Coba Tips ini, Supaya Suka Makan Buah Setiap Hari

Kamu pasti sudah tahu betapa pentingnya makan buah dan sayuran setiap hari untuk kesehatan. Sayangnya, masih banyak orang yang kurang suka makan buah atau menganggap buah sebagai makanan yang kurang penting. Apa tipsnya supaya suka makan buah setiap hari?

Meskipun Indonesia memiliki banyak jenis buah-buahan, namun tingkat konsumsi buah masyarakat Indonesia masih sangat rendah.

Dilansir dari akun YouTube Perekonomian RI, Presiden Joko Widodo menyebut rata-rata masyarakat Indonesia hanya mengonsumsi 88,5 gram buah per orang per hari di tahun 2020. Angka ini masih jauh dibawah rekomendasi WHO, yaitu sebesar 150 gram per orang per hari.

Lalu apa sih yang menyebabkan orang tidak suka makan buah?

Beberapa orang tidak suka makan buah karena memang tidak dibiasakan untuk mengkonsumsi buah setiap hari atau buah tidak selalu tersedia di atas meja makan. Jadi, buah tidak dianggap sebagai asupan yang penting untuk kesehatan.

Tingkat konsumsi buah di Indonesia masih sangat kurang dari yang dianjurkan WHO (Foto: Pexels)

Alasan lain orang tidak suka makan buah karena memerlukan effort lebih untuk mencuci, mengupas dan memotong buah, yang dianggap tidak praktis, merepotkan dan memakan waktu.

Beberapa lagi beralasan tidak suka dengan teksturnya atau khawatir dengan pestisida yang menempel pada kulit buah-buahan.

Sponsored Links

Waspada, Ini Dampaknya Jika Jarang Makan Buah

Makan buah dan sayuran setiap hari sangat penting untuk memelihara kesehatan kita. Buah kaya akan serat, vitamin, mineral, dan senyawa alami yang bisa membantu pertumbuhan, memelihara kesehatan, dan membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

Makan buah secara teratur juga menjaga berat badan ideal, menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah.

Berikut ini dampaknya jika kamu tidak suka makan buah setiap hari.

1.     Kekurangan vitamin dan mineral

Meski banyak makanan lain yang mengandung vitamin dan mineral, buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang padat dan lengkap. Kurang makan buah akan menimbulkan risiko kekurangan nutrisi.

2.     Masalah pencernaan

Buah kaya akan serat yang bisa mencegah sembelit atau susah buang air besar (BAB). Bila dibiarkan, sembelit bisa mengakibatkan luka di sekitar anus dan wasir (kondisi pendarahan di bagian rektum atau ujung usus besar). Padahal, beberapa buah seperti pisang, apel dan pepaya juga mengandung serat yang bisa memperlancar BAB.

Pisang bisa membantu masalah pencernaan (Foto: Xframe)

3.     Risiko kanker dan sakit jantung meningkat

Kandungan antioksidan, vitamin E, vitamin C, dan senyawa alami beta karoten pada beberapa buah seperti melon dan aprikot dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel-sel yang dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah. Makan buah-buahan ini setiap hari juga bisa menurunkan tekanan darah yang pada akhirnya juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Itu sebabnya kekurangan buah-buahan dengan kandungan ini bisa memicu risiko kanker dan sakit jantung.

4.     Menambah berat badan

Dibanding makanan lainnya, buah sangat rendah kalori dan padat energi. Jika tidak makan buah, kamu mungkin akan lebih banyak makan makanan berlemak yang membuat rasa kenyang tapi berat badan semakin bertambah.

Sedangkan buah-buahan seperti pisang dan mangga mengandung serat yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama sekaligus bisa mengendalikan kalori harian yang berlebihan.

Biar Suka Makan Buah Setiap Hari, Ini Tipsnya

Lalu, bagaimana caranya agar kita terbiasa untuk makan buah setiap hari? Langkah-langkah berikut ini bisa dijadikan acuan:

–          Siapkan buah-buahan yang beragam. Kamu bisa membeli dalam jumlah kecil namun dengan variasi buah yang banyak. Dengan begitu, kamu akan tertarik untuk mencoba satu per satu.

–          Letakkan buah di meja makan agar terlihat dan mudah dijangkau.

–          Beli buah yang membutuhkan persiapan minimal misalnya pisang, apel, anggur, atau pir. Dengan begitu kamu bisa menghemat waktu untuk makan buah.

Ada banyak cara untuk bisa menikmati buah dengan cara yang menyenangkan (Foto: Pexels)

–          Masukkan buah ke dalam makanan favoritmu misalnya menambahkan irisan pisang sebagai tambahan yogurt, atau stroberi ke dalam mangkuk sereal.

–          Bawa buah di dalam tas. Jadi ketika ingin ngemil, kamu bisa mudah mengambilnya.

–          Makan buah dengan cara menyenangkan, misalnya mengajak teman untuk makan rujak bersama setelah makan siang.

Selain rasanya yang menyegarkan, buah juga banyak sekali ragamnya dan cukup banyak buah-buahan yang dijual dengan harga terjangkau. Jadi, sebetulnya mengkonsumsi buah bukan hal yang sulit untuk dilakukan.

Visited 2 times, 1 visit(s) today