Bisa Cegah Kanker, ini Sederet Manfaat Wasabi untuk Kesehatan

makanan sehat

Menyantap makanan Jepang seperti sushi dan sashimi rasanya kurang lengkap tanpa wasabi. Sepintas, fungsi wasabi mirip dengan sambal sebagai penambah citarasa pedas yang segar. Tapi wasabi punya rasa pedas yang berbeda. Dan ternyata kandungan gizinya juga tinggi.

Wasabi yang sudah siap disantap berbentuk seperti pasta dengan warna hijau muda yang lembut. Rasanya pedas namun tidak seperti pedas dari cabai yang biasa kita rasakan dari sambal. Pedas dari wasabi cenderung seperti daun mint yang menyegarkan dengan aroma yang khas.

Wasabi (Wasabia japonica) sendiri sebetulnya berasal dari tanaman yang termasuk sebagai tanaman herbal yang masih satu keluarga dengan kubis dan kol. Cara mengolahnya cukup mudah yaitu dengan memarutnya dengan parutan khusus hingga berbentuk seperti pasta.

Dengan rasa dan aromanya yang khas, wasabi adalah salah satu pelengkap kelezatan favorit di Jepang. Namun ternyata tak cuma rasanya saja yang difavoritkan, tapi juga khasiat dari kandungan gizinya.

Wasabi digunakan sebagai pelengkan makanan sushi dan sashimi (Foto: Pixabay)
Sponsored Links

Kandungan Nutrisi Wasabi dan Manfaatnya

Meskipun bentuknya sangat sederhana, tapi wasabi punya kandungan nutrisi yang kaya dan bermanfaat buat kesehatan.dalam takaran 1 sendok makan (16 gram) wasabi mengandung:

  • 1 gram serat
  • 1.7 gram lemak
  • 0.4 gram protein
  • 7.4 gram karbohidrat
  • 542 miligram natrium

Dengan kandungan nutrisinya, wasabi juga punya banyak manfaat buat kesehatan, seperti:

Melawan bakteri

Wasabi mengandung senyawa aktif Allyl isothiocyanate yang punya sifat antibakteri. Itu sebabnya wasabi sering dijadikan pendamping makan sushi atau sashimi karena kedua makanan tersebut menggunakan ikan yang masih segar dan mentah. Wasabi berperan dalam memperkaya rasa sekaligus membunuh bakteri berbahaya bila ada pada makanan.

Mencegah timbulnya sel kanker

Wasabi mengandung senyawa Methylsulfinyl hexyl isothiocyanate (6-MITC) yang secara medis diketahui mengandung sifat anti inflamasi dan anti kanker. 

Wasabi mengandung berbagai senyawa yang bersifat anti bakteri (Foto: Pexels)

Mencegah berat badan berlebih

Buat kamu yang sedang menjaga berat badan ideal, jangan ragu untuk makan makanan Jepang dengan wasabi. Karena wasabi diketahui mengandung Hydroxyferulic acid yang diketahui bisa menghambat terbentuknya lemak dalam tubuh.

Mencegah risiko anemia

Anemia disebabkan karena kekurangan zat besi dan biasanya gejala yang umum dirasakan adalah rasa pusing dan mudah lelah. Wasabi sendiri merupakan sumber zat besi yang baik bagi tubuh. Meskipun belum tentu bisa mencegah anemia sepenuhnya, namun setidaknya kandungan zat besi pada wasabi bisa mengurangi risiko terkena anemia.

Membantu kesehatan jantung

Kesehatan jantung sangat perlu untuk dijaga. Salah satu alasan mengapa wasabi baik untuk bantu kesehatan jantung adalah karena wasabi mengandung senyawa yang bersifat antihypercholesterolemic yang bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh secara alami.

Wasabi memang memiliki rasa yang khas dan tidak semua makanan bisa cocok untuk dinikmati bersama wasabi. Namun beberapa jenis makanan Jepang terutama yang saat ini sedang tren, seperti sashimi dan sushi sangat cocok kamu nikmati dengan wasabi.

Sambil kulineran menikmati makanan Jepang, jangan lupa untuk menikmati wasabi. Selain jadi tambah lezat, bermanfaat juga buat kesehatan.

Visited 1 times, 1 visit(s) today