dipakai saat ingin bersepeda santai. Tria juga menyarankan bagi pemula yang ingin mulai serius naik sepeda sebaiknya menggunakan folding bike dulu.

Saat ini Element Bike Indonesia memiliki 4 official store selain dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Visited 10 times, 2 visit(s) today