Bukan di Jalan Raya, Ini Tempat Seru Main Inline Skate di Jakarta dan Sekitarnya

Inline skate sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat Indonesia dan kini mulai banyak digemari. Beberapa tempat di Jakarta dan kota besar lainnya bahkan juga sudah disiapkan khusus untuk bermain inline skate dengan aman dan nyaman.

Pada prinsipnya, inline skate mirip dengan sepatu roda yang sudah dikenal lebih dulu. Namun pada inline skate posisi rodanya mirip dengan ice skating yang biasa dipakai untuk permukaan es, yaitu sejajar seperti garis lurus dari depan sampai belakang.

Inline skate sekarang juga dikenal dengan rollerblade. Istilah ini sebetulnya mengacu pada nama produk inline skate yang pernah populer. Inline skate sendiri adalah bentuk inovasi dari sepatu roda dengan komposisi 2 roda di depan dan 2 roda di belakang. Dengan posisi roda membentuk garis lurus seperti ice skating, pengguna diharapkan bisa bergerak lebih lincah dan melaju lebih cepat.

Bermain inline skate memang menyenangkan, namun tidak bisa di sembarang tempat seperti di tengah jalan raya, misalnya. Karena selain berbahaya buat penggunanya sendiri, juga bisa sangat mengganggu dan berbahaya buat orang lain.

Untuk itu, beberapa lokasi di Jakarta dan sekitarnya berikut ini disiapkan untuk para pemain inline skate agar bisa bermain dengan aman:

Scientia Square Park

Berada di Tangerang, Scientia Square Park adalah taman bermain multifungsi. Banyak sarana yang disediakan di sini, termasuk buat kamu yang mau bermain inline skate yaitu di Gravity Zone. Untuk bermain di sini juga harus menggunakan perlengkapan keamanan secara lengkap, jadi kamu bisa bermain dengan nyaman.

Alamat: Jalan Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang

Jam operasional: Senin – Jumat 08.00 – 20.00, Sabtu – Minggu: 06.00 – 20.00

Bermain dengan aman di Gravity Zone (Foto: scientiapark.com)

Museum Moja

Museum yang satu ini berbeda dengan konsep museum pada umumnya. Berlokasi di pusat Jakarta, yaitu kawasan Gelora Bung Karno, tempat ini menyediakan arena bermain inline skate indoor yang menarik, terutama dengan nuansa seperti sebuah museum yang dilengkapi karya seni lukis dan instalasi seni lainnya di sekelilingnya.

Buat kamu yang masih pemula dan ingin belajar main inline skate, tempat ini adalah tempat yang cocok, karena sangat aman dan juga nyaman. Usai bermain inline skate, kamu juga bisa berfoto dengan karya-karya seni yang ada di sini.

Alamat: Gelora Bung Karno Main Stadium Zone 8, Jakarta Selatan

Jam operasional: Setiap hari pukul 11.00-13.30, 14.00-16.30, 17.00-19.30.

Bermain inline skate di Museum Moja (Foto: mldspot.com)

Tugu Skate Park

Sering juga dijadikan tempat bermain skateboard, Tugu Skate Park dirancang menarik untuk kamu yang ingin bermain inline skate dengan berbagai macam variasi gerakan. Tempat ini dilengkapi bermacam lintasan untuk menguji kemampuan kamu menguasai inline skate. Untuk itu, jangan lupa untuk mengenakan perlengkapan keamanan yang lengkap.

Tugu Skate Park juga dilengkapi dengan toko perlengkapan inline skate yang cukup lengkap dan hiasan mural di sekitar arena yang akan membuat kamu betah berlama-lama main di sini.

Alamat: Jln. Kemandoran No.42, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan

Jam operasional: Bebas

Sponsored Links

Tips Aman Main Inline Skate

Karena saat ini sedang tren, bukan berarti kamu bisa bebas bermain inline skate sesuka kamu. Supaya kamu bisa bermain dengan nyaman, berikut ini adalah tips yang harus kamu perhatikan:

Gunakan helm pengaman

Jangan menyepelekan penggunaan helm, karena alat ini sangat berguna kalau kamu mengalami kecelakaan, seperti terjatuh dengan posisi yang membahayakan kepala. Baik untuk pemula maupun profesional, menggunakan helm pengaman adalah hal wajib, karena kejadian buruk bisa terjadi kapan saja tanpa terduga.

Kamu bisa menggunakan helm sepeda yang ringan atau helm khusus untuk inline skate yang dirancang dengan perlindungan khusus di bagian belakang kepala. Ini berguna untuk mengamankan bagian belakang kepala kalau kamu jatuh ke arah belakang, seperti yang sering terjadi pada pengguna inline skate.

Gunakan knee dan elbow pads

Ini adalah peralatan yang mengamankan posisi siku dan lutut kalau kamu jatuh. Terutama untuk kamu yang baru belajar, terjatuh dengan posisi dengkul dan siku yang menghantam tanah adalah hal yang umum terjadi. Itu sebabnya kamu wajib mengenakan perlengkapan ini.

Pilihlah bahan yang kuat untuk menghindari goresan dan benturan dan pastikan ukurannya sesuai dengan tubuh agar tidak mengganggu kenyamanan saat bermain.

Pilih lokasi yang tepat

Bermain di tengah jalan umum terlebih yang ramai, tidak dibenarkan sama sekali apapun alasannya. Pilih jalur yang landai, tanpa hambatan dan bebas dari lubang atau jalanan rusak. Ini akan mempermudah kamu khususnya yang baru belajar untuk menyeimbangkan diri dan mengendalikan inline skate.

Pastikan untuk tidak mengganggu pengguna jalan lain kalau bermain di jalanan (Foto: Pexels)

Kalaupun kamu harus bermain di jalanan atau trotoar, jangan mengganggu lalu lintas, hormati pengguna jalan yang lain dan perhatikan rambu jalanan. Hindari jalanan basah, meluncur di malam hari atau hujan karena akan memperbesar risiko kamu terjatuh.

Bermain inline skate sebetulnya juga bisa kamu lakukan untuk mendukung aktivitas sehari-hari, seperti belanja ke mini market, ke kantor, hingga berolahraga. Tapi dimanapun kamu meluncur dengan inline skate, sebaiknya tetap memperhatikan peraturan dan menghormati orang lain.

Visited 5 times, 1 visit(s) today